Apa yang membuat algoritma begitu penting bagi komputer untuk mengolah data?

Dapat kita lihat algoritma selalu berkaitan dengan komputer dan tentunya algoritma menjadi sebuah bagian dari komputer dalam mengolah data, Nah pertanyaanya adalah : Apa yang membuat algoritma begitu penting bagi komputer untuk mengolah data?

Apa itu algoritma? Algoritma merupakan prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Maka dapat dikatakan bahwa langkah demi langkah yang andalakukan adalah sebuah algoritma.

Lalu setelah anda tahu pengertian dari algoritma, anda juga perlu tahu apa itu pengolahan data. Pengolahan data atau data processing dapat didefinisikan sebagai manipulasi data ke bentuk yang lebih informatif atau berupa informasi. Informasi merupakan hasil dari kegiatan pengolahan suatu data dalam bentuk tertentu yang lebih berarti dari suatu kegiatan atau suatu peristiwa.

lalu mengapa algoritma begitu melekat pada komputer untuk proses mengolah sebuah data? apa yang membuat algoritma begitu penting untuk komputer saat mengolah kata? Tentu setelah anda memahami apa arti algoritma dan pengolahan data, anda dapat memiliki asumsi mengenai hal tersebut.

Untuk memecahkan sebuah masalah yang sangatlah sulit, diperlukan kemampuan pemikiran yang tinggi dan juga kritis. Maka, algoritma lah yang memberikan jalan untuk manusia dapat berfikir lebih luas dan lebih kritis, dan mengimplementasikan bentuk pemikirannya tersebut sesuai yang diinginkan. Dalam sebuah pengolahan data, tidak serta merta kita dapat mencari sebuah jalan yang tepat dengan pemikiran yang instant dan langkah-langkah yang cepat dan tidak prosedural. Kembali lagi, algoritma lah salah satu jalan untuk memecahkan hal tersebut.

Dapat dikatakan komputer hanyalah salah satu pemroses sebuah data atau dapat disebut sebagai perangkat yang menjalankan perintah dari user. Agar sebuah perintah dapat dijalankan oleh komputer, maka diperlukan algoritma yang dimana berfungsi untuk menentukan dan memecahkan sebuah masalah yang dimana akan dilakukan oleh komputer. Hal tersebut dinamakan program, program dapat dikatakan paduan antara algoritma dan struktur bahasa komputer yang dipadukan menjadi sebuah program.

Dalam suatu program tentunya diharapkan membawa hasil akhir berupa data. Namun, sebelum mendalami mengapa algortima sangatlah penting bagi komputer saat mengolah sebuah data. Anda harus mengetahui terlebih dahulu, beberapa fungsi dari pengolahan data.

Fungsi Pengolahan Data :

  1. Pengolahan data untuk mengambil program dan juga data berupa masukan atau input data.
  2. Pengolahan data untuk menyimpan program data dan menyediakan suatu pemrosesan.
  3. Pengolahan data untuk menjalankan proses aritmatika dan juga logika pada suatu data yang tersimpan.
  4. Pengolahan data untuk menyimpan hasil sampai hasil akhir suatu pengolahan.
  5. Pengolahan data juga bisa berfungsi untuk menampilkan dan juga mencetak data yang sudah tersimpan.

Dengan demikian maka pengolahan data dapat bermanfaat untuk meminimalkan kebutuhan dari tenaga manusia. Hal ini tentu dikarenakan pekerjaan yang sudah dapat dilakukan secara otomatis oleh peralatan dengan bantuan alat seperti komputer. Keuntungan lainnya dalam menggunakan pengolahan data adalah dari kemampuan komputer dalam memproses data yang lebih besar dan akurat serta memiliki kecepatan yang lebih baik dan dapat dilakukan secara otomatis dan juga serentak.

Dilihat dari fungsi pengolahan data diatas anda dapat berfikir sejenak untuk memahami maksud dari fungsi tersebut. Jika fungsi tersebut dikaitkan dengan suatu algoritma, tentunya menjadi suatu hal yang vital. Jika anda tidak memahami algoritma yang anda akan buat itu ditujukan untuk apa, langkah demi langkah yang anda susun menjadi sebuah algoritma itu tidak dipahami secara mendalam, maka hasilnya tentu sangatlah fatal. Dikarenakan pengolahan data memerlukan kompleksitas algoritma yang tinggi dimana manusia sebagai mahluk hidup dapat memikirkan cara yang tepat dan akan di salurkan kepada komputer dan diolah menjadi sebuah data yang diinginkan.

Maka, Algortima merupakan bagian terpenting dikarenakan perilaku yang akan dilakukan oleh komputer dalam mengolah sutau data, ditentukan dari algoritma yang anda susun. Satu kesalahan dalam menentukan algoritma yang tepat tentunya akan mengakibatkan kegiatan mengolah data menjadi berantakan. Langkah awal untuk mengolah data ditentukan oleh algoritma yang disusun oleh anda. Semakin baik dan semakin efisien algoritma yang disusun, maka akan menghasilkan pengolahan data berbanding lurus dengan algoritma yang disusun. Dengan demikian algoritma dapat dikatakan sangat penting bagi komputer untuk mengolah data.

Source :
http://artikel-az.com/pengertian-pengolahan-data/
https://dosenit.com/kuliah-it/sistem-informasi/fungsi-algoritma

Langkah pertama untuk memahami mengapa studi dan pengetahuan tentang algoritma begitu penting adalah mendefinisikan secara tepat apa yang kita maksud dengan sebuah algoritma.

Algoritma adalah prosedur komputasi yang didefinisikan dengan baik yang mengambil beberapa nilai, atau kumpulan nilai, sebagai masukan dan menghasilkanya menjadi beberapa nilai, atau serangkaian nilai sebagai output nya. Dengan kata lain, algoritma seperti sebuah mindmap untuk menyelesaikan tugas tertentu dan terdefinisi dengan baik .

Apa itu Pengolahan Data?
Pengolahan data hanyalah konversi data mentah menjadi informasi yang berarti melalui sebuah proses. Data dimanipulasi untuk menghasilkan hasil yang mengarah pada penyelesaian suatu masalah atau perbaikan situasi yang ada. Serupa dengan proses produksi, mengikuti siklus dimana input (data mentah) diumpankan ke sebuah proses (sistem komputer, perangkat lunak, dll.) Untuk menghasilkan output (informasi dan wawasan).

lalu apa yang membuat algoritma begitu penting untuk pengolahan data komputer,setelah melihat pengertian dari algoritma dan pengolahan data itu sendiri tentu saja kita dapat mendapatkan jawabannya

jawaban singkat nya mengapa kedua hal ini penting,tanpa ada nya algoritma dan struktur data pastinya kita hanya akan menjadi monkey coder

dan ini adalah jawaban panjang nya sebagai salah seorang IT tugas kita adalah

  • mengambil sebuah input
  • memproseskanya
  • mengoutputkan nya kmbali

Agar proses ini efisien, kita perlu mengoptimalkan ketiga langkah tersebut. Seperti yang bisa Anda tebak sendiri, yang paling bisa kita optimalkan adalah langkah ke-2, di mana kita memiliki struktur dan algoritma Data.tanpa adanya algoritma dan struktur data.tsb kita akan kesuliatan dalam melakukan prosesnya,bahkan mungkin bila anda sekalipun seorang genius coder pun akan kesulitan tanpa adanya algoritma nya.sama halnya jika kita tidak memahami algoritma nya suatu program kita pun akan kesulitan saat mengerjakan suatu program atau mengolah data.

Algortima merupakan bagian terpenting dikarenakan perilaku yang akan dilakukan oleh komputer dalam mengolah sutau data, ditentukan dari algoritma yang anda susun. Satu kesalahan dalam menentukan algoritma yang tepat tentunya akan mengakibatkan kegiatan mengolah data menjadi berantakan.

Kita dapat mengatakan bahwa algoritma dan struktur data bagaikan sebuah senjata untuk siswa ilmu komputer. Sebanyak dan sefisien Anda menggunakannya, masa depan Anda akan cerah pastnya. Saya harap Anda mengerti mengapa hal itu penting bagi kami. Terus berlatih dan jangan pernah pupus harapan.enjoy coding :slight_smile:

Sumber :

https://www.topcoder.com/community/data-science/data-science-tutorials/the-importance-of-algorithms/
https://www.quora.com/Why-are-data-structures-and-algorithms-so-important-in-computer-science

image

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah :

  • Pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.

  • Pertimbangan kedua yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut.

  • Ketiga adalah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut.

Deksripsi secara menyeluruh tentang algoritma pada ilmu komputer adalah logika yang ditulis pada perangkat lunak. Algoritma ditulis untuk membuat komputer menjadi alat yang mampu menghasilkan keluaran yang sama dari masukan yang sudah dicantumkan pada perangkat. Algoritma juga bisa diartikan sebagai prosedur yang berupa langkah demi langkah. Algoritma sering digunakan untuk perhitungan, penalaran secara otomatis dan juga pemrosesan data.

Algoritma menjadi satu bagian penting dalam komputer dimana algoritma sangat dibutuhkan untuk menjadi satu pengolah data yang ada pada komputer. Secara mudahnya, Fungsi algoritma bisa dikatakan untuk membuat software ataupun perangkat menjadi lebih bagus dan bisa berfungsi dengan lebih maksimal.

Algoritma sangat penting bagi cara komputer mengolah data. Banyak program komputer mengandung algoritma dan memberikan rincian pada instruksi apa yang komputer harus lakukan (dengan urutan tertentu) untuk menjalankan pekerjaan tertentu, seperti menghitung gaji karyawan atau mencetak kartu rapor siswa. Maka, sebuah algoritme bisa dianggap sebagai urutan operasi yang bisa disimulasikan oleh sebuah sistem.

Biasanya, bila sebuah algoritma dihubungkan dengan pengolahan informasi, data dibaca dari sumber masukan, ditulis ke perangkat keluaran, dan disimpan untuk pengolahan selanjutnya. Data simpanan dianggap sebagai bagian dari keadaan internal dari entitas yang melakukan algoritma. Pada praktiknya, keadaan tersebut disimpan pada satu atau lebih struktur data.

Untuk beberapa proses komputasi, algoritma harus ditentukan secara teliti. Dijabarkan dengan cara dan berlaku untuk semua kemungkinan yang dapat timbul. Yaitu, setiap langkah tambahan harus secara sistematis. Karena sebuah algoritma adalah kumpulan dari langkah-langkah yang tepat, urutan dari komputasi selalu penting bagi berfungsinya algoritma.

Ada berbagai alasan kenapa fungsi alogritma sangat dibutuhkan pada komputer, berikut alasan mengapa penggunaan fungsi alogirtma sangat penting :

  1. Menggunakan fungsi algoritma bisa digunakan untuk memecahkan program yang rumit.
  2. Menggunakan fungsi algoritma bisa menjadikan program yang besar menjadi program yang lebih sederhana.
  3. Fungsi algoritma bisa digunakan secara berulang atau lebih dari satu kali penggunaan.
  4. Memudahkan dalam pembuatan program.
  5. Bisa mengatasi segala masalah dengan logika dan urut.
  6. Menggunakan fungsi algoritma bisa melakukan pendekatan top-down dan juga divide and conquer.
  7. Meminimalisir penulisan program yang berulang – ulang.
  8. Program yang ada menjadi lebih terstuktur dengan rapi sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami ataupun dikembangkan.
  9. Ketika terjadi kesalahan bisa dicari dengan mudah karena dengan fungsi algoritma bisa mendapatkan alur yang jelas.
  10. Ketika ingin melakukan modifikasi pada program bisa dilakukan hanya pada satu
    modul saja tanpa harus merubah dan menganggu modul yang lain.

Sumber :