Apa yang membuat seseorang mengidap avoidant personality disorder?

avoidant personality disorder

Dalam dunia psikologi ada yang disebut avoidant personality disorder yang membuat seseorang enggan berkomunikasi dengan orang lain. Lalu apa penyebab seseorang bisa mengidap penyakit ini?

Meskipun termasuk salah satu penyakit kejiwaan, para ahli yakin bahwa avoidant personality disorder tidak muncul dengan sendirinya, dan tidak pula dipengaruhi oleh satu faktor dominan saja. Kelainan ini terbentuk akibat kombinasi dari faktor biologis (sifat yang diturunkan), sosial (cara individu berinteraksi di masa perkembangan) dan psikologis (emosi, kepribadian dan temperamen) yang terbentuk dalam suatu lingkungan.

Hal ini juga dapat dipicu oleh trauma masa kecil akibat penolakan atau dijauhi oleh keluarga dan teman sebaya. Sebagian besar avoidant personality disorder berkembang di masa perkembangan. Remaja dan dewasa pengidap avoidant personality disorder cenderung tetap bersifat pemalu atau bahkan bertambah parah dan menyebabkan mereka mengisolasi diri, menghindari orang dan menghindari bepergian ke tempat yang baru.