Apa yang membuat GoPro menjadi produk yang terkenal?

GoPro merupakan teknologi yang diciptakan oleh GoPro, Inc. di Amerika Serikat pada tahun 2002 oleh Nick Woodman. Kamera GoPro yang terkesan kecil ini sedang tenar dikalangan masyarakat. Apakah yang membuat teknologi ini sangat terkenal?

1 Like

Kenapa banyak Orang Membeli Kamera GoPro belakangan ini, kira-kira apa yang membuat kamera yang satu ini begitu terkenal dengan cepat dan apa alasan orang-orang Mau Membeli Kamera GoPro ini? Padahal harga kamera GoPro juga tidak semuanya murah. Bahakan ada kamera harga kamera Gopro yang harganya hamper sama dengan kamera DSLR. Jika harganya tidak murah-murah amat kenapa tidak beli kamera Handycam professional saja yang fiturnya sudah jelas ok dan banyak. Bahkan ada pendapat dari beberapa orang yang mengatakan kalau kamera GoPro hasil kameranya masih kalah dengan kamera DSLR.

Menurut saya salah satu faktor yang membuat GoPro sangat digemari oleh berbagai orang adalah GoPro yang memiliki badan sangat kecil, akibatnya kamera ini sangat mudah sekali untuk dibawa bawa oleh penggunanya. Handycam tidak dapat masuk ke dalam saku, akan tetapi GoPro bisa. Maka dari itu banyak sekali orang orang yang menginginkan produk ini. Dengan body kamera yang kecil, GoPro dapat merekam video dengan kualitas HD dan bahkan 4K.

Faktor kedua GoPro yang berukuran kecil dapat dijadikan menjadi kamera yang serba bisa. GoPro bisa kita jadikan selfie cam dengan selfie stick, kamera helm, dan juga dashboard cam (camera mobil). Karena GoPro multifungsi, banyak orang yang ingin untuk membeli kamera ini.

Menurut analisa saya, kedua faktor tadi yang membuat GoPro menjadi sangat terkenal.

Referensi 1
Referensi 2

GoPro kamera kecil yang sangat terkenal, siapa yang tidak kenal dengan kamera mungil ini bahkan hampir semua pembuat konten video di youtube seperti motovlogging dan traveler menggunakan kamera GoPro ini dalam proses pengerjaan videonnya, karena kamera ini kecil jadi mudah dibawa berpergian bahkan hanya di tempelkan pun juga bisa, disisi lain kualitas GoPro juga tidak kalah dari produk-produk kamera DSLR bahkan kamera ini dapat merekam dengan kualitas HD atau 4K, dibalik kualitas yang baik itu tentu ada rahasia umum yang sudah tersebar yakni prosessor yang mendukung kinerja GoPro yakni Ambarella.

Prosessor Ambarella ini tidak sepopuler Qualcomm, Nvidia, dan sejenisnya karena prosessor ini hanya berfokus pada teknik pemrosesan serta kompresi gambar atau video berosolusi tinggi, prosessor ini mampu mengonsumsi daya secara hemat karena dia memanfaatkan arsitektur ARM. Karena kemampuannya itu sudah tidak diragukan lagi sehingga mereka saling bekerja sama dengan membangun sebuah mitra usaha.

Teknologi Ambarella ini terus berkembang pesat, tahun 2005 sudah meluncurkan encoder Full HD H.264 pertama yang ada di dunia dan hanya membutuhkan 16 bit memori ddr tunggal saja, lalu pada tahun 2008 memunculkan kembali encoder 1080p60noise dan menjadi yang pertama lagi di dunia, dan bahkan sejak 2012 yang lalu teknologi Ambarella ini sudah dapat melayani perekaman dengan resolusi 3.840 x 2.160 pixel atau biasa dikenal dengan sebutan 4k yang sangat populer hingga saat ini.

Jadi menurut saya, teknologi yang dimiliki gopro ini yang membuatnya menjadi sangat terkenal dan banyak yang menyukainya serta desainnya yang ramping dan mungil sehingga mudah dibawa kemana saja.

Referensi

Ref 1
Ref 2

Gopro memang pada saat ini sudah menjadi produk yang banyak sekali dikenal orang, kamera yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana memang menjadi daya tarik tersendiri, bagaimana tidak ? kita tidak memerlukan tas ataupun tempat penyimpanan khusus seperti kamera pada umum nya yang memerlukan beberapa perlakuan khusus.

Gopro dengan salah satu keunggulan nya yaitu waterproof menjadi primadona dikalangan anak muda, terlebih pada mereka yang menyukai adventure sehingga gopro juga sering dikenal sebagai action camera. Action camera gopro memberikan kita kesempatan kita untuk mendapatkan rekaman ataupun gambar yang sangat bagus pada aktifitas-aktifitas seperti berenang, panjat tebing, berlari, berburu ataupun aktifitas adventure di alam.

Action Camera sendiri merupakan market place yang memang sudah dibidik sejak awal oleh GoPro, inc. selaku perusahaan yang mengeluarkan produk-produk action camera gopro. Pasar action camera sendiri cenderung meningkat setiap tahun nya berdasarkan permintaan pasar, pada tahun 2013 - 2015 sendiri meningkat dari 31 milliar ke 51 milliar. Salah satu strategi yang memikat customer membeli produk dari GoPro, inc. sendiri adalah mereka menggunakan content management strategy, dimana GoPro, inc. memberikan kemudahaan pada pelanggan nya untuk dapat memindahkan material seperti foto ataupun rekaman dari kamera kedalam sebuah sistem atau aplikasi sehingga dapat dengan mudah melakukan editing atau sharing, langkah awal dari strategy yang diterapkan GoPro, inc. ini ialah Gopro Studio dan GoPro App.

Oleh karena itu, strategi spesifik yang digunakan GoPro untuk memberikan peningkatan value bagi konsumen dan yang membedakan dari competitor adalah content management strategy ini, dan ini adalah kunci kesuksesan mereka. Dan tidak lupa pula dengan customer GoPro yang berlatar belakang selebriti, blogger, ataupun bintang-bintang olahraga(atlit olahraga) yang menggunakan teknologi mereka ini. Memang ada beberapa yang menggunakan produk GoPro ini dengan maksud sponsorship namun terdapat juga yang menggunakan dengan kemauan mereka sendiri. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa produk ini memang produk yang keren sehingga banyak selebriti atau atlit olahraga yang menggunakannya atau menjadi sponsornya, tentu GoPro, inc. sangat diuntungkan akan hal tersebut.

Referensi 1
Referensi 2
Referensi 3

Nicholas merupakan seorang penemu GoPro. GoPro lahir akibat tidak adanya alat yang digunnakan untuk merekam aksinya dalam kegiatan travelingnya. Ia kerap memakai kamera 35mm yang diikat ke telapak tangan sebagai media untuk menangkap gambarnya. Namun cara ini tidaklah berlangsung lama karena Nicholas mengalami kesullian dalam hal ini dan camera yang diikatkan sering terlepas. Maka, muncullah dibenaknya bagaimana jika ia membuat sabuk yang melekatkan kamera ke wadahnya.

Kemudian pada tahun 2002, Nicholas membeli kalung kerang di Bali yang dijual kembali di California, dimana Nicholas mendapatkan kalung tersebut seharga $1,9 dan menjualnya lagi seharga $60. Dengan bermodal ini, Nicholas mengembangkan ide usahanya dan kemudian lahirlah startup yang diberi nama GoPro

Awal mula kesuksesanya dimulai pada tahun 2004, selang 2 tahun setelah dia merintis idenya tersebut. Perusahaan asal Jepanglah yang membantunya, mereka memesan sebanyak 100 kamera. Kualitas produk GoPro tidak diragukan kembali, Nicholas sebagai penguji langsung produk GoPro kerap melekatkan GoPronya di mobil dan ngebut. Dari situ produk ini semakin berkembang dan dipercaya kualitasnya.

Perkembangan GoPro secara signifikan dapat dirasakan yaitu GoPro bisa tersambung dengan internet nirkabel, dapat dikontrol menggunakan remot, tahan terhadap air, dan juga dapat merekam suatu objek dengan media penyimpanan SD Card.

Pemasaran GoPro sendiri tidaklah mengandalkan media periklanan. Yang menjadikan GoPro menarik adalah produk GoPro dikenal berukuran kecil, praktis, dan juga kuat, hal ini cocok untuk para penggemar olah raga yang ekstrim.

Penjualan GoPro sejak tahun 2004 teruslah meningkat. Pada tahun 2012 saja, GoPro sudah terjual sebanyak 2.3 juta kamera. Kemudian pada tahun yang sama perusahaan asal Taiwan membeli 8.88 persen sahamnya seharga $200 juta. Dan pada tahun 2013 GoPro mengklaim telah menghasilkan pendapatan saham yang sangat besar yaitu $986 juta, dengan penjualan harga per lembar yaitu $28.65
Dan pada tahun 2014, Nicholas mendapatkan paket unit saham terbatas seharga $284,5 juta. Angka itu membuat Nicholas menyodok ke peringkat satu sebagai pimpinan dengan pendapatan terbesar di perusahaan Amerika.

Referensi

Menurut saya GoPro menjadi sangat populer dan menjadi produk yang luar biasa, karena GoPro merupakan kamera action professional yang user friendly, dapat merekam video beresolusi 4K, dapat di gunakan untuk semua keperluan fotografi maupun videografi. GoPro adalah kamera yang serba guna yang tahan air, tahan debu, tahan guncangan, tahan panas dan dingin. Orang yang menggunakan GoPro adalah petualang, pembalap, olahragawan, dan sebagainya. Dengan mounting yang beragam, GoPro dapat diletakkan di mana saja, di helm sepeda motor, papan luncur, sepeda gunung, dan lain lain.

Banyak produk yang ingin menyaingi GoPro tapi tidak ada yang bisa melampaui bahkan mendekati GoPro. GoPro tidak pernah kompromi akan kualitasnya. Basis user yang luas membuat GoPro sangat populer dan menjadi salah satu produk yang luar biasa.

Mengapa GoPro menjadi sangat terkenal? Menurut saya GoPro adalah inovasi kamera masa kini dikarenakan mudahnya membawa kamera ini kemanapun karena bentukny yang mungil. Selain mudah dibawa pengoperasianya juga mudah, kamera go-pro ini hasilnya bisa langsung kita potret menggunakan smartphone kita tentunya dengan aplikasi tertentu yang menghubungkan smartphone kita ke go-pro ini. Cara menghubungkan nya adalah menggunakan jaringan WiFi, cukup nyalakan wifi kita dan koneksikan Go-Pro ke smartphone kita.

Selain itu, fitur yang ditawarkan pada Go-Pro ini sangatlah mencukupi untuk kamera ukuran mungil tersebut, mulai dari pemfotoan biasa, mode malam, burstshot, juga contiunous photo(mengambil foto berkali-kali dalam satu jepretan). Untuk video fitur yang ditawarkan ada video biasa dan timelapse video dengan berbagai macam settingan yang bisa kamu atur sendiri. Akan tetapi bukan kelebihan seperti di atas yang menyebabkan Go-Pro sangat laris, sekelas Action Camera Xiaomi-Yi pun tidak kalah fiturnya(berdasarkan harga).

Yang menyebabkan Go-Pro laris adalah daya tahan nya yang sangat cocok dibawa untuk berpetualang, Go-Pro mampu bertahan didalam air dalam kedalaman dan durasi tertentu, selain itu Go-Pro anti debu sehingga meminimaliris kerusakan ketika kita bawa saat berpetualang. Selain kamera Go-Pro nya sendiri, aksesoris yang ditawarkan juga beraneka ragam sehingga kamera mungil ini menjadi favorit para petualang.