Apa yang kamu tau tentang Wisata Tetebatu Lombok ?

image

Apa yang kamu tau tentang Wisata Tetebatu Lombok ?

image

Tetebatu merupakan sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Rinjani, sekitar 2 km di luar batas Taman Nasional Gn. Rinjani. Dengan ketinggan sekitar 500 m di atas permukaan laut, Tetebatu memiliki udara sejuk serta bentang alam pegunungan yang indah. Di tempat ini seolah anda dapat menikmati kehidupan asli pedesaan tradisional Lombok, jauh dari hiruk pikuk kota selayaknya terdapat di sepanjang Senggigi.

Selain pemandangan alam desa yang indah memukau, Tetebatu terkenal juga sebagai pusat kebudayaan tradisonal masyarakat asli Lombok, di sini anda dengan mudah mendapati berbagai macam kerajinan tangan khas suku Sasak, suku asli pulau Lombok. Selain itu lokasi Tetebatu tepat bersebelahan dengan Kotaraja yang terkenal sebagai pusat pertunjukan seni Perisean, yaitu pertarungan khas suku Sasak dengan menggunakan tongkat rotan dan tameng dari kulit hewan.

Untuk mencapai Tetebatu akan cukup sulit jika menggunakan kendaraan umum. Terminal terdekat ialah Pomotong yang berjarak sekitar 12 Km dari desa ini. Dari Pomotong perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan bemo ke Kotaraja, selanjutnya menggunakan kendaraan khas lombok Cidomo menuju Tetebatu.

Untuk anda yang ingin mencapai Tetebatu dengan lebih mudah, bisa menggunakan Taxi dengan tarif sekitar Rp. 300.000 - Rp. 500.000 dari daerah Senggigi, cukup mahal. Alternatif lain cobalah untuk mencari travel / shuttle bus yang akan mengantarkan anda langsung ke Tetebatu dengan biaya lebih murah, namun biasanya layanan ini hanya tersedia ketika musim liburan, disediakan oleh perusahaan penyedia jasa wisata yang banyak terdapat di sepanjang jalan di Senggigi.

Untuk meng-eksplorasi keindahan alam dan budaya Tetebatu anda bisa menyewa sepeda dengan tarif sekitar Rp. 25.000 per hari, atau sepeda motor dengan tarif sekitar Rp. 70.000 / hari. Beberapa tempat menarik yang dapat anda kunjungi antaralain Air Terjun Jukut, Taman Wisata Tetebatu dan melihat pertunjukan perisean di Kotaraja. Tidak ada mesin ATM maupun Bank di Tetebatu, pastikan anda membawa cukup uang cash sebelum mengunjungi tempat ini.

image