Apa yang membuat jaringan internet di negara lain cepat?

internet merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi kehidupan kita. namun, tingkat kecepatan internet di tiap negara berbeda beda. apa yang membuat negara tersebut bisa memiliki jaringan internet yang lebih cepat daripada negara lain?

Perkembangan internet pada saat ini sangatlah pesat. Tidak sedikit negara yang saling bersaing untuk mengembangkan internet. Saar ini Amerika bukanlah pemiliki kecepatan jaringan internet paling tinggi walau awal penggunaannya adalah disana, negara dengan kecepatan internet tertinggi untuk saat ini adalah Korea selatan. Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisa negara di asia ini bisa menjadi nomor satu pada pemiliki kecepatan internet tertinggi dunia, berikut ini beberapa alasannya :

1. Investasi pemerintah

Pemerintah korea telah berusaha menjadikan IT (Information and Technology) sebagai pusat industri sejak awal tahun 1990. Mereka menginvestasikannya pada sektor infrastruktur dan pendidikan. Pada sektor pendidikan, pelajaran komputer merupakan mata pelajaran wajib dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA). Hal ini menyebabkan terciptanya konsumen yang menggunakan komputer untuk kegiatan sehari hari, serta permintaan atas barang elektronik yang tinggi pula. Sedangkan pada sektor infrastruktur, pada saat yang bersamaan dengan edukasi, pemerintah korea berfokus menyebarkan koneksi berkecepatan tinggi berbasis kabel dengan maksud agar perusahaan perusahaan IT termotivasi untuk meningkatkan layanan kabel berkecepatan tinggi. Ditambah lagi dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi serta sebagian besar diantaranya yang sudah paham tentang penggunaan teknologi membuat perkembangan industri IT di Korea berkembang pesat dalam waktu singkat.

2. Budaya

Sebagian besar penduduk Korea suka memberi / menerima pelayanan yang berkualitas tinggi. Misalnya kita bisa memeroleh pelayanan medis kurang dari 20 menit tanpa harus memesan tempat. Mereka menyukai kerja cepat namun akurat. Gaya hidup seperti ini akan mendorong industri IT melebihi batas untuk memberikan pelayanan yang lebih baik pada bidang teknologi. Sehingga secara tidak langsung kebutuhan akan internet berkecepatan tinggi semakin meningkat pula.

Berdasarkan data diatas, dalam penyediaan akses jaringan internet dengan kecepatan tinggi membutuhkan sebuah perencanaan yang matang agar hasil yang diharapkan bisa maksimal dan efisien. Ditambah lagi dengan peran serta penduduk dari negara tersebut, yang harus mendukung perkembangan teknologi dengan minimal mau belajar tentang teknologi dan menerapkannya dalam sehari-hari.

Sumber :
http://edition.cnn.com/2010/TECH/03/31/broadband.south.korea/index.html
https://www.quora.com/Why-is-South-Koreas-average-Internet-speed-so-fast

Penggunaan smartphone yang begitu pesat saat ini ikut mendorong penggunaan internet di berbagai belahan dunia. Jaringan internet merupakan hal yang mutlak dibutuhkan saat ini. Mengakses intenet bukanlah menjadi hal yang mewah lagi karena hampir semua sektor dalam kehidupan saat ini membutuhkan jaringan internet. Dengan internet kita dapat mencari informasi lewat Google, membaca website, chatting dengan teman dan keluarga, serta bermain game online. Hal ini lah yang membuat kecepatan internet menjadi hal yang krusial untuk mendukung gaya hidup agar manusia dapat melangsungkan aktivitasnya dengan mudah. Namun kecepatan internet di berbagai negara berbeda-beda. Salah satu negara yang memiliki jaringan internet yang cepat adalah Korea Selatan. Lalu apakah yang membuat jaringan internet di negara ini tergolong cepat?

1. Luas Wilayah yang Kecil dan Kepadatan Penduduk di Kota

Korea Selatan adalah negara yang memiliki luas wilayah yang relatif kecil hal ini membuat pemasangan dan pemeliharaan koneksi internet menjadi lebih mudah. Jumlah penduduk Korea Selatan hanya sekitar 53 juta jiwa dengan 83% penduduknya tinggal di daerah perkotaan. Dengan tingginya jumlah orang Korea yang tinggal di apartemen di daerah perkotaan, menyebarkan koneksi di antara mereka lebih akan menjadi lebih mudah. Kedekatan tersebut secara dramatis mengurangi biaya infrastruktur dan menyederhanakan pengembangan jaringan.

2. Peranan Pemerintah

image

Secara budaya, orang Korea lebih mempercayai pemerintah mereka dan satu sama lain daripada kebanyakan warga barat. Jadi inisiatif yang dipimpin oleh pemerintah adalah bagian penting untuk menyelesaikan sesuatu di Korea.

Pada tahun 1995, korea hanya memiliki satu internet untuk setipa seratus warga negaranya. Pada tahun itu, pemerintah mereka memprakarsai proyek infrastruktur informasi Korea (Program 10 Tahun) yang dimulai dengan meletakkan infrastuktur internet di antara gedung-gedung pemerintah dan dapat menjangkau seluruh wilayah negara pada tahun 1998. Di tahun 2000, Korea Selatan telah menghubungkan hampir 20 juta dari 45 juta warganya.

Berkat prakarsa infrastruktur pemerintah, hari ini sekitar 84% penduduk Korea Selatan memiliki akses internet. Dengan pasar yang semarak ini, pada gilirannya, memicu inovasi lebih lanjut. Kebijakan internet pemerintah yang tepat waktu dan dijalankan dengan baik memberi langkah awal yang besar. Pemerintah Korea tidak hanya berinvestasi di industri TI, tapi juga mempromosikan investasi lebih lanjut di dalamnya.

3. Kompetisi Sehat

image

Saat akan berinvestasi dalam mendirikan jaringan sektor publik, pemerintah Korea mengambil tindakan tegas di sektor swasta, menerapkan kebijakan deregulasi yang konsisten yang mereka pertahankan hari ini. Mereka memastikan bahwa Penyedia Layanan Internet (ISP) baru tidak memiliki banyak hambatan sehingga dapat mendorong suasana persaingan. Dengan standar liberal ini, operator sektor swasta dapat memperluas internet dari kerangka kerangka ke dalam sistem di seluruh negara, dan mempercepat internet melalui kompetisi tanpa henti.

Misalnya, seperti yang diketahui Sobee Shinohara, pada tahun 2005, perusahaan telekomunikasi besar mendapat tekanan karena pesaing yang lebih kecil mulai mengambil potongan besar dari DSL (yang metode koneksi utama di Korea). Sebagai tanggapan, Korea Telecom mulai merambah jaringan serat optik di seluruh Korea, menjaga bisnis mereka dan meningkatkan kemampuan internet di negara tersebut. Persaingan inilah yang menciptakan lingkungan teknologi yang inovatif.

4. Peran Penting Sektor Swasta

Sektor swasta memiliki peran penting dalam penyediaan internet cepat dan terjangkau di korea. Perusahaan swastabanyak melakukan pekerjaan struktural. Misalnya, pada tahun 2003, Kementrian Informasi dan Telekomunikasi Korea Selatan mencapai kesepakatan bersama dengan maskapai terkemuka di negara tersebut untuk menginvestasikan $ 2,1 miliar ke dalam jaringan multimedia nasional. Dengan demikian pemerintah dan perusahaan swasta memiliki hubungan simbiosis untuk mencapai tujuan yang sama.

Saat ini, sektor swasta Korea Selatan sedang melakukan beberapa inovasi teknologi terdepan di dunia. Perusahaan seperti Samsung, yang merupakan salah satu kekuatan utama di balik revolusi 5G yang akan datang, dikenal secara internasional untuk produk mereka. Sikap proaktif namun hands-off yang diambil oleh pemerintah terhadap industri negaranya mendorong inovasi dan kompetisi, dan sebagai hasil dari budaya kerja sama Korea yang unik antara sektor swasta dan publik, ekonomi berbasis teknologi di negara tersebut memberikan banyak manfaat bagi warganya.

Sumber :

“Kenapa internet di Indonesia sangat terbilang lambat?” begitulah perkataan beberapa pengguna internet yang ada di Indonesia. Apakah yang membuat internet di Negara lain lebih cepat ? Dalam hal ini saya akan membandingkan antar Indonesia dengan amerika. Berikut penjelasannya:

1. Kondisi Geografis Amerika yang lebih Mendukung untuk penyebaran Koneksi Internet

Kondisi Geografis Amerika dibandingkan Indonesia lebih mendukung untuk kebutuhan peningkatan koneksi internet . Kondisi Geografis di Indonesia yang berbentuk kepulauan menyulitkan untuk penyebaran kebutuhan jaringan internet secara optimal.

2. Infrastruktur Amerika Lebih Maju dibandingkan Indonesia

Infrastruktur dari sebuah network sangat berpengaruh terhadap kecepatan yang dimilikinya. Pada saat ini masih sedikit provider di Indonesia yang menggunakan fiber optik pada koneksinya padahal fiber optik memiliki kecepatan yang tinggi karena menggunakan cahaya sebagai media transfernya. Sedangkan padahal di Amerika sudah menggunakan fiber optik untuk penyebaran jaringan internet.

3. “Amerika Had a plan”

Pada tahun 1900an Amerika memang sudah merenakan bahwa Amerika akan memiliki Koneksi Internet yang cepat pada tahun kedepannya. “Preparation Is everything”.