Apa yang mempengaruhi permintaan model kit ?

a

Apa yang mempengaruhi permintaan model kit ?

saya akan menjawab pertanyaan dari mas prasetyo

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan
Dari penjelasan sebelumnya, kita akan “menganggap” permintaan adalah sebuah kurva. Oleh karena itu dalam ilmu ekonomi, ketika kita membahas faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan (determinants of demand), maka kita hanya akan membahas faktor-faktor yang membuat kurva bergeser. Perhatikan bahwa perubahan harga (dengan asumsi faktor yang lain tetap) tidak dapat membuat kurva bergeser. Perubahan harga hanya akan menunjukkan titik (jumlah barang yang diminta) yang berbeda pada daftar permintaan atau kurva permintaan.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.

Penghasilan dan Kekayaan
Sebelum kita melanjutkan, sebaiknya kita mendefinisikan dulu apa itu penghasilan (en: income) dan kekayaan (en: wealth). Penghasilan rumah tangga adalah jumlah semua upah, gaji, laba, pembayaran bunga, sewa, dan bentuk penghasilan lain yang diterima oleh rumah tangga dalam periode waktu tertentu. Kekayaan adalah total nilai yang dimiliki oleh rumah tangga dikurangi dengan utang. Kata lain dari kekayaan adalah kekayaan bersih (en: net worth), yaitu jumlah nilai sisa ketika rumah tangga menjual semua miliknya dan membayar semua utangnya.
Berdasarkan sifat perubahan permintaan yang berlaku apabila penghasilan berubah, berbagai barang dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu:

  • Barang normal: barang yang mengalami kenaikan dalam permintaan sebagai akibat kenaikan penghasilan (faktor lain dianggap tetap).

  • Barang inferior: barang yang mengalami penurunan dalam permintaan sebagai akibat kenaikan penghasilan (faktor lain dianggap tetap).

Harga dan Ketersediaan Barang atau Jasa yang Berhubungan
Harga dan ketersediaan barang-barang yang berhubungan dapat mempengaruhi permintaan suatu komoditas. Suatu barang atau jasa dapat terkait melalui dua cara, yaitu:

  • Barang pengganti atau barang substitusi: barang yang dapat menggantikan fungsi barang lain. Apabila harga suatu barang naik, maka permintaan dari barang penggantinya akan meningkat. Misalnya keripik dan biskuit, barang ini memiliki fungsi yang sama sebagai makanan ringan. Ketika harga keripik naik, maka pengguna akan beralih ke biskuit.

  • Barang pelengkap atau barang komplementer: barang yang digunakan bersama-sama dan merupakan pelengkap satu dengan yang lainnya. Apabila harga suatu barang naik, maka permintaan barang pelengkapnya akan turun. Misalnya mobil dan bensin, barang ini harus digunakan bersama-sama agar bisa berguna. Ketika harga bensin naik, maka permintaan akan mobil akan turun.

Jumlah Pembeli
Jumlah pembeli terkait dengan ukuran pasar (en: market size). Permintaan suatu barang atau jasa pada pasar merupakan jumlah dari seluruh permintaan individu, sehingga apabila lebih banyak individu (dengan penghasilan untuk dibelanjakan) pada pasar tersebut, maka permintaan suatu barang atau jasa tersebut akan meningkat.

Selera pembeli
Perubahan selera atau preferensi adalah perubahan pada apa yang secara pribadi kita sukai, nikmati, atau kita anggap berharga (bernilai). Hal ini dapat mempengaruhi permintaan akan suatu barang atau jasa. Perubahan tren dalam masyarakat sebenarnya diluar bidang studi ilmu ekonomi, namun pakar ekonomi dapat melihat pengaruh perubahan tersebut pada permintaan.

Semoga pertanyaanya bisa terjawab