Apa yang membedakan antara GSM dan CDMA?


(Andika Sujar Adi Saputra) #1

di dunia alat telekomunikasi pasti tidak asing dengan istilah GSM dan CDMA. kedua itu berkaitan dengan jaringan. apa yang membedakan antara GSM dan CDMA?


(Fakhri Wajih H) #2

GSM itu jaringan komunikasi yang dapat bekerja dengan mengirimkan data pada sebuah slot waktu tertentu . kemudian membentuk jalur untuk setiap sambungan yang ada di timeslot atu rentang paket waktu yang sangat cepat . Metode yang digunakan adalah Time Division Multiple Acces . Metode ini menggunakan waktu sebagai sebuah perantara untuk akses .

CDMA itu sebuah cara komunikasi yang mengirimkan data dengan bentuk kode yang unik . kode ini yang nantinya akan melakukan pengturan pada paket data yang akan dikirim . jika ingin melakukan sebuah koneksi , maka kode ini akan membuat akses yang berbeda untuk setiap orang sehingga pengguna bebas berkomunikasi .


(Meriza Nadhira Atika Surya) #3

GSM:

  1. GSM memiliki secara umum kemampuan roaming sehingga dapat digunakan di mana saja selama masih berada di wilayah Indonesia.
  2. Jenis suara yang dihasilkan saat terjadi koneksi lebih jernih
  3. Sistem keamanan mudah bocor
  4. Tarif jaringan GSM lebih mahal

CDMA:

  1. CDMA tidak selalu bisa digunakan secara bebas di area manapun. Karena pengguna akan dikenakan biaya tambahan biaya roaming saat menggunakan jaringan CDMA.
  2. Suara yang dihasilkan saat terjadi koneksi kurang jernih
  3. Sistem keamanan lebih baik daripada GSM
  4. Tarif jaringan CDMA lebih terjangkau