Apa yang membedakan universitas negeri dan swasta?


Universitas negeri dan swasta sering dibanding-bandingkan lalu apa yang membedaka universitas negeri dan swasta?

Menentukan pilihan untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) adalah sebuah permasalahan yang tengah dialami oleh seorang siswa SMA menjelang kelulusan maupun yang sudah lulus.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perguruan tinggi yang kita pilih nantinya juga dapat menunjang pendidikan serta karir kita kedepannya, yuk simak perbedaan PTN dan PTS dibawah ini :

Pengelola
Perbedaan yang paling mencolok antara PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dengan PTS (Perguruan Tinggi Swasta) adalah, jika PTN dimiliki dan dikelola oleh negara sedangkan PTS adalah kampus yang dikelola dan dimiliki oleh yayasan.

Pendaftaran Masuk
Alur pendaftaran dan penyelenggaran ujian masuk PTN diatur dan dinaungi oleh pemerintah sendiri. Kamu akan bersaing bersama siswa dari seluruh Indonesia untuk mendapatkan jurusan yang kamu inginkan.

Terdapat tiga jalur masuk PTN, yaitu :

  • Pertama, melalui jalur undangan atau SNMPTN, di mana universitas akan menyeleksi berdasarkan nilai rapor semester 1-5.

  • Kedua, melalui ujian secara nasional atau SBMPTN , di mana universitas akan menyeleksi berdasarkan nilai hasil ujian UTBK.

  • Ketiga, adalah jalur ujian mandiri yang biasanya diselenggarakan sendiri oleh universitas. Nilai dapat berdasarkan hasil ujian mandiri atau berdasarkan nilai ujian UTBK. Kebijakan ujian mandiri berdasarkan kebijakan masing-masing PTN, pastikan untuk tetap mengikuti informasi resmi ujian mandiri di masing-masing universitas yang dituju.

Sedangkan, alur pendaftaran masuk PTS tidak serumit alur pendaftaran PTN.

  • Kebanyakan PTS menerapkan ujian masuk menjadi beberapa gelombang, sesuai dengan kebijakan yang telah ditentukan oleh masing-masing universitas. Daya saing ujian masuk PTS juga terbilang lebih longgar dan tidak seketat PTN, karenanya kesempatan untuk lolos ujian masuk PTS akan lebih besar dibanding PTN.

  • Biasanya, PTS juga menerapkan beberapa tahap seleksi untuk menyaring calon mahasiswa terbaik untuk masuk ke PTS, seperti ujian psikotes, TOEFL, dan kemampuan dasar lainnya. Dengan begitu, kalian harus tetap mempersiapkan ujian mandiri dengan matang meskipun daya saing PTS tidak seketat PTN.

  • PTS juga memiliki seleksi masuk jalur prestasi yang bisa kamu manfaatkan untuk masuk PTS tanpa mengikuti ujian mandiri.

Fasilitas
Fasilitas yang disediakan oleh PTN biasanya bisa terbilang lengkap. Fasilitas seperti wifi, AC, mushola, perpustakaan, ruang terbuka untuk belajar pasti akan selalu ada di PTN.

Namun bukan berarti PTS tidak memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya di PTS unggulan memiliki fasilitas lebih baik dan lebih lengkap dibanding PTN untuk mendukung mahasiswa dalam belajar atau digunakan untuk pengembangan ilmu dan jurusan.

Biaya Kuliah
Perguruan tinggi negeri memberlakukan biaya kuliah tunggal yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Perguruan Tinggi Negeri.

Isi dari peraturan BKT dan UKT menyatakan bahwa BKT merupakan seluruh dari biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi universitas negeri. Lalu untuk UKT disusun berdasarkan beberapa golongan untuk menyesuaikan keadaan ekonomi dari pihak sebagai penyandang dana mahasiswa.

Kesimpulannya, PTN akan menetapkan UKT berdasarkan kemampuan ekonomi per mahasiswa dan mahasiswa tidak akan dibebankan biaya apapun di luar UKT yang telah ditentukan di awal. Namun, peraturan ini hanya berlaku pada mahasiswa yang masuk PTN melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN saja (jalur reguler).

Sebaliknya, biaya kuliah di PTS tergantung pada kebijakan masing-masing PTS. Secara umum komponen biaya pendidikan PTS terbagi menjadi biaya pendaftaran, biaya registrasi ulang, biaya SPP per semester, uang sumbangan institusi, biaya UTS dan UAS, biaya praktik lapangan, dan biaya lainnya tergantung dengan kebijakan masing-masing PTS.

Prospek Kerja Lulusan
Lulusan dari universitas negeri atau swasta sama-sama tidak akan menjamin lebih mudah untuk mendapat pekerjaan. Di dunia kerja, kamu akan dipandang dari kemampuan hard skill atau soft skill yang kamu punya untuk menunjang pekerjaanmu nanti.

Maka dari itu, tidak usah khawatir jika kamu berasal dari universitas swasta atau negeri karena yang menentukan kamu cepat mendapat pekerjaan adalah usahamu sendiri.

Setelah membaca perbedaan PTN dan PTS, pasti kamu tidak akan bingung lagi dong untuk memiliki perguruan tinggi yang mana.

Perlu diingat, kesuksesan kamu bukan ditentukan dari universitas mana kamu berasal namun melalui kerja keras dan keinginan yang kuat untuk selalu belajar yang membawa kamu kepada kesuksesan.