Apa yang membuat anak muda lebih memilih Aplikasi Line dibanding WhatsApp?

Pada era ini, aplikasi messenger sangat berperan penting pada kehidupan kita khususnya pada anak muda. Bahkan anak-anak muda lebih banyak menghabiskan waktunya di aplikasi tersebut dibandingkan berkomunikasi secara langsung. Sudah banyak aplikasi-aplikasi messenger yang muncul. Dapat kita ketahui bahwa Line dan WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Namun bagi anak-anak muda, mereka lebih memilih Line dibandingkan WhatApp.

Semakin maju teknologi ini kita semakin mudah untuk melakukan komunikasi antar jarak jauh dengan mudah dan hemat. Bahkan banyak sekali media social yang menyediakan fasilitas kita untuk melakukan komunikasi dengan mudah. Seperti contohnya ada Instagram, Line, WhatsApp, Snapchat, Imessage, dan masih banyak lagi. Namun dari berbagai macam media social tersebut sering terjadi perselisihan antara anak muda dan orang dewasa.

Seperti pada umumnya Line. Banyak dan hampir semua anak muda yang suka menggunakan Line untuk berkomunikasi. Tapi anehnya, anak muda lebih banyak yang memiliki Line dibanding WhatsApp. Memang itu benar terjadi. WhatsApp terkenal dengan digunakan oleh orang-orang yang dewasa atau pekerja sekali pun. Karena di WhatsApp kita bisa membuat group dengan jumlah yang banyak seperti group untuk perusahan atau teman seperkantoran. Jadi mereka bisa lebih mudah dalam membagi informasi. Design dari WhatsApp sendiri seperti SMS, tidak ada tema ataupun sticker yang bisa kita kirim ke kontak kita. Jadi mungkin untuk tampilannya monoton.

Tapi jika dibanding Line, anak muda jaman sekarang suka mengirim berbagai macam bentuk dan jenis sticker di saat melakukan chatting dengan kontaknya. Jadi kita tidak hanya chat berupa kata-kata melainkan dengan sticker pun bisa dengan karakter yang menarik. Line juga menyediakan tema yang bervariasi dan bisa kita beli agar kita tidak merasa jenuh dengan tampilannya. Kita juga bisa mengirim gift berupa tema atau sticker kepada kontak kita. Walaupun memang di Line untuk group tidak bisa memiliki kapasitas anggota lebih seperti di WhatsApp, tapi itu semua tidak membuat anak muda untuk berpaling dari Line.

Seperti yang sudah diketahui aplikasi messenger memiliki banyak kegunaan dan tentunya hal ini sangat membantu dalam menunjang aktifitas berkomunikasi kita dalam kehidupan sehari-harinya. Selain mengirim pesan teks, kita juga dapat mengirimkan gambar, video, pesan suara, file, atau bahkan dapat melakukan panggilan secara gratis dengan koneksi internet saja.

Aplikasi Line yang cukup terkenal di Indonesia diantaranya adalah Line dan Whatsapp. Namun, generasi muda yang berada di Indonesia lebih memilih menggunakan aplikasi Line dibandingkan Whatsapp. Hal ini dikarenakan ada beberapa fitur yang ada pada Line yang tidak ada di Whatsapp yang menurut mereka lebih menarik untuk digunakan. Diantaranya adalah aplikasi Line menjadi populer di Indonesia berkat fitur stiker yang membuat pengalaman chatting menjadi lebih ekspresif sekaligus seru, dan para maskot lucu LINE yang telah melekat di hati para generasi muda. Selain itu, kehadiran LINE Games yang selalu ramai dimainkan pun semakin membuat aplikasi chatting asal Jepang ini digandrungi oleh banyak orang, terutama para gamer.

Selain fitur stiker dan LINE Games, fitur lain yang membuat beberapa pengguna usia muda lebih menyukai Line daripada WhatsApp adalah mode kustomisasi tema. Pengguna bisa memilih tampilan aplikasi Line dengan beragam warna, desain dan juga karakter dari film atau hal lainnya. Tampilan tema ini meliputi gambar latar belakang, ikon dan juga tombol. Sedangkan untuk font tetap hadir secara normal supaya tidak mengganggu konsistensi desain dan mudah dibaca.

Sedangkan aplikasi Whatsapp sendiri cenderung monoton sehingga generasi muda lebih memilih menggunakan aplikasi Line yang lebih menyediakan berbagai macam fitur menarik yang terus diperbaharui oleh pihak Line. Hal ini sesuai dengan target utama dari pihak LINE sendiri bahwa target pengguna dari aplikasi mereka yaitu dari generasi muda.

Pada era ini, aplikasi messenger sangat lah dibutuhkan untuk membantu kegiatan kita sehari-hari. Di Indonesia sendiri, terdapat 2 aplikasi messenger terbesar yaitu Line dan WhatsApp. Namun, bagi anak muda, mereka cenderung lebih memilih Line daripada WhatsApp. Tentu saja hal ini menimbulkan banyak pertanyaan. Padahal, jika kita lihat lebih jauh lagi, WhatsApp merupakan aplikasi messenger yang penggunanya sudah mendunia.

Jika berbicara tentang device untuk menggunakan 2 aplikasi ini, baik Line maupun WhatsApp sama-sama unggul. Kedua aplikasi ini sama-sama bisa digunakan di telepon selular atau digunakan di komputer. Penggunaannya pun tidak dipungut biaya, dengan kata lain yaitu gratis.

Menurut saya pribadi, anak muda lebih memilih Line karena kita tidak harus memiliki kartu SIM untuk menggunakannya. Selain itu, Line memempermudah penggunanya untuk menambahkan teman melalui id Line. Sedangkan WhatsApp harus menggunakan nomort telepon. Menurut saya, Line lebih unggul dalam hal ini. Karena kita lebih mudah menghafalkan id Line dibandingkan nomor telepon.

Selain itu, banyak fitur-fitur Line yang dapat membantu pekerjaan kita, contohnya group call yang memungkinkan kita untuk melakukan panggilan dengan lebih dari 1 orang. Lalu ada Line Vote yang memungkinkan kita untuk melakukan votting. Kemudian ada fitur untuk mengganti tema dan menggunakan stiker berbagai macam bentuk dan gambar untuk memberi kesan yang tidak monoton seperti WhatsApp. Dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, anak muda lebih memilih Line dibanding WhatsApp.