Apa yang Membuat Jeff Bezos Menjadi Orang Terkaya di Dunia Menggantikan Posisi Bill Gates?

Untuk beberapa waktu, Bill Gates CEO Microsoft Corporation dinobatkan menjadi orang terkaya nomer satu di dunia. Namun saat ini posisi tersebut adalah milik Jeff Bezos, CEO Amazon. Bagaimana Jeff Bezos dapat melampaui Bill Gates?

Menurut berita yang dilansir oleh CNN pada hari rabu 10 januari 2018, Jeff Bezoz dinobatkan menjadi orang terkaya di dunia melebihi kekayaan Bill Gates. Jeff Bezoz menyalip Bill Gates sebagai pemilik Microsoft pada oktober tahun lalu. Pemilik Amazon ini memilki kekayaan sebesar 105,1 miliar US dolar. Sebagian besar harta kekayaan Jeff Bezos berasal dari 78,9 juta sahamnya di Amazon. Nilai saham perusahaan e-commerce yang dimilikinya meningkat 6,6 persen dari sebelumnya. Kekayaan yang dimiliki Jeff Bezoz tidak semerta merta instan tanpa usaha, karena Jeff Bezoz memulai usahanya dari nol hingga dapat berdiri tegak seperti sekarang. Keinginan kuat untuk membuka bisnis sendiri itu didasari pada pengamatannya terhadap pengguna internet yang mampu tumbuh sangat pesat. Jeff Bezos yang kala itu masih berusia 30 tahun mendapat dukungan dari sang istri. Istrinya, MacKenzie, mempersilakan Bezoz mengikuti passion-nya walaupun harus meninggalkan pekerjaannya yang prestisius. Mulai dari sebuah kantor kecil di garasi, kini Amazon berkembang menjadi salah satu perusahaan bergengsi di dunia.

Ide awal Bezos mendirikan Amazon adalah untuk menjual buku secara online. Namun seiring waktu, kini Amazon menjual hampir semua yang mungkin dibutuhkan oleh konsumen. Satu tahun lalu, Jeff Bezos membagikan sebuah video yang menunjukkan kesuksesan Amazon mengirimkan barang melalui drone di Inggris. Ini merupakan salah satu inovasi yang ingin diadaptasi Amazon agar mampu mengantarkan barang-barang kepada konsumen dengan lebih efisien.Adapun video yang diunggah oleh Bezos memperlihatkan beberapa hal tentang program drone Amazon. Pengiriman barang melalui drone di Amazon diberi nama layanan Amazon Prime Air. Setelah drone, perusahaan e-commerce ini juga kembali berusaha membuat konsumennya nyaman ketika membeli barang dengan meluncurkan Amazon Key. Layanan ini memungkinkan barang yang dibeli langsung diantar masuk ke dalam rumah oleh sang kurir meskipun pembeli sedang tidak ada di tempat. Hal ini membuktikan bahwa Bezoz merupakan tokoh hyang inovatif dan tidak mudah menyerah dalam menciptakan suatu terobosan baru dalam berkarya.

Dilansir oleh Inc pada hari senin 22 januari 2018, Jeff Bezoz meliliki dua buah rahasia yang mengantarkannya pada titik kesuksesan. Dua buah rahasia yang dimilikinya adalah :

1. Selalu mempunyai visi dan semangat yang besar
Pada awalnya Amazon hanyalah sebuah situs penjualan buku saja. Dengan visi yang luar biasa dan semangat yang tidak terkalahkan Amazon dapat berubah pesat menjadi sekarang. Bezoz bekerja 12 jam sehari dalam satu minggu penuh tanpa ada hari untuk beristirahat. Ketepatan waktu sangat ia kejar agar barang yang dipesan oleh pembeli datang pada waktu yang tepat.

2. Fokus dan haus terhadap inovasi dan strategi yang baru
Bezoz selalu fokus pada apa yang dikerjakannya, Bezoz bukanlah orang yang suka terhadap pekerjaan multitasking, karena menurut dia segala pekerjaan harus dikerjakan satu persatu hingga selesai.

Rerefensi :


http://www.chicagotribune.com/business/ct-biz-bezos-100-billion-net-worth-20171124-story.html

Pemilik Amazon, Jeff Bezos mengalami lonjakan kekayaan cukup besar. Jeff Bezos pun sukses mengalahkan Bill Gates dan duduk sebagai orang terkaya sepanjang sejarah. Harta Jeff Bezos naik signifikan ke angka US$ 105,1 miliar seperti dilaporkan Bloomberg Billionaire Index. Hal yang sama juga dilaporkan Forbes di mana miliarder ini kini membukukan kekayaan di angka US$ 104,4 miliar. Dilansir CNN, Rabu (10/1/2018), sebagian besar harta kekayaan Jeff Bezos datang dari 78,9 juta sahamnya di Amazon. Nilai saham perusahaan e-commerce ini melonjak 1,4 persen pada hari Senin dan menambah US$ 1,4 miliar di kekayaannya. Pada awal tahun 2018, nilai saham Amazon telah meningkat 6,6 persen. Perusahaan yang bermarkas di Seattle, Amerika Serikat ini juga sukses menangkap 89 persen pasar konsumen yang ingin belanja kebutuhan saat natal tiba. Kenaikan terakhir tersebut juga sukses membuat Bezos menyalip Bill Gates menjadi orang nomor satu di dunia. Miliarder ini menyalip pendiri Microsoft pada Oktober tahun lalu dengan kekayaan melampaui US$ 100 miliar.

Salah satu kunci kesuksesan dari Jeff Bezos sehingga ia bisa menjadi orang terkaya di dunia adalah ia merupakan orang yang selalu fokus terhadap hal-hal yang sedang ia kerjakan, dia tidak suka mengerjakan suatu hal dalam waktu bersamaan karena hal itu akan memecah konsentrasinya dan membuat segala hal yang ia kerjakan tidak mendapatkan hasil yang maksimal, akibatnya ia tidak bisa berkonsentrasi dan itu sangat mengangunya. ia juga tidak suka bermain dengan gadgetnya dia merupakan orang yang suka berinteraksi langsung dengan orang-orang yang ia temui. kebiasaan tersebut sudah dilakukan oleh Jeff Bezos saat ia masih bersekolah karena menurut Jeff Bezos hal itu merupakan prinsip atau cara kerja terbaik menurutnya.

Referensi :

Kisah Jeff Bezos Kalahkan Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia

Salip Bill Gates, Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Founder sekaligus CEO dari perusahaan Amazon, Jeff Bezos (53), menjadi orang tekaya di dunia setelah pendapatannya dari saham Amazon melonjak drastis. Dilansir dari Business Insider, saham dari Amazon naik lebih dari 8% pada kuartal ketiga, sehingga membuat nilai dari masing-masing saham melonjak menjadi $ 79.64 dari hari penutupan sebelumnya.

Menurut data pengarsipan yang dikeluarkan oleh SEC baru-baru ini, diketahui bahwa Jeff Bezos memiliki lebih dari 81 juta saham di perusahaan Amazon. Dengan begitu, Jeff Bozes menghasilkan pendapatan sekitar $6,44 miliar atau setara Rp.85 triliun hanya dalam waktu satu hari.

Tambahan pendapatan Jeff Bezos sebanyak 6,44 miliar atas kenaikan saham Amazon membuat total dari harta kekayaannya sekarang bertambah menjadi lebih dari 90 miliar atau setara dengan Rp.1170 Triliun. Dengan begitu, Jeff Bezos resmi menggantikan posisi dari Founder Microsoft, Bill Gates, sebagai orang nomor satu terkaya di dunia.

Selain memiliki saham paling banyak diperusahaan retail Amazon, Jeff Bezos juga memiliki beberapa saham diperusahaan besar lainnya diantaranya adalah koran harian The Washington Post dan industri pesawat Blue Origin.

Pada tahun 2016 , Jeff Bezos dikabarkan mampu meraup keuntungan $ 19,3 miliar (Rp.260 triliun) dari bisnisnya tersebut. kesuksesan Jeff Benzos tidak luput dari beberapa sifat yang dimilikinya yang diantarannya yakni Berani mengambil risiko, Meminimalisir penyesalan, Persuasif (promosi dari mulut ke mulut), Mengutamakan konsumen, Terus berinovasi, Bekerja keras.

https://www.bloomberg.com/news/articles/2018-01-08/bezos-s-net-worth-tops-105-billion-as-amazon-climbs-in-new-year

Menurut Forbes (2/19/18), kekayaan bersih dari Jeff Bezos senilai 120,2 Milyar USD. Sebagian besar kekayaan pendiri dan CEO dari Amazon ini didapatkan dari 78,9 juta USD saham Amazon (businesstoday.in 10 januari 2018). Jeff bezos menjadi orang terkaya sedunia melengserkan Bill Gates sehari setelah Amazon memperkenalkan “Amazon cashier-less store” pada dunia. Kekayaannya langsung meningkat setelah saham Amazon naik 2,5%.

Amazon membuka toko fisik AmazonGo di Seattle, AS yang menjual berbagai macam produk. Toko ini tidak mempunyai kasir. Pembeli yang mempunyai akun Amazon dalam aplikasi smartphone yang dibawa bisa datang memilih barang belanjaannya lalu dapat pergi keluar dari toko tanpa perlu mendata barang belanjaan dan membayarnya dikasir. Tagihan belanja langsung masuk ke dalam akun amazon pembeli. Meskipun Toko Amazon Go tidak membutuhkan kasir, tetapi karyawan toko tetap ada misalnya untuk membantu pembeli yang kebingungan, menyiapkan makanan siap santap, dan untuk memastikan pembeli minuman beralkohol bukan anak dibawah umur.

Berani Mengambil Risiko
Sebelum mendirikan Amazon.com, Jeff Bezos awalnya adalah Vice President dari perusahaan De Shaw&Co. Sebuah keputusan yang sulit dan membutuhkan keberanian untuk meninggalkan pekerjaan prestigiusnya dan memilih untuk memulai bisnis sendiri yang tidak pasti masa depannya.

Fokus
Pada awalnya, dari sekian banyak jenis produk yang akan dijualnya di Amazon, Jeff Dezos memutuskan untuk menjual 5 jenis produk saja yang dianggap akan mendatangkan keuntungan yang besar. Kelima jenis produk itu antara lain buku, software komputer, video, hardware komputer, dan compact disc.

Jeli Pada Perubahan
Jeff Bezos memulai E-Commerce Amazon pada 1994 di garasi rumahnya. Amazon bermula sebagai toko online yang menjual berbagai jenis buku. Namun seiring perkembangannya demand dari pelanggan bertambah banyak, maka dari peluang itu Amazon juga menjual barang-barang retail dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Beragam konten digital, software-software dan juga karya seni dijual lewat Amazon ini.

Inovatif
Beberapa tahun yang lalu Amazon memperkenalkan inovasi layanan pengantaran barang lebih efisien dengan drone langsung ke depan rumah pembeli. Layanan drone ini diberi nama Amazon Prime Air. Lalu Amazon memperkenalkan Amazon Key yang memungkinkan barang diantar masuk ke dalam rumah pembeli meskipun tidak ada orang didalamnya. Layanan ini hanya bisa digunakan oleh anggota Amazon Prime yang memanfaatkan kamera dan kunci cerdas yang terhubung ke internet.

Produk-produk yang ditawarkan Amazon semakin hari semakin bertambah. Barang yang begitu banyak disimpan dalam gudang yang begitu luas akan membutuhkan waktu dan tenaga untuk menemukan dan mengepaknya. Maka tidak salah jika Amazon mempunyai sistem pergudangan menggunakan robot untuk lebih menghemat waktu dan tenaga kerja.

Selain Amazon Jeff Bezos memiliki The Washington Post dan perusahaan pribadi Blue Origin yang berjalan di bidang pembuatan pesawat luar angkasa.

Sumber :



Jeff Bezos kembali menduduki posisi orang paling kaya di dunia mngalahkan Bill Gates. dikarenakan saham Amazon yang menguat. Setidaknya itu yang saya ketahui mengutip laman:

Saham Amazon melonjak 13,5 persen menjelang akhir pekan ini. Lonjakan saham Amazon didorong perusahaan mencatatkan kinerja keuangan luar biasa. Jeff Bezos memiliki hampir 80 juta saham di Amazon per Agustus 2017. Ia dapat hasilkan lebih dari US$ 10 miliar untuk kenaikan saham dalam satu hari.Saat ini kekayaannya lebih dari US$ 90 miliar.

Tapi kalau dilihat saham amazon saat ini, apakah Jeff Bezos masih dapat bertengger diposisi teratas orang terkaya di dunia?

amazon