Apa yang membuat lukisan abstrak selalu diminati dan membuatnya mahal?

Lukisan merupakan hasil karya seni rupa berasal dari perpaduan coretan cat air di atas kanvas yang bisa dijadikan hiasan dinding. Ada kalanya lukisan bertema tentang alam, gedung dan lain sebagainya. Namun Ada juga lukisan abstrak.

Mungkin memiliki tingkat kreatifitas yg tinggi. Karena tingkat kreatifitas yang tinggi tersebut bisa membuat lukisan itu menjadi mahal dan berharga.

Lukisan Abstrak

Karena lukisan abstrak dapat mempengaruhi kondisi psikologi dan rasa penikmatnya tidak hanya secara visual keindahannya. Untuk memahami karya tersebut tidaklah mudah karena biasanya visual yang tampak terkadang nyaris tanpa bentuk. Kehadirannya sebatas komposisi warna, goresan, bidang-bidang, penggabungan unsur tiga dimensional serta efek-efek yang tak terduga sebagai akibat dari percampuran cat yang tidak disengaja. Namun sebagian dari kita tentu dapat merasakan sensasi tersendiri yang timbul ketika dihadapkan pada karya tersebut, bahkan pada gaya lukisan yang lain. Tentunya latar belakang dari pengalaman hidup masing-masing individu ikut berperan. Sehingga yang terjadi didalam menilai dan memahami sebuah karya lukis menjadi multi tafsir.

Di balik visualnya yang sulit dipahami oleh kacamata awam bahkan mungkin oleh sebagian seniman sendiri mengenai arti dan makna yang diungkapkan oleh pelukisnya, tentu ada maksud atau pesan yang ingin disampaikan pada karya tersebut, baik melalui simbol-simbol tertentu maupun dari warna-warna yang ditampilkan. Dari sensasi yang kita rasakan itu kita dapat manangkap maksud yang tersirat dari seniman penciptanya. Memang hal itu bukanlah menjadi penilaian yang obyektif.

Sebagian orang menilai bahwa melukis Abstrak itu mudah, tapi pada kenyataanya justru jauh lebih sulit. Karena kepekaan rasa terhadap nilai-nilai artistik, keharmonisan dari keseluruhan elemen dan sadar penuh dimana letak kelebihan dan kekurangan pada setiap goresan adalah kunci utama dalam melukis Abstrak. Sehingga seniman akan dapat mengontrol diri pada saat berkarya, kapan dan dimana harus berhenti, menambah dan mengurangi unsur-unsurnya.

Karena beberapa hal diataslah yang membuat lukisan abstrak selalu diminati dan membuatnya mahal, tidak semua orang bisa membuatnya dan biasanya terdapat pesan tersembunyi yang terkadang tidak semua orang bisa mengartikannya dengan benar.

1 Like