Apa yang membuat suatu bahasa pemrograman banyak diminati daripada bahasa pemrograman lain?

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer.

Apa yang membuat suatu bahasa pemrograman banyak diminati daripada bahasa pemrograman lain?

Semakin hari, kita bisa memperhatikan semakin banyaknya bahasa-bahasa pemrograman yang dapat dipergunakan dalam pembuatan ataupun pengembangan software. Hal ini tentu membuat kita dilema akan banyaknya pilihan bahasa pemrograman yang mau kita gunakan. Bahasa pemrograman yang banyak diminati pasti memiliki kriteria khusus sesuai kebutuhan para penggunanya. Kriteria-kriteria yang umumnya bisa membuat bahasa pemrograman tersebut diminati antara lain :

  1. Readability
    Readability disini berarti sebuah bahasa pemrograman bisa dan mudah untuk dibaca serta dipelajari oleh user, baik itu programmer maupun user biasa setidaknya bisa mengerti algoritmanya. Jika ada bahasa pemrograman yang kurang user-friendly. Readability adalah salah satu kriteria yang terpenting karena tingkat readability dari sebuah bahasa pemrograman akan mempengaruhi kecepatan proses development, maintenance, penambahan fitur dan tentunya mempermudah saat debugging.

  2. Writability
    Writability artinya bahasa pemrograman dapat ditulis secara jelas, ringkas, cepat dan benar. Kalau perlu, pastikan bahasa pemrograman tersebut mendukung pemrograman berbasis object (OOP) yang mana akan sangat membantu proses development program dalam skala yang besar dan sangat kompleks.

  3. Reliability
    Berbicara masalah reliability, tentunya kita akan membahas “keunggulan” dari bahasa pemrograman. Jika berbicara masalah keunggulan, pastikan kita akan bertanya-tanya dan mencari review terlebih dahulu masalah fitur-fitur apa saja yang patut kita jadikan referensi sebelum memilih bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang baik pastinya mempunyai fitur-fitur yang spesial, lain dari yang lain dalam membantu proses development.

  4. Cost
    Biaya. Permasalahan biaya merupakan salah satu faktor yang terpenting juga dalam mengambil keputusan bahasa apa yang akan dipakai dalam pembuatan software. Pikirkan matang-matang berapa biaya awal dan biaya berjalan yang akan kita tanggung jika menggunakan suatu bahasa. Apakah bahasa tersebut bersifat open source atau berlisensi ? Apakah butuh membeli/menyewa server khusus untuk menjalankan program yang dibuat dengan bahasa tersebut? Apakah sampai perlu melakukan training programmer? dan lain sebagainya.


Diminatinya suatu bahasa pemrograman ditinjau dari beberapa hal, contohnya bahasa pemrograman tersebut termasuk kedalam pemrograman OOP (Pemrograman Orientasi Objek). Bahasa pemrograman yang dipakai adalah Java, karena bahasa tersebut memiliki kelebihan misalnya seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda sehingga programmer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini. selain itu Java juga memiliki library yang lengkap.

image


Keminatan dalam penggunaan bahasa pemrograman juga ditinjau dari kemudahannya dalam penggunaan untuk pemula. Contohnya yaitu bahasa pemrograman C, banyak pemula yang menggunakan bahasa pemrograman tersebut sebagai awal dari pembelajaran bahasa pemrograman.

image


Selain itu untuk kebutuhan membuat website dinamis, kebanyakan para pembuat website terkenal seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg menggunakan PHP karena bahasa pemrograman tersebut merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu, bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan di Indonesia.

image


Untuk kebutuhan pengembangan aplikasi, Pyhton paling banyak diminati karena selain bisa sebagai pengembang sebuah aplikasi yang besar, untuk pembelajar sebagai pemula juga cukup mudah, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar yang menggunakannya antara lain instagram, pinterest dan Rdio. Phyton juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahasa tentang phyton yang telah memiliki lebih dari 6000 anggota.


Untuk pengembangan web, banyak menggunakan bahasa pemrograman contohnya JavaScript yang dikembangan oleh NetScape. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik.

SUMBER :


Dari tahun ketahun perkembangan bahasa pemrograman semakin cepat. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan masing masing. Bagi para programer pemula biasanya mereka memilih mempelajadi bahasa pemrograman yang populer, agar dapat bertahan sampai beberapa tahun kedepan. Dibawah ini hasil survei kepopuleran bahasa pemrograman dari situs Tiobe mulai tahun 2003- 2016.


Disetiap tahunnya pasti terjadi naik turunnya kepopuleran bahasa pemrograman. Pemeringkatan kepopuleran bahasa pemrograman menurut Tiobe ini dilihat berdasarkan pada jumlah insinyur terampil di seluruh dunia, kursus dan vendor. Mesin pencari populer seperti Google, Bing, Yahoo, Wikipedia, Amazon, YouTube dan Baidu digunakan untuk menghitung peringkat. Bukan tentang kode yang dituliskan pada bahasa pemrograman.

Jika memang kepopuleran bahasa pemrograman tidak dilihat dari kode yang ditulis, maka apa alasan banyak orang menggunakan, mencari, ingin belajar tentang bahasa pemrograman yang populer ini ?
Ada beberapa aspek yang dinilai menjadi kelebihan suatu bahasa pemrograman sehingga menjadi banyak diminati dan digunakan oleh banyak orang sehingga menjadi populer di setiap tahunnya.

1. Trend teknologi yang berkembang pada setiap tahun (kebutuhan pasar)
Tren teknologi menjadi hal yang utama menjadikan suatu bahasa pemrograman menjadi populer. Orang orang akan mempelajari bahasa pemrograman yang banyak dibutuhkan / menjadi tren pada setiap tahunnya.
Misalnya mulai tahun 2014 bisa liat dalam survei bahasa kepopuleran pemrograman Java stabil, bukan tanpa alasan mengapa java ini bisa sangat populer, karena bahasa java ini termasuk kedalam bahasa OPP ( Pemograman Orientasi Objek ) Serta memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Bukan hanya itu pada tahun 2015 Destop yang dulunya merajai pasar akan tersingkirkan dengan hadirnya trend Mobile.


2. Banyak digunakan perusahaan besar
Seorang programmer akan mempelajari sebuah bahasa pemrograman yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan besar. Contohnya JavaScript, dengan menggunakan JavaScript, bisa membuat tampilan aplikasi jadi lebih menarik dan mempunyai banyak fitur. Hampir seluruh antar muka aplikasi yang ada di dunia ini menggunakan bahasa JavaScript. SepertiFacebook, Twitter, Scripthzoprenic, Google, dan lain lain


3. Efisiensi waktu dan biaya
Setiap pasti akan memilih bahasa pemrograman yang efisien dalam waktu dan biaya. Biaya merupakan element penting dalam memilih bahasa pemrograman. Ada bebrapa biaya yang dapat diukur yaitu :

a. Biaya eksekusi program
Program yang sering di eksekusi akan membutuhkan suatu kode executable yang efisien sehingga cepat untuk di deksekusi. Semakin cepat program untuk dieksekusi maka akan semakin murah biaya untuk eksekusi program.

b. Biaya translasi atau kompilasi program
Untuk pembelajaran, kecepatan translasi lebih diutamakan dari pada kecepatan eksekusi karena pada pembelajaran lebih sering dilakukan transalasi atau kompilsai dari pada eksekusi program. Oleh karna itu lebih dibutuhkan compiler yang efisien dibandingkan kode executable yang efisien.

c. Biaya penciptaan, testing,dan penggunaan program.
semakin baik dan lengkap dilingkungan pemrograman pada bahasa pemrograman maka ketiga biaya ini akan menjadi rendah. Hal ini di sebablkan tidak banyak waktu dan tenaga serta fikiran yang dicurahkan kepada pembuatan program .

d. Biaya pemeliharaan program
Pemeliharaan program termasuk perbaikan eror yang muncul ketika program sudah digunakan, perubahan yang dibutuhkan pada program ketika hardware atau sistem operasi berubah, dan penyesuaian kebutuhan yang baru. Pemeliharaan merupakan salah satu biaya terbesar dari life cycle cost dan merupakan suatu hal yang membosankan bagi programmer

Contoh bahasa pemrograman yang populer saat ini yaitu GO, GO banyak diminati karena cepat. Go dirancang untuk menghasilkan aplikasi yang memiliki performansi tinggi dan memanfaatkan resource yang ada dengan seefektif dan seefisien mungkin. Berbeda seperti PHP, Phyton atau Ruby yang bersifat interpreter, Go adalah sebuah compiler. Hasil akhir dari Go adalah sebuah file binary yang bisa dieksekusi langsung oleh komputer tanpa memerlukan ketergantungan terhadap aplikasi yang lain. Tentu saja hal ini harus dibayar dengan file size hasil Go yang sedikit lebih besar.

Untuk sebuah program Hello World standard, yang dieksekusi pada Mac Book Pro Mid 2013 2.9Ghz 16GB Memory, Go menunjukkan 150x lebih cepat daripada PHP dan 45x lebih cepat daripada Java dan .Net. Go tidak hanya cepat dalam kecepatan eksekusi tapi juga untuk proses kompilasi, dan apabila kita sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang acap mengalami perubahan hal ini cukup crucial.


4. Serta dukungan komunitas yang luas
Dukungan komunitas juga sangat berperan penting untuk kepopuleran suatu bahasa pemrograman. Salah satu hal yang mampu membuat bahasa pemograman dapat terus bertahan dan digunakan oleh banyak orang adalah keberadaan komunitas

Contohnya JavaScript, walau dibentuk pada tahun 1995, JavaScript bisa dibilang sebagai bahasa pemrograman yang masih muda. Sehingga tidak heran apabila pengembangan dan komunitas pengguna JavaScript sangat aktif.

Menurut survei Stack Overflow, JavaScript juga menjadi favorit developer web. Selain itu, kumpulan developer-developer yang mengembangkan platform mereka, seperti Meteor atau React Js, juga sangat aktif dan ada di mana-mana. Begitu juga dengan kursus-kursus online gratis seperti Codecademy yang juga aktif memberikan panduan untuk belajar JavaScript.

Contoh lagi adalah Phyton dan PHP, Baik Python maupun PHP memiliki komunitas atau forum yang begitu banyak sehingga saya dapat mengakses banyak informasi dan berdiskusi dengan teman-teman sesama programmer Python dan PHP. Untuk mengakses komunitas atau forum Python, bisa masuk ke laman https://www.python.org/community/ dan untuk PHP, Anda bisa masuk ke laman http://phpcommunity.org/.


Rating suatu bahasa pemrograman bukanlah bertujuan untuk menentukan mana bahasa pemrograman yang terbaik ataupun menyimpulkan bahwa bahasa pemrograman dengan rating yang lebih rendah berarti lebih buruk ketimbang bahasa pemrograman dengan rating yang lebih tinggi. Namun lebih ke arah seberapa populer bahasa pemrograman tersebut dapat diterima oleh komunitas/dunia industri software.
Secara fungsional tidak ada bahasa pemprograman yang menonjol diantara yang lain karena setaip bahasa pemprograman mempunyai keunikan tersendiri dan tidak ada satu bahasa pemprograman yang dapat mengatasi segala macam permasalahan di dunia programming. Suatu bahasa pemprograman akan semakin kuat penggunaannya bergantung pada situasi dan kondisi.

https://www.tiobe.com/tiobe-index/ (diakses pada 2 Oktober 2017)
http://ariefdarmawan.com/1122/mari-menjadi-seorang-gopher-membangun-solusi-dengan-bahasa-pemrograman-go (diakses pada 2 Oktober 2017)
https://secondvision.id/alasan-mengapa-javascript-menjadi-bahasa-pemrograman-terpopuler-versi-github-stackoverflow (diakses pada 2 Oktober 2017)
http://www.ayoksinau.com/delapan-8-kriteria-bahasa-pemrograman-yang-harus-diketahui-programmer/ (diakses pada 2 Oktober 2017)

Seorang Programmer yang akan memilih bahasa pemrogramannya jika merasa
bahwa bahasa pemrograman tersebut bagus dan mudah digunakan. Oleh karena itu suatu bahasa pemrograman memiliki banyak peminat. Ada beberapa
kriteria untuk penilaian suatu bahasa pemrograman, yaitu :

  1. Clarity, simplicity, dan unity

Bahasa pemrograman harus dapat menolong programmer untuk membuat
suatu desain program jauh sebelum programmer melakukan coding.
Kemudahan, kesederhanaan, dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang
membantu programmer mengembangkan algoritma sehingga algoritma yang
dihasilkan mempunyai kompleksitas yang rendah.

  1. Orthogonality

Orthogonality menunjuk kepada sautu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan
dapat digunakan. Contohnya, suatu bahasa pemrograman mendukung suatu
ekspresi yang dapat menghasilkan suatu nilai, dan bahasa pemrograman
tersebut juga mendukung statemen kondisi yang mengevaluasi suatu
ekspresi untuk mendapatkan nilai true atau false. Dua fitur dari bahasa
pemrograman tersebut, yaitu ekpresi dan statemen kondisi, adalah orthogonal jika
sembarang ekspresi dapat digunakan dan dievaluasi di dalam statemen kondisi.

Ketika fitur bahasa pemrograman adalah orthogonal, maka bahasa pemrograman
tersebut akan mudah dipahami dan dipelajari dan program akan mudah
ditulis karena hanya ada sedikit exception dan case yang harus diingat.

  1. Kewajaran untuk Apikasi

Bahasa pemrograman membutuhkan syntax yang tepat dan cocok yang digunakan pada
struktur program untuk merefleksikan struktur logika yang melandasi suatu algoritma.

Bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol,
dan syntax alami yang tepat/cocok untuk memcahkan suatu masalah. Suatu bahasa pemrograman
didesain secara khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya PROLOG digunakan untuk keperluan
deduksi atau C++ untuk pemrograman berorientasi objek.

  1. Mendukung Abstraksi

Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programmer untuk membuat
suatu solusi dari masalah yang dihadapi. Kemudian abstraksi tersebut dapat dengan mudah
diimplementasikan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam bahasa pemrograman.

  1. Kemudahan untuk Verifikasi Program

Verifikasi program merupakan hal penting bagi subuah program karena denga verifikasi yang mudah
maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan. Kesederhanaan struktur semantic dan
syntax merupakan aspek utama yang mempengaruhi kesederhanaan verifikasi program.

  1. Lingkungan Pemrograman

Bahasa pemrograman yang mempunyai lingkungan pemrograman yang baik dan
lengkap akan memudahkan programmer untuk mengimplementasikan abstraksi yang sudah disusunnya.
Lingkungan pemrograman disini dapat berarti editor yang digunakan, documentasi yang
baik dari bahasa pemrograman, fasilitas debugging, user interface yang baik, ataupun tool lain
yang dapat digunakan untuk memudahkan pekerjaan programmer.

  1. Portabilitas Program

Salah satu kriteria penting untuk proyek pemrograman adalah kemudahan program yang sudah jadi untuk dipindahkan dari komputer yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan ke komputer lain yang akan menggunakannya.

  1. Biaya Penggunaan

Biaya merupakan elemen penting dalam mengevaluasi suatu bahasa pemrograman.

SUMBER: