Apa yang membuatmu takut?

042873300_1594901971-Kenali-Venustraphobia-Sebuah-Ketakutan-Terhadap-Para-Wanita-Cantik-shutterstock_433894489

Setiap manusia memiliki berbagai macam emosi yang dirasakannya, salah satunya adalah rasa takut. Rasa takut adalah perasaan yang tidak menyenangkan yang dipicu oleh persepsi bahaya, nyata, atau dibayangkan. Tidak enak pastinya ketika kita sedang merasakan perasaan tersebut. Saya sendiri mempunyai rasa takut terhadap laut, jadi saya tidak suka dengan hal-hal yang berbau laut. Seperti pantai dan kapal laut. Saya pun tidak tahu kapan dimulainya rasa takut itu terhadap laut tapi jika saya berhadapan dengan laut tiba-tiba saya sudah keringat dingin.

Nah, kalo temen-temen bagaimana ? Apakah ada yang membuat rasa takut itu muncul ? Mengapa ?

Semua orang memang tidak menyukai kegagalan. Ketidaksukaan tersebut bisa berubah menjadi ketakutan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang.

Rasa takut adalah perasaan yang manusiawi dan wajar terjadi pada siapa saja. Namun, emosi tersebut membuat berusaha menghindari situasi yang berbahaya, sehingga orang cenderung tidak berusaha semampunya dan ragu terhadap diri sendiri.

Yang membuat saya takut adalah kehilangan orang - orang tercinta saya. Sebab pada hakikatnya bila kita kehilangan orang yang paling kita kasihi sekali pun. Ada rasa kehilangan sekaligus sedih yang tidak dapat dihilangkan dengan segala kenangan yang ada.

Yang sering saya takutkan adalah apabila tidak mampu memenuhi ekspetasi orang-orang terdekat (read: keluarga) terhadap saya. Terdengar agak klise memang. Namun, segala pencapaian saya saat ini banyak dipengaruhi oleh harapan dari keluarga sehingga mereka juga menjadi salah satu tolak ukur dalam pengambilan keputusan saya. Jadi saya takut saja apabila suatu saat nanti saya ternyata tidak mampu memenuhi harapan mereka lagi. Hal tersebut yang selalu membayangi saya.

Mungkin yang saya rasakan ini lebih ke rasa khawatir yang berujung ketakutan. Saya takut saya tidak bisa membahagiakan orang tua saya. Takut membuat mereka kecewa dengan pilihan-pilihan yang saya ambil. Saja juga takut ada perkataan dan perbuatan saya yang membuat orang tua saya sedih dan membuat hati mereka sakit.