Apa yang membedakan algoritma dengan program?

Dalam pembelajaran , terutama bagi pelajar jurusan IT atau komputer , diwajibkan mengenal algoritma dan program. Lantas apa yang membedakan antara menyusun alogritma dengan membuat program?

Sama seperti seorang engineer yang ingin membangun rumah , ia butuh perencaan terlebih dahulu , seperti mengecek kondisi tanah , memilih material apa yang akan digunakan, serta seperti apa desain bangunan yang akan dibangung. Setelah direncanakan maka perlu dibangun fondasi terlebih dahulu. Sebuah rumah tidak dapat berdiri dengan baik tanpa adanya fondasi.

Bisa dimisalkan bahwa program adalah rumah , dan algoritma adalah fondasi fondasi nya atau material-material yang menyusun rumah tersebut. Bukan hanya dalam membangun rumah saja, namun hal ini berlaku umum bagi berbagai jeni pekerjaan. Sebuah product tidak akan berhasil tanpa ada desain produk sebelum produksinya.

Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula bahwa :

Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)

Bagaimanapun juga struktur data dan algoritma berhubungan sangat erat pada sebuah program. Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, demikian juga sebaliknya.

sumber : https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-algorithms-and-programming

Program adalah kumpulan pernyataan komputer

  • Realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman
  • Ditulis menggunakan bahasa pemrograman
  • Program tersusun atas sederetan instruksi yang dikerjakan komputer
  • Suatu implementasi dari bahasa pemrograman

Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam program.

  • Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual supaya dapat dilaksanakan oleh komputer
  • Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun
  • Dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman
  • Output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama

Dalam perbedaan program dengan algoritma, kita dapat mengambil suatu contoh yang kecil dalam kehidupan sehari-hari:

Seorang chef, menggunakan resep-resep awal sebelum membuat makanannya. Ia membuat resep tersebut dengan ilmunya dalam memasak. Seorang chef harus membeli bumbu terlebih dahulu, meraciknya, memperkirakan rasanya, dll.Baru setelah itu ia mulai memasak. Hal yang digunakan sebelum memulai memasak merupakan hal yang sama dengan algoritma, algoritma merupakan cara-cara sebelum melakukan sebuah usaha yang dilakukan untuk mengurutkan sebelum adanya proses “memasak” tersebut.

Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, artinya penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya

Sedangkan pemrograman itu sendiri merupakan proses memasaknya itu sendiri, bagaimana ia memasak dan menyajikannya kepada seorang customer.

Sumber:

Algoritma merupakan sebuah langkah-langkah atau proses dari pemecahan sebuah masalah yang telah ditetapkan.

Sedangkan, program itu sendiri merupakan sebuah hasil dari instruksi tertulis yang dibuat oleh para programmer atau suatu bagian executable dari suatu software.

Tentu hal tersebut merupakan dua hal yang berbeda. Bisa dilihat dari artinya, memang sama-sama sebuah instruksi, tetapi algoritma lebih mencakup banyak hal dan bersifat umum sedangkan program memiliki arti yang lebih spesifik.

Kedua hal tersebut memiliki keterkaitan. Pada pembuatan sebuah program, kita akan membuat abstraksinya terlebih dahulu pada pseudocode dan flowchart, lalu membuat programnya melalu source code. Dan algoritma akan berperan banyak pada setiap tahap tahap pembuatan program.

Algoritma merupakan metode dan tahapan sistematis dalam menyusun sebuah program. Artinya, sebelum membuat program, kita harus menyusun algoritma terlebih dahulu. Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman manapun.

Program sendiri merupakan kumpulan pernyataan komputer. Program merupakan realisasi dari sebuah algoritma yang ditulis ke dalam bahasa pemrograman tertentu.

Hal ini berarti, algortima sangat berbeda dengan program, karena algoritma merupakan dasar dari sebuah program.

Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual supaya dapat dilaksanakan oleh komputer, Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman, Output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama. Program adalah kumpulan pernyataan komputer, realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman, ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman, program tersusun atas sederetan instruksi yang dikerjakan komputer, suatu implementasi dari bahasa pemrograman.

Program adalah kumpulan pernyataan komputer

  • Realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman
  • Ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman
  • Program tersusun atas sederetan instruksi yang dikerjakan komputer
  • Suatu implementasi dari bahasa pemrograman

Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam program.

  • Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual supaya dapat dilaksanakan oleh komputer
  • Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun
  • Dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman
  • Output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama

yang membedakannya adalah cara pengerjaan dan pengertian dari pemakaian codenya