Apa yang membuat sebuah startup jadi sukses atau tidak?


(oktavianis Kartikasari_135150201111241) #1

Dalam sebuah keadaan pasti sebuah startup bisa jadi sukses atau gagal. apa yang membuat sebuah startup berada dalam kondisi tersebut?


(Novaldo Manggala Galih Pragiwaka) #2

Saya rasa anda harus bisa membaca peluang untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen saat ini, lalu anda harus mempunyai target pemasaran, lalu sedini mungkin membangun sebuah komunikasi antar teman agar suatu saat itu dapat memuudahkan anda memasarkan produk, lalu tentunya juga menghasilkan produk yang berkualitas


(Kristina Lely Liana) #3

menurut saya, startup bisa sukses atau gagal dilihat dari bagaimana startup itu dapat bertahan di pasaran sekarang ini. yang menentukannya adalah bagiamana startup dpt berinovasi dan selalu mencoba hal baru dalam bisnisnya. selalu tidak puas dengan apa yg dia raih. seperti gojek. setelah sukses dengan ojek onlinenya, dia berinovasi lagi dengan go food, go glam, go clean dan masih banyak berinovasi lagi sehingga dapat berkembang dan bertahan di dunia startup saat ini dan dapat dikatakan sukses. bahkan memenangkan penghargaan di GEPI, bisa d cek di http://swa.co.id/swa/listed-articles/go-jek-menangkan-penghargaan-dari-gepi-dan-raih-us-10-ribu


(Kevin de Joshua) #4

Berikut ini, kunci sukses dalam membangun startup yang akan menentukan sukses atau gagalnya sebuah startup yang saya rangkum setelah membaca berbagai sumber di internet:

Membentuk Tim yang Solid
Bentuk tim yang tangguh dan gigih. Tetap menjaga atmosfir tim yang selalu fokus untuk kemajuan startup.Jangan mengeluh akan masalah-masalah yang dihadapi dan jadikan hal tersebut sebagai tantangan dalam menciptakan startup yang akan anda bangun. Bersama tim kita perlu melakukan perencanaan dalam membangun startup yang baik. Jangan sampai terjebak lama pada pemikiran-pemikiran yang ragu, langsung melakukan aksi nyata untuk melakukan solusi. Habiskan waktu lebih sedikit untuk memikirkan rencana dan gunakan lebih banyak waktu untuk mengerjakan solusi.

Selalu memikirkan kebutuhan konsumen
Kebutuhan konsumen atau pengguna startup menjadi hal yang utama untuk membangun startup yang sukses. Ketika kebutuhan startup sudah memberikan solusi yang dapat menyelesaikan masalah banyak orang di masyarakat, maka startup tersebut sukses dan tinggal menunggu keuntungan. Selalu fokus pada keinginan konsumen, semakin anda mendengarkan apa yang menjadi keinginan mereka, feedback yang menguntungkan akan selalu datang ke kantor anda.

Jangan menilai uang sebagai kunci sukses anda
Memang benar, dimana sih di dunia ini yang tidak setuju bahwa uang atau nilai kekayaan sebuah perusahaan menjadi standarisasi sukses tidaknya suatu perusahaan? Untuk menjalankan dan mengembangkan suatu usaha memang tidak dipungkiri selalu membutuhkan dana. Namun jangan membawa pemikiran tersebut dalam membangun startup yang sukses. Untuk membangun startup, tidak butuh menggunakan dana yang besar. Cukup mengumpulkan orang mahir dibidang programmer, desain, dan manajemen, dan membangun aplikasi sederhana namun benar-benar menyelesaikan masalah banyak orang. secara otomatis startup tersebut eksis dan terus besar. Dengan uang terbatas, tim akan bekerja lebih keras dan memetik hasil dari pemecahan beragam masalah yang timbul ketimbang kemudahan menghambur-hamburkan uang.

Semoga jawaban saya bisa membantu :smile:

(Sumber: https://www.maxmanroe.com/7-tips-sukses-menjadi-seorang-founder-startup.html)


(renaldy sabdo jati purboningrat) #5

sebuah startup bisa dikatakan sukses atau tidak tergantung dari startup itu sendiri seberapa bermanfaat untuk masyarakat dan dari masalah yang dapat di selesaikan lewat startup tersebut. jika startup tersebut dapat menemukan solusi yang mudah dari sebuah masalah maka dapat di pastikan startup tersebut dapat meningkat secara signifikan dan dapat bersaing di pasaran.