Apa yang kamu tau tentang War Remnant Museum ?

image

Apa yang kamu tau tentang War Remnant Museum ?

image

War Remnant Museum merupakan tempat wisata kedua yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Ho Chi Minh City (HCMC), Vietnam. Museum ini berisikan berbagai macam koleksi peninggalan selama Perang Vietnam dan juga beberapa koleksi peninggalan Perang Indo-China I, yang mana ketika itu Vietnam berhadapan dengan colonial Perancis.

Museum ini terletak di 28 Vo Van Tanh Street, District 3, Ho Chi Minh City (HCMC). Adapun barang-barang yang dipamerkan di museum ini, antara lain perlengkapan perang Amerika (jet, helikopter, tank), dokumentasi kekejaman dan penyiksaan yang terjadi selama perang, serta beberapa karya seni (artwork) yang menyerukan anti peperangan.

Museum ini dapat Anda kunjungi setiap harinya mulai dari pukul 07.30-17.00 waktu setempat. Dalam bahasa Vietnam, museum ini juga disebut dengan nama Bao Tang Chung Tich Chien Tranh. Kawasan museum ini terbagi menjadi ruang-ruang dengan tema-tema tertentu. Sedangkan untuk alat-alat militernya sendiri diletakkan di halaman museum. Salah satu contohnya ialah helikopter UH-1 dan tank M-48 Patton dan juga berbagai jenis bom atom serta rudal.

Dokumentasi tentang kejejam dan penyiksaan para tahanan perang dapat Anda nikmati di lantai 2. Yang mana, selain dokumentasi-dokumentasi tersebut Anda juga bisa menjumpai beberapa bangunan yang merupakan miniature atau replica dari tiger cage. Tiger cage merupakan bangunan yang meniru kandang harimau untuk para tahanan perang yang dibuat oleh pemerintah Vietnam.

Ada juga beberapa boneka tahanan, peralatan yang digunakan ketika melakukan penyiksaan, serta pisau pancung guillotine yang disebelahnya juga dilengkapi dengan tempat seperti keranjang untuk jenazah yang telah dieksekusi.

Alat pemenggal tersebut digunakan oleh Perancis dan Vietnam pada sekitaran tahun 1960-an. Meskipun tampak mengerikan dan seram, namun hal-hal tersebut tetap merupakan sebuah bukti nyata peninggalan perang yang memiliki nilai sejarah tinggi. Sedemikian sehingga tidak menciutkan para wisatawan untuk datang berkunjung, justru sebaliknya menjadi sebuah pelajaran agar perang yang serupa tidak terulang kembali.