Apa yang mejadi penyebab atau pemicu penyakit leukimia?


Leukimia merupakan kanker yang menyerang sel darah dan sumsum tulang belakang, atau dikenal dengan kanker darah. Leukimia memengaruhi produksi dan fungsi leukosit atau sel darah putih. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab munculnya penyakit leukimia?

Penyebab dan Faktor Leukimia
Penyebab dasar kanker darah belum diketahui secara pasti. Namun, diduga mutasi DNA dalam sel darah putih menyebebakan perubahan tindakan setiap sel, Selain itu, perubahan lain dalam sel darah putih akibat faktor gen dan lingkungan juga diperkirakan turut berperan memicu leukemia.
Faktor-faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko kanker darah meliputi :

1. Faktor keturunan atau genetika.
Penderita down syndrome atau gangguan genetika lain yang langka meningkatkan risiko mengalami leukemia akut. Sedangkan leukemia limfatik kronis sering diturunkan dalam keluarga dan biasanya dialami pria. Selain itu, riwayat keluarga yang mengidap leukemia juga dapat memperbesar risiko mengalami penyakit yang sama.

2. Pernah menjalani pengobatan kanker.
Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu kanker darah.

3. Pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu.
Misalnya orang yang pernah terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaktor nuklir atau mengalami pajanan zat kimia seperti benzena.

4. Merokok.
Rokok tidak hanya akan meningkatkan risiko kanker darah (terutama leukemia mielogen akut), tapi juga berbagai penyakit lain.

Meskipun begitu, sebagian besar orang dengan risiko tinggi di atas tidak mengalami leukemia. Di sisi lain, penderita leukemia sering kali ditemukan justru pada orang yang tidak memiliki risiko tersebut.

Sumber : Leukimia