Apa yang Membuat Kalian Rindu dengan Masa-Masa SMA?

Ilustrasi

Deretan Film Ini Bakal Bikin Lo Nostalgia Masa SMA | Trax FM (traxonsky.com)

Banyak orang bilang masa-masa SMA adalah masa paling indah.
Mulanya, saya merasa tidak ada yang special dari kehidupan semasa SMA saya. Namun, ketika sudah mulai menginjak semester tua di dunia perkuliahan, ternyata saya rindu dengan masa-masa tersebut. Tugas yang tidak sebanyak sekarang, kegiatan OSIS, bolos sekolah, dll.

Masa SMA adalah masa dimana kita menginjak jenjang terakhir di sekolah. Selain menjadi lebih dewasa daripada saat di SMP, di SMA memiliki banyak sekali pengalaman dengan cerita yang beragam dalam proses pendewasaan tersebut. Ada cerita tentang pengalaman pertemanan yang solid, terlibat tawuran, “drama sekolah”, hubungan asmara, dll.

Bagaimana menurut kalian? Apa yang membuat kalian rindu dengan masa-masa SMA?

1 Like

Tidak bisa dipungkiri memang benar jika masa - masa ketika kita masih SMA adalah masa - masa yang bisa dibilang sangat indah dan juga memorable yang dimana, seperti yang kamu bilang di deskripsi, kita ada di bagian akhir sebelum melangkah ke dunia yang lebih besar seperti berkuliah atau mungkin langsung bekerja. Kalau untuk saya pribadi, saya cukup rindu dengan masa - masa seperti itu. Banyak hal dari masa - masa SMA yang saya rindukan yang entah seberapa panjang jika di buat listnya.

Tetapi mungkin ada beberapa hal yang sangat saya rindukan seperti misalnya memiliki beberapa circle pertemanan yang solid yang kebetulan masih terjaga hingga saat ini kendati semuanya sudah memiliki kesibukan masing - masing. Lalu untuk urusan asmara sendiri di SMA, bisa dibilang saya tidak sukses sama sekali dan seingat saya hanya sekali saja merasakan rasanya pacaran dan itu pun juga tidak lama. Hal lain yang saya rindukan dari masa SMA mungkin adalah kenangan - kenangan kecil seperti misalnya ikut senam setiap hari jum’at pagi dan kemudian bermain futsal bersama teman - teman saya, ataupun nongkrong - nongkrong bersama teman - teman saya sepulang sekolah dan masih banyak lagi. itu adalah masa - masa yang sangat indah. Untuk urusan tawuran dan hal negatif lainnya tentu tidak pernah saya lakukan, mengingat tidak ada manfaat dari melakukan semua itu selain merugikan diri sendiri dan orang lain. Masih banyak hal positif dan menyenangkan yang bisa dilakukan selama masa SMA belum habis, bukan ?

Ketika menginjakan kaki di bangku perguruan tinggi, semuanya sudah tampak berbeda, karena teman - teman SMA kita dan kita sendiri pun sudah mulai meniti jalan masing - masing. ada yang sibuk berkuliah dan berorganisasi, ada yang sibuk berkuliah sambil bekerja, dan ada juga yang langsung bekerja. Disini kita sudah memiliki prioritas - prioritas pribadi yang hendak dicapai sehingga bisa dibilang feel dari berkuliah itu sendiri sangat berbeda dengan SMA. but, that’s life.

1 Like

Tidak SMA saja, tapi rindu masa sekolah in general. Dulu kayaknya berat gitu bangun pagi dan melalui hari di sekolah. Kelas setiap hari, istirahat nggak sampai satu jam, dari pagi sampai sore mata pelajarannya banyak, dll–tapi tanpa sadar, I took it for granted. Iya memang dulu kerasanya hectic, tapi ternyata hectic-nya hanya sebatas di sekolah. Kalau sudah di luar sekolah masih bisa santai, mengerjakan tugas pun bisa belakangan (tidak patut dicontoh HAHA), tapi intinya memang ternyata tidak semelelahkan itu.

Kalau sekarang sudah kuliah, mungkin lelah di kampus tidak berasa karena kelas tidak setiap jam, mata kuliah juga tidak banyak dalam sehari, ditambah kalau pandemi seperti sekarang semuanya serba online–jadi, lelah di mana, sih? Lelahnya kalau sudah balik ke kos dan memikirkan tugas paper, lelahnya kalau sudah tutup laptop dan overthink yang lain-lain. Lebih ke lelah mental, sih.

Jadi kalau ditanya apa yang membuat rindu masa SMA atau masa sekolah in general, jawabannya adalah gimana dulu aku bisa santai, main pun tidak diselimuti overthinking, rasanya mental masih baik-baik saja.

1 Like

Wah banyak sih ya moment di SMA yang bikin aku kangen. SMA ku itu sekolah swasta umum, kebetulan disekolahin di situ karena baru pindah rumah & dekat sama rumah. At the first, I was surprised, karena per angkatan jumlah muridnya bisa dibilang sangat sedikit. Tapi gak heran sih ya, it is a private school at the end. Pas kelas 10, wah banyak drama sih, dari geng-geng an lah, aku dimusuhin anak cewek and fyi it was out of nowhere, bagian itu ngakak sih kalau di remind. Kelas 11 udah penjurusan, aku IPA, dan satu kelas coba tebak ada berapa orang? 20? No no, 7 orang :slight_smile: dan anak IPS jumlahnya memang lebih banyak.

Aku cukup rindu suasana SMA, apalagi angkatanku bisa dibilang terheboh di 1 sekolah hahaha. Kita dekat sama guru, dekat sama abang yang jaga kantin, sksd sama adek kelas, dsb. Aku inget banget pas lagi mapel fisika atau kimia, aku dan temanku alibi mau ke toilet, padahal mah kepala dah kleyengan dan memutuskan untuk jalan-jalan 1 sekolah HAHAHA. But fortunately guru-guru ku typical yang santai, jadi ya udah pas balik ke kelas gak ditanyain tuh kenapa lama bangetnya. Haha jadi kangen.

Kalau bicara tentang masa SMA pasti akan ada banyak sekali momen yang membuat rindu. Saya rindu berangkat pagi-pagi sekali agar tidak telat dan dihukum. Rindu sekali bisa ke kantin bersama teman-teman saat jam kosong atau bernyanyi dan bermain game di kelas saat guru tidak mengajar. Ada banyak sekali momen bersama teman yang tidak didapatkan saat berkuliah, juga waktu bersantai yang cukup banyak sehingga bisa menghabiskan banyak waktu membuat kenangan indah bersama teman-teman.

1 Like

kalau saya pribadi yang buat rindu itu adalah jajanan di kantin, sama organisasi sii.
dulu pertama kali minep di sekolah bareng temen-temen organisasi karena kekeluargaan banget, setiap ngumpul pasti yang dibahas lagi masa-masa itu huhuhu

Berbicara tentang masa SMA, banyak sebenernya hal-hal yang saya rindukan dan ingin rasanya mengulang masa-masa tersebut. Kalo kata orang sih masa SMA itu adalah masa-masa yang paling indah diantara masa-masa sekolah lainnya. Pada masa SMA ada banyak sekali keseruan dan keceriaan yang aku alami bersama teman-teman dan tidak bisa aku rasakan lagi saat ini. Hal-hal yang paling aku rindukan saat ini yaitu memakai seragam sekolah, dapet uang jajan dari orang tua tiap harinya, kangen dihukum sekelas bareng-bareng, kangen seru-seruan bareng saat jam kosong, tukeran lauk dan makanan bekal, nyanyi bareng, makan bareng di kantin, ngisengin temen, dan masih banyak lagi.

Wah benar nih, Kak. Sepertinya hal ini sering dilakukan oleh siswa-siswi ya? Izinnya ke mana perginya ke mana. Saya sendiri pun biasanya sering izin ke toilet padahal saya pergi ke kantin buag beli jajan. Masa-masa yang menyenangkan!

Betul, Kak. Saya setuju. Di mana masa-masa sekolah itu, meskipun banyak sekali PR, banyak tugas, harus pulang sore untuk les atau bimbel, tapi rasanya masih bisa have fun. Caranya pun mudah, tinggal bermain bersama teman.

Kalau sekarang, memang ketika kuliah, kelas tidak setiap hari dan tidak setiap jam tapi serasa bebannya semakin banyak dan semakin berat saja ya? Overthinking tugas, insecure dengan pencapaian-pencapaian teman, dll.

Semangat terus ya, Kak Nisa!