Apa yang membuat BTS memiliki fandom yang besar di dunia?


Siapa sih yang tidak mengenal BTS. Boygrup asal Korea Selatan ini telah menghipnotis kaum hawa dengan pesonanya. Berawal debut pada 13 Juni 2013 dengan konsep Hiphop, kini BTS telah menjadi aset negara, telah mendunia dengan berbagai konsep dan mendapatkan berbagai tawaran kerjasama dengan produk dunia seperti Louis Vuitton, Filla, Mc.Donnals, Tokopedia, dan produk ternama lainnya dengan alasan BTS banyak menarik perhatian.
A.R.M.Y sebutan fandom BTS ini berada di berbagai belahan dunia yang tak kalah berhati mulia seperti BTS. mereka sering melakukan pengumpulan dana untuk orang yang membutuhkan, ataupun pengumpulan dana untuk merayakan ulang tahun anggota BTS yang nantinya akan di donasikan juga.

Sebenarnya apasih yang membuat mereka BTS memiliki banyak perhatian sehingga menjadi artis dengan fandom terbanyak di dunia a.k.a ARMY? apakah kamu salah satu ARMYBTS?

5 Likes

wah topik yang menarik. aku salah satu ARMY yang udah mengikuti mereka sejak tahun 2016. sebenernya aku multifandom sih, EXO-L Blink engine. tapi BTS ini begitu spesial karena mereka tuh membuat lagu yang benar-benar asik buat didengar pertama kali dan juga sesuai dengan suasana hati. mereka juga sekolompok anak muda yang apa adanya. tak ajarang mereka interview dengan tampang yang cengo karena tidak paham. teori-teori yang terselip di musik video mereka yang selalu buat penasaran. album yang selalu bikin dompetku menipis, tapi aku seneng dan buat aku semangat menjalani hari.
tapi, ARMY ini sering sekali mendapatkan cemooh dibilang alaylah, ini lah,itulah, penyuka plastik dan lainnya. kan orang punya kesukaan yang beragam dan seharusnya tidak boleh dicelah. walaupun sering mendapatkan ejekan, ARMY selalu bertambah setiap saat yang menambah kekuatan fandom ini.
kebanyakan orang bergabung menjadi ARMY saat ini karena pesona mereka di panggung dan juga membuat musik. terutama rapline yang mempunyai pesona mematikan dan menyindir haters dengan elegan. Musik yang mereka berikan kebanyakan memiliki cerita yang menyesuaikan dengan keaadan. seperti permission to dance dengan harapan pandemi ini segera berlalu. N.O sebagai bentuk protes anak-anak yang dipaksa untuk memenuhi keinginan orang tua selalu belajar. dan musik lainnya. Ini lah yang menjadi daya tarik BTS di kalangan fandom.

1 Like

Aku ARMY dan menurut aku, ketulusan mereka yang membuat mereka bisa sukses mendunia sampai sekarang. Mereka berjuang dari awal, tinggal bertujuh di tempat yang sempit hingga dibatasi pola makannya. Mereka selalu terlibat langsung dalam produksi konsep dan musiknya, bahkan saat terendah pun mereka tetap berjuang untuk bangkit dan membuat musik dengan tulus. Dari awal BTS debut, mereka tidak pernah melupakan penggemarnya dan selalu menyempatkan waktu untuk berinteraksi melalui media sosial. Hingga kerja kerasnya terbayarkan seperti sekarang ini pun mereka masih terus menyayangi penggemarnya, karena itu ARMY selalu setia mendukung BTS. Tidak lupa juga dukungan dari agency yang menaungi mereka. Seluruh petinggi dan staff dari agency tersebut selalu mendukung karir musik BTS dari awal, memberikan perhatian dan memperlakukan BTS seperti manusia pada umumnya, bukan sebatas robot pencari uang. Sampai saat ini, range musik BTS makin bervariasi sehingga semua kalangan bisa mendengarkan karyanya dan lirik lagu BTS selalu mengandung makna yang berarti. BTS juga selalu mengajak penggemarnya untuk mencintai dan menghargai diri sendiri. Kerja keras dan ketulusan itu yang menurut aku membuat BTS punya banyak fandom di dunia.

1 Like

Topik ini wajib banget untuk diangkat!

ARMY atau fandomnya BTS ini menurutku adalah fandom yang paling banyak diisi oleh banyak kalangan, dari anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tua. Peningkatan penggemar ini mungkin dipengaruhi oleh BTS yang semakin populer, dengan banyak menjadi brand ambassador, dan musiknya yang semakin terkenal. Hal ini karena BTS merangkul semua kalangan tanpa terkecuali, tidak membeda-bedakan;

Banyak alasan yang menjadi latarbelakagn seseorang menjadi fans BTS, termasuk alasanku yang menurutku sendiri agak unik. Aku mulai mengikuti BTS semenjak melihat thread twitter mengeanai makna tersembunyi dari lagu "Spring Day" , gak lama dari situ aku mulai mengikuti semua lagu nya, aku awalnya cukup kaget dengan budaya “theory” lirik, music video , yang sebelumnya gak pernah aku dapatkan dari penyanyi western maupun lokal.

Beberapa alasan paling kuat yang aku yakini menarik banyak orang untuk menjadi fans BTS adalah mereka menebarkan pengaruh positif melalui lagu, ini hal yang biasa untuk penyanyi kan, tetapi mereka menyampaikannya secara implisit. Lalu, semenjak dari awal, BTS serta perusahaan entertainmennya selalu memperlakukan fans dengan luar biasa, banyak sekali event-event yang diperuntukan khusus untuk ARMY. Terakhir, ketujuh anggota BTS ini bener-bener memiliki talent dalam musik, mereka dari awal memiliki modal yang cukup untuk dilatih dan dikembangkan melalui training, sehingga menurutku kualitas musiknya keren banget, apalagi ketika anggota ikut terlibat dalam pembuatan musik tidak hanya dalam rekaman.

1 Like

Wah topik yang sangat menarik buat saya yang merupakan salah satu fans mereka aka Army :laughing:
Menurut pengamatan saya selama mengikuti mereka, yang membuat BTS memiliki fandom yang besar itu berasal dari kerja keras BTS sendiri pastinya. Dan menurutku BTS merupakan boy group yang “berbeda” dari yang lain. Mengapa?

  1. BTS sangat menginspirasi banyak orang. BTS bisa sampai sebesar saat ini tidaklah gampang. Mereka berasal dari agensi kecil, bahkan dulu sempat di katakan boy group “nugu” (“siapa” dalam bahasa Korea) sangking gak terkenalnya di sana, terus pas jaman debut mereka juga gak jarang dapat hate speech/remehan dari K-Netz, seperti dibilang gabakal sukses lah, gk bertahan lama lah, dsb. Namun mereka gak patah semangat dan terus bekerja keras sampai akhirnya mereka bisa buktiin dan sampai sebesar ini. Sebenarnya masih banyak cerita perjuangan mereka hingga bisa sampai sebesar ini, kalau aku tulis semua entah kapan selesainya :sweat_smile:. Pokoknya perjalanan karir mereka sangat mengharukan deh.
    Dan lagu-lagu mereka juga banyak mengangkat isu-isu yang relate dengan orang banyak saat ini, seperti mental health, self-love, dan ada juga yang berasal dari tragedi kejadian nyata.
    Lalu, mereka juga tergabung dalam kampanye “LOVE MYSELF” yang bekerja sama dengan UNICEF untuk inisiatif yang bertujuan mengakhiri kekerasan terhadap anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Mereka juga sudah beberapa kali berkesempatan berpidato di PBB dari kampanye BTS “LOVE MYSELF” bersama UNICEF. Dengan menyampaikan pesan-pesan positif untuk anak muda di seluruh dunia. Pokoknya mereka positive vibes banget deh!
  2. BTS berani mencoba hal-hal baru. seperti dalam bermusik seperti dalam genre lagu, konsep, koreografi, dsb. Koreo nya yang selalu menarik dan powerful, lagunya yang ear catching. Dan menurutku itu yang membuat mereka berbeda dari group lainnya, juga untuk membuat para fans tidak bosan tentunya.
  3. BTS memiliki teori/cerita dalam tiap karya musiknya. Jadi setiap comeback entah album /single pasti ada makna/arti tersirat. tak jarang Army juga suka menghubungkan/menebak hal-hal yang ada di MV (music video), lirik lagu tsb. Dan kadang itu juga menyambung dengan lagu-lagu BTS di masa depan atau sebelumnya.
  4. BTS punya banyak konten dan produktif banget. Mereka rata-rata dalam setahun bisa comeback 2 kali, tiap minggu ada variety show “RUN BTS”, tidak jarang unggahan video Youtube mereka, dan konten-konten lainnya. Pokoknya mereka gak pernah buat Army kelaperan deh :rofl:

Sepertinya itu saja dariku. Semoga dengan ini, orang-orang jadi terbuka pikirannya dan tidak memandang sebelah mata BTS ya :purple_heart:

1 Like

Setuju dengan pendapat teman teman diatas. Ketulusan mereka pada penggemar mereka yang membuat mereka dapat memiliki fandom yang besar seperti sekarang ini. Selain itu, karya -karya mereka seperti lagu yang dibuat dengan tujuan untuk mulai mencintai diri sendiri dan menghargai kehidupan banyak diminati dan dapat membantu banyak orang dalam melawan penyakit mental yang dialami oleh kebanyakan orang. Tema ‘Love Yourself’ tersebut diangkat dalam campaign mereka bersama United Nation Children’s Fund (UNICEF) untuk melawan kekerasan terhadap anak-anak dan remaja di seluruh dunia, dengan harapan dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui musik. Aku rasa itu salah satu alasan kenapa mereka bertujuh memiliki fandom yang besar karena dengan begitu mereka dapat menarik penggemar-penggemar baru sehingga hal tersebut dapat memperluas fandom mereka. Selain itu, dengan ketulusan mereka kepada penggemar dapat membuat penggemar mereka menjadi loyal sehingga BTS juga tidak mudah untuk kehilangan penggemarnya dan malah memperluas fandomnya

1 Like

Aku bukan ARMY, tapi aku ingin berpendapat disini mengapa BTS memiliki fandom yang besar di dunia. Siapa yang akan menyangkal kepopuleran BTS? Tentu saja tidak akan ada orang yang berani menyangkalnya. Jujur aku NCTzen tapi selama ini aku pun juga selalu menikmati lagu-lagu BTS. Salah satu alasan mengapa BTS memiliki banyak sekali penggemar adalah dengan lagu-lagu yang mereka bawakan. Dari sekian banyak lagu-lagu BTS banyak yang mengandung arti tentang kehidupan, mencintai diri sendiri, dll. Apalagi dengan lagu life goes on yang merupakan salah satu lagu favoritku dari BTS hehe, lagu tersebut sangat cocok untuk didengarkan apabila kita butuh healing. Tidak hanya itu, personel BTS juga sangat talented, banyak loh lagu-lagu yang mereka tulis sendiri meskipun hanya dipublikasikan hanya di SoundCloud dan lagu-lagunya pun tak kalah asiknya dengan lagu-lagu official mereka, anggap saja itu hadiah dari BTS untuk fansnya. Kemudian attitude member BTS pun juga patut diapresiasi, bagaimana cara mereka menyayangi fansnya, bagaimana cara mereka yang terus berjuang padahal mereka hampir saja disband, semua cerita perjuangan BTS tentu saja membuat ARMY terharu sekaligus bangga mengingat BTS saat ini benar-benar dipuncak. Mungkin segini saja opiniku mengenai BTS. To ARMY, you guys did well!<3

1 Like

Jawaban saya mungkin akan sedikit berbeda, fans bts mungkin memang cukup banyak. Namun jika dihitung mungkin dari vote / views video klipnya, jumlah tersebut sedikit dibesar-besarkan karena kebanyakan fansnya begitu bergerilya dalam mendukung idolanya. Sebut saja dengan membuat multiple account sampe puluhan untuk mendukung mereka. Atau mungkin dengan melakukan mass streaming dan spam di kolom komentar supaya views nya naik. Mungkin hal ini bukan hanya dilakukan fans BTS juga sih, tapi hal ini dilakukan fans BTS juga jadi mungkin tidak ada salahnya kalau saya berpendapat seperti ini. Btw saya suka bts plis jangan dihujat :v:

Referensi :
K-Pop Goes Info Ops. How an online army of K-pop boy band… | by @DFRLab | DFRLab | Medium
Major BTS Voting Accounts Have Reportedly Been Suspended On Twitter

1 Like

BTS bisa memiliki fandom yang besar dan terkenal menurut saya karena mereka memperhatikan dari segala sisi, penampilan, musik yang enak didengar, mengangkat isu sosial, dll. Yang mungkin hal ini tidak diterapkan oleh seniman-seniman lain, sehingga membuat BTS menjadi maksimal dalam menjalani pekerjaannya dan bisa mendapatkan fandom yang besar.

Mungkin sebagian dari kita adalah fans dari seniman lain, karena musiknya yang enak, atau hanya sekedar penampilan difilm nya yang keren, dan lain-lain, tapi menurut saya BTS beda, karena penampilan iya oke, musik juga oke, punya citra yang baik yaitu mengangkat isu sosial juga oke, jadi mereka meminimlisir sekali kekurangan yang ada pada seniman. Ada seniman yang musiknya enak citranya baik tapi penampilan kurang oke, nah itu yang menjadi perhatian oleh BTS, mengurangi sisi atau sesempurna mungkin untuk menjadi seniman.

1 Like

Aku sendiri bukan ARMY, tapi aku lumayan suka BTS. Aku gk begitu into boyband/girlband, jadi kalau aku suka, ya sekedar suka aja, gak sampe ngefans. Pertama kali, aku tau BTS dari temen kelas aku ketika SMA, dan juga kebetulan kakak aku suka dan bisa dibilang ngefans sama BTS, jadi aku lumayan tau life journey mereka as a boyband. Menurut aku kenapa BTS memiliki banyak fans, yaitu karena penyanyi sekarang sering kali membuat lagu hanya tentang percintaan atau lagu yang hanya sebatas enak didengar. Namun secara objektif, baik pengikut BTS ataupun bukan, mereka tau bahwa lagu yang BTS ciptakan tidak hanya sebatas lagu. Lagu yang mereka buat selalu penuh dengan pesan positif yang memang ditujukkan kepada pendengar setia mereka dan berharap akan didengar oleh banyak orang agar bisa memberikan impact yang positif.

Dari awal mereka bermusik, mereka banyak mengangkat isu sosial, mental awareness, dan wisdom of life. Jadi tidak heran jika banyak pendengar baru lagu mereka akan dapat mencintai lagu mereka secara langsung karena memiliki pesan positif, sederhana, dan dapat dimengerti.

1 Like

Sebelumnya, aku bukan Army, tapi aku cukup tahu tentang BTS. Selain karena “hallyu-wave” yang semakin menjadi-jadi dari tahun ke tahun, aku pikir, BTS bisa mendunia seperti ini karena musik mereka yang ga terlalu ‘Kpop’, beda dengan grup-grup lain yang waktu debutnya berdekatan dengan mereka saat itu (sekitar 2013). Di awal-awal debut, musik mereka lebih ‘kuat’, bernuansa hiphop yang menurutku cenderung lebih disukai banyak orang di dunia, khususnya masyarakat western (setahuku Army juga emang banyak yang dari negara barat), dan sekarang pun seperti yang kita tau, mereka sudah semakin memperbanyak single berbahasa Inggris dengan nuansa musik yang juga unik dan menarik.

Selain musik yang “ear-catching”, lirik dari lagu-lagu mereka juga sangat bagus menurutku, apalagi kebanyakan dibuat sendiri oleh anggota BTS. Aku sering dengar/baca tentang Army yang bener-bener ngerasa terbantu (dari kerumitan hidupnya) ketika dengar musik BTS dan meresapi lirik-liriknya. Mungkin ini juga menjadi faktor penting kenapa fandom BTS begitu luas dan solid. Terus jangan lupa, visual ketujuh anggotanya juga ga main-main (aka tjakep maksimal wkwk).