Apa yang membuat Elon Musk menjadi luar biasa?

Elon Musk merupakan tokoh bisnis, penemu, dan industrialis di Amerika Serikat. Salah satu kesuksesanya adalah berdirinya perusahaan SpaceX.
Menurut kalian apa saja yang membuat Elon Musk ini menjadi orang yang luar biasa?

1 Like

A post was merged into an existing topic: Biografi Ellon Musk : CEO SpaceX

A post was merged into an existing topic: Biografi Ellon Musk : CEO SpaceX

A post was merged into an existing topic: Biografi Ellon Musk : CEO SpaceX

Elon Musk merupakan seorang yang memiliki pemikiran yang jenius, dia lahir dari pasangan yang berasal dari Kanada dan Afrika. Elon lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan.

Pada usia 10 tahun, Elon sudah mulai tertarik pada pemrograman, dan pada usia 12 tahun dia membuat program yang dia sebut Blastar sebuah majalah komputer dan terjual seharga $500.

Pada Usia 17 tahun, dia pindah ke Kanada untuk menempuh pendidikan di Queen’s University. Kemudian Elon Musk meneruskan jenjang pendidikannya di Stanford University di California untuk mencari gelar Ph. D. dalam fisika energi.

Elon memulai kegiatan organisasinya pertamanya pada Zip2 Corporation. Kemudian dia mulai mengembangkan berbagai ide-ide gila yang ada pada dirinya, sehingga membawanya kepada kesuksesan.

Berikut perjalanan karir Elon Musk :

  1. Pada tahun 1995 - Musk menjadi CO-Found dari Zip2 Corp, yang merupakan perusahaan pengembang online city.
  2. Pada tahun 1999 - Musk menjual Zip2 ke Compaq seharga $307 dan menjadi CO-Founds dari Xcom
  3. Pada Maret tahun 2000 - Xcom bergabung dengan Confinity dan bergani nama menjadi PayPal.
  4. Pada Juni 2002 - Musk menemukan SpaceX.
  5. Pada Oktober 2002 - Ebay mengakuisisi PayPal seharga $1.5 miliar.
  6. Pada Februari 2004 - Elon memimpin putaran awal investasi Tesla Motors.
  7. Pada Oktober 2008 - Elon menjabat sebagai ketua dewan, dan menjadi CEO dan arsitek produk Tesla Motors.
  8. Pada 8 Desember 2010 - SpaceX menjadi perusahaan swasta pertama yang mengembalikan pesawat ruang angkasa.
  9. Pada 25 Mi 2012 - Pesawat luar angkasa Dragon SpaceX yang tak berawak membuat sejarah sebagai kapsul pribadi.
  10. Pada Mei 2012 - Mengantarkan 1.000 pon kargo untuk misi komersial pertama yang diakhiri degan kapsul Dragon SpaceX.
  11. Pada November 2013 - Pengusaha Fortune yang bernama the year.
  12. Pada 11 Desember 2015 - Menjadi sponsor dengan perusahan lainya.
  13. Pada 8 April 2016 - Peringkat 80 dalam daftar Forbes dengan kekayaan bersih $13,9
  14. 30 Maret 2017 - SpaceX berhasil meluncurkan roket bekas.
  15. Pada 1 Juni 2017 - Menghentikan dua dewan penasihat bisnis Presiden Donald Trump.
  16. Pada 7 Juni 2017 - Tesla menddarat di daftar Fortune 500.
  17. Pada 6 Februari 2018 - Meluncurkan Falcon Heavy, roket paling kuat di dunia.

Untuk mencapai semua itu Elon Musk memiliki kebiasaan baik yang menjadikannya sukses hingga saat ini yaitu

1. Elon Musk Tak Kenal Kata Tak Bisa
Banyak yang beranggapan bahwa dia adalah orang gila dengan semua ide-ide yang tidak masuk akal untuknya, Seperti membuat perusahaan otomotif, internet bank, dan membangun roket. Semua mengganggap hal tersebut mustakhil untuk diwujudkan oleh Elon Musk, tapi dia tidak menghiraukan dan terus yakin pada impian dan idenya tersebut. Akhirnya hal itulah yang membawa Elon Musk sukses.

2. Elon Musk Gemar Membaca
Elon Musk menghabiskan banyak waktu masa kecilnya untuk membaca buku. Dimana dengan membacara buku dia mendapatkan ide-ide yang jenius sehingga berhasil mendirikan perusahaan SpaceX dengan membaca buku seperti Aerothermodynamics of Gas Turbine and Rocket Propulsion.

3. Elon Musk Memiliki Jam Kerja yang Super Padat
Elon Musk memiliki jam kerja yang sangat padat, sehingga dia tidak bisa meluangkan waktu untuk pergi berkencan, bahkan ketika bekerja Elon Musk lupa untuk mandi bahkan bisa jadi dalam satu minggu hanya satu kali mandi. Bahkan sampai sekarang dia masih disibukan dengan rapat dari perusahaan-perusahaan.

4. Elon Musk Menjadi Pribadi yang Menonjol
Dalam berbagai kegitannya Elon Musk berhasil mendapatkan perhatian seperti yang ia dan perusahaannya inginkan. Misal seperti memulai perusahaan internet, dia membuat case besar dan dramatis untuk PC, sehingga terlihat menarik.

5. Memiliki Patokan Waktu yang Sulit untuk Diterapkan
Contohnya seperti Elon Musk yang mendirikan perusahaan PayPal dari shell hingga dapat beroperasi hanya membuthkan waktu 4 bulan pada tahun 1999. Hal ini juga ia terapkan pada perusahaan Tesla dan SpaceX, namun seluruh pekerjaanya dapat terselesaikan dengan baik.

6. Elon Musk Pandai dalam Berimprovisasi
Contohnya kala SpaceX terpaksa menunda peluncuran roketnya di AS, dia pergi mencari tempat yang tepat untuk meluncurkan roketnya tersebut yaitu di Pasifik. Dan ketika Elon Musk harus menguji prototype mobilnya yang tahan akan dingin, dia menyewa truk eskrim dengan kulkas yang besar.

Ini, merupakan sedikit cerita dari kecerdasan Elon Musk yang dapat memanfaatkan waktu dan daya semaksimal mungkin. Bagi Elon Musk, pada awal perintisan usahanya merupakan suatu hal yang mebutuhkan banyak pengorbanan, namun hal yang di keluarkan, hal yang diusahakan dengan sungguh-sungguh pastilah akan berbuah yang manis. Kegagalan merupakan pembelajaran yang berkesan, dengan ini akan sulit untuk melupakan pembelajaran tersebut.

Referensi

A post was merged into an existing topic: Biografi Ellon Musk : CEO SpaceX

a

Masa Muda Elon Musk
Elon Musk merupakan anak dari seorang ibu berdarah Kanada dan ayah berdarah Afrika Selatan, Elon Reeve Musk dilahirkan pada tanggal 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Dia menjalani masa kecilnya dengan saudara kandungnya Kimbal dan saudara perempuannya Tosca di Afrika Selatan, dan pada usia 10 tahun, Elon yang mandiri membangun minat pada PC. Selama masa ini, dia berpisah dari keluarganya. Dia belajar sendiri bagaimana memprogramnya, dan saat berusia 12 tahun dia membuat kesepakatan pemrograman pertamanya – tentang pengalihan yang dia lakukan, yang disebut Blastar.

Pendidikan Elon Musk
Pada usia 17 tahun, tepatnya pada tahun 1989, dia pindah ke Kanada untuk pergi ke Queen’s University dan mempertahankan jarak strategis dari layanan wajib di militer Afrika Selatan, namun dia keluar pada tahun 1992 untuk memikirkan bisnis dan fisika di University of Pennsylvania. Ia lulus dengan gelar sarjana ekonomi dan juga menyelesaikan gelar sarjana kedua di bidang Fisika dari universitas yang sama.
Setelah meninggalkan Penn, Elon Musk pindah ke Stanford University di California untuk mencari gelar Ph.D. dalam fisika energi. Namun, gilirannya dikoordinasikan secara baik dengan evolusi Internet, dan dia keluar dari Stanford setelah hanya dua hari untuk berakhir dengan jelas sebagai bagian dari itu, memulai organisasi pertamanya, Zip2 Corporation. Kisah hidup Elon Musk unik dan menawan. Ini adalah inspirasi bagi wiraswasta muda.

Kekayaan Elon Musk
kekayaan sebesar USD 12,7 miliar atau sekitar Rp 170 triliun. Di SpaceX, Ia meluncurkan satelit yang memiliki nilai kontrak bersama NASA sebesar USD 1,6 miliar. Yang berencana akan mengirim astronot ke Stasiun Luar Angksa Internasional pada awal pertengahan 2017 lalu.

Berikut merupakan perilaku Elon Musk yang patut kita contoh sebagai pemuda
1. Elon Musk sudah mampu membuat software game di usia 12 tahun.
Meskipun orang tuanya berpisah ketika dia masih kecil, Elon Musk tetap bangkit dan menunjukkan kesuksesannya. Dengan ketertarikannya belajar tentang komputer, Elon dapat mengembangkan sesuatu dari hal tersebut. Dia berhasil membuat software game pertamanya, Blastar dan sukses menjualnya.

2. Elon tak gampang puas diri, dia belajar ilmu bisnis dan fisika.
Setelah berhasil menjual software pertamanya, Elon pergi ke Kanada pada usia 17 tahun untuk bersekolah di Queen’s University dan University of Pensylvania. Dia mengambil jurusan ilmu bisnis saat di Kanada dan ilmu fisika di Universitas Pensylvania.

3. Perusahaan pertama Elon Musk adalah Zip2 Corporation.
Elon juga melanjutkan sekolah S3 di jurusan ilmu fisika energi di Stanford University, California. Di saat itu juga, dia meluncurkan perusahaan pertamanya yaitu Zip2 Corporation. Kemudian perusahaan tersebut dibeli oleh perusahaan komputer Compaq seharga 307 juta dolar AS secara tunai.

4. Elon Musk mampu menjadi jutawan di akhir usia 20 tahun.
Dengan semua hasil yang telah dicapainya dari penjualan software yang dia buat, Elon Musk sudah menjadi jutawan di akhir usia 20 tahun. Dia berhasil membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaannya pada dunia komputer membawanya ke gerbang kesuksesan.

5. Elon Musk tak henti-hentinya berinovasi, terbukti dia juga jadi penemu Xcom.
Selain menjadi penemu Zip2 Corporation, Elon Musk juga menjadi penemu dari Xcom. Perusahaan yang bergerak di bidang pembayaran online yang sekarang kita kenal dengan Paypal. Kemudian Paypal diakuisisi oleh eBay sebesar 1,5 miliar dolar AS dan Musk masih memiliki 11 persen dari Paypal.

6. Tak hanya itu saja, di usianya yang tergolong muda, Elon Musk sudah jadi pendiri SpaceX.
Tidak puas dengan meluncurkan dua perusahaan yang telah sukses, Elon Musk mendirikan perusahaan ke-3 nya yaitu SpaceX. Perusahaan yang bergerak di bidang penjelajahan teknologi ini berhasil membuat kendaraan angkasa yang berhasil mendapatkan penghargaan dan kontrak dari NASA.

7. Selain itu, Elon Musk juga bisa menciptakan transportasi baru “Hyperloop”.
Setelah berhasil dengan roket-roket yang telah diluncurkan, Elon Musk juga bereksplorasi untuk membuat transportasi baru. Sebuah kendaraan yang akan menghubungkan antar kota-kota besar yang mempunyai kecepatan 700 mph. Menurut Elon Musk, kendaraan ini lebih aman dari kereta atau pesawat dan pembuatannya memakan waktu sekitar 10 tahun.

Referensi

Elon Musk adalah seorang pengusaha asal afrika selatan, beliau lahir pada tahun 1971. Dia mendirikan X.com pada tahun 1999, SpaceX pada 2002, dan Tesla Motor pada 2003. Yang membuat Elon Musk terlihat luar biasa adalah dari penemuan-penemuan nya yang inovatif, dia selalu berpikir outside the box atau berpikir d luar batas seperti manusia kebanyakan, akan tetapi disini outside the box yang dilakukan oleh Elon Musk cenderung gila, bahkan patner kerjanya sampai mengatakan hal itu bakal mustahil untuk diwujudkan akan tetapi dengan segenap kepintaranya hal yang mustahil tadi dibuat menjadi “bisa” seperti yang baru-baru ini peluncuran rocket yang dimana sukses untuk mempulangkan material yang tidak dipakai lagi untuk menerbangkan rocketny ke luar angkasa.

Sedari dulu ketika menerbangkan rocket, partikel yang sudah tidak digunakan bakalan jatuh entah kemana. Elon Musk mempunyai ide yang gila ini, seketika setelah percobaan nya ini berhasil nama Elon Musk tren di khayalak ramai(lagi).

Selain faktor berpikirnya yang luar biasa ini, dia juga mampu meyakinkan orang lain untuk mewujudkan ide gilanya ini. Mungkin pada saat itu kebanyakan orang akan berpikir dia “gila” karena mempunyai ide yang bisa dikatakan “mustahil” tersebut. Selain pada proyek tersebut yang terlihat jelas dia pandai dalam meyakinkan orang lain adalah pada proyek satelit falcon 1, dimana pada saat itu mengalami kegagalan dan tentunya sudah menghabiskan uang yang sangat banyak.

Elon Musk dengan tegapnya menyatakan bahwa proyek gagal tersebut sudah tertutup oleh investasi yang ada sehingga para karyawan nya lega akan hal itu dan berusaha untuk membuat satelit Falcon 2 yang akhirnya bisa mengorbit keluar angkasa menembus orbit bumi. Elon Musk tidak gampang menyerah ketika mengalami kegagalan, itulah yang membuat nya menjadi orang yang luar biasa.