Apa yang Membuat Kamu Betah Bermain Handphone Seharian?

Kita sudah tidak asing lagi saat melihat orang yang terus-terusan menatap layar handphonenya, karena kemungkinan kita juga melakukan hal yang sama. Disamping itu, handphone dengan ukuran kecil tersebut memiliki manfaat yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari menunjang pekerjaan, tempat mencari hiburan, menambah ilmu, dsb. Tanpa terasa kita selalu menggunakan handphone tersebut seharian.

Lalu, untuk Youdics sendiri hal atau aplikasi apa yang membuat kamu betah berlama-lama menggunakan handphone?

1 Like

banyak nih hahaha seperti konten oppa korea ku, aku seneng lihat konten lucu dari bias ku karena secara tidak sadar aku juga ikut ketawa karenanya. trus juga aku seneng lihat rekomendasi buku, rekomendasi youtube channel, rekomendasi-rekomendasi yang menurutku baik untuk perkembangannku. lalu ada aplikasi novel yang tak jarang ketika membacanya aku merasakan seperti there are butterflies in my stomach hahaha.

Fitur dan aplikasi yang berada di ponsel saat ini mampu membuat saya betah berlama-lama menggunakannya. Ada beberapa permainan yang cukup menguras waktu saya, seperti PUBG Mobile, Starry Love, Zepeto, Onet, 8 Ball Pool, Banana Kong, dan juga Good Pizza Great Pizza. Begitu pula aplikasi seperti YouTube, Wattpad, Quora, TikTok, iQIYI, Disney+, V LIVE, dan banyak lainnya. Saya rasa aplikasi yang sudah saya sebutkan sangat banyak membuat saya betah berlama-lama memakai smartphone. Adanya konten video seperti drama, film, variety atau reality show, juga hiburan lainnya pun menjadi tontonan utama ketika waktu luang.

Wah kalau aku pribadi banyak faktor ya yang bikin betah megang HP seharian, salah satunya ialah karena drama Korea. Saking asiknya nonton, sampe lupa waktu gakerasa udah habisin waktu 10 jam sendiri kadang juga lupa makan. Selain drama korea, yaitu gara-gara scroll Tiktok. Gatau kenapa, terhibur aja ngeliat konten-konten yang ada Tiktok sampe ngabisin waktu berjam-jam juga buat scroll. Yap, ini kebiasaan gabaik tapi canduu banget.

Saya sendiri sebenarnya bukan tipe orang yang betah berlama-lama bermain handphone, namun ada beberapa hal yang bisa membuat saya betah bermain handphone lama yaitu drama Korea dan Wattpad. Drama Korea biasanya memiliki jumlah episode yang tidak banyak dengan rata-rata jumlah 12-16 episode, jadi bisa untuk satu judul drama diselesaikan dalam satu hari. Akan tetapi, saya tidak berani untuk menonton satu hari penuh untuk satu judul drama. Biasanya saya membaginya menjadi dua hari. Hal ini selain untuk membagi waktu saya dengan yang lain juga untuk mengistirahatkan mata saya agar tidak sakit dan lelah.

Yang kedua adalah Wattpad. Wattpad adalah sebuah platform tempat banyak sekali cerita (novel online dan cerpen) di posting disana. Biasanya jika sudah menemukan cerita yang menarik saya bisa seharian penuh membaca cerita tersebut hingga tamat. Saya memang menyukai membaca cerita sejak kecil, jadi jika saya membeli novel saya akan menyelesaikan novel itu dalam satu hari. Tapi, hal itu memberikan dampak buruk bagi mata saya, karena saya harus seharian menatap layar handphone. Alhasil, setelah membaca Wattpad seharian biasanya saya merasa sangat kelelahan.

Apa yang membuat saya betah bermain hp seharian? Hmm banyak sekali tentunya yaa. Namun, hal yang paling sering saya lakukan adalah menonton series. Ya, series yang paling hanya memiliki 8-12 episode dan tiap episodenya hanya berkisar antara 10-15 menit saja. Alasannya memilih untuk menonton series adalah cepat dan tidak bertele-tele.

Ini biasa saya lakukan ketika sedang liburan tapi kebetulan sedang di rumah saja dan malas untuk menyalakan pc atau laptop yang akhirnya memutuskan untuk menontonnya melalui hp saja. Karena menggunakan hp, saya tidak tahan dengan sesuatu yang berdurasi sangat panjang. Oleh karenanya, mini series menjadi pilihan saya. Biasanya dalam satu hari penuh, saya bisa menamatkan 2-3 series sekaligus, tergantung pada alur ceritanya juga sebenarnya.

bagi saya sendiri, karena bisnis yang saya jalankan berhubungan erat dengan teknologi sehingga saya sering membuka laptop maupun hp saya. Sosial media dan lain nya, saya tidak mengaksesnya. Mungkin lebih ke urusan pendidikan dan bisnis saja mengingat kuliah pun dilakukan secara online saat ini.

Tiktok. Menurut saya tiktok bisa membuat penggunannya menghabiskan waktu berjam jam scrolling fyp tanpa disadari. Entah mengapa, menurut saya tiktok menyediakan konten-konten yang ebih menarik dibanding instagram. Mulai dari konten lucu, horror, bermanfaat sampai tidak bermanfaat juga tersedia di tiktok. Selain tiktok saya biasanya menghabiskan waktu melihat youtube, karena seorang kpopers sering sekali saya melihat youtube untuk melihat idol grup kesukaan saya. Saya juga sadar menghabiskan waktu yang cukup banyak hanya untuk bermain handphone, maka dari itu saya membatasi diri dengan bermain handphone lebih jarang di pagi hari dan fokus pada kegiatan saya. Karena jika mentapa layar handphone terlalu lama bisa membuat mata sakit.

Aku rajin banget pantau Instagram huhu, setiap break atau suntuk pasti beralih ke Instagram. Untuk malam hari mau itu setengah jam atau lebih pasti ke twitter, cocok banget moment overthinking. Sekedar penghilang jenuh dan reminder.