Apa yang kamu tau tentang Sepur Kluthuk Jaladara ?

image

Apa yang kamu tau tentang Sepur Kluthuk Jaladara ?

image

Sepur Kluthuk Jaladara adalah salah satu rangkaian kereta api tua yang masih beroperasi sampai saat ini, yakni sebagai kereta wisata di kota Solo. Perjalanan kereta ini dimulai dari Stasiun Purwosari, melewati satu dari sedikit jalur kereta yang berada di tengah kota yakni sepanjang jalan Slamet Riyadi dengan jarak sekitar 6 Km. Dalam perjalanan tersebut anda akan melihat beberapa daya tarik wisata kota Solo antara lain Rumah Dinas Walikota Surakarta, wisata batik dan Stasiun Solo Kota. Selain itu selama perjalanan anda akan disuguhi makanan tradisional, jamu tradisional, pertunjukan musik tradisional serta hiburan lainnya, semua itu sudah ada dalam satu paket wisata kereta kluthuk Jaladara kota Solo.

Sepur Klutuk Jaladara adalah sebuah kereta tua yang masih terawat dengan baik. Lokomotif kereta uap Djaladara ialah dari jenis C12 dengan nomor register C1218. Sebelum digunakan di kota Solo, kereta ini berada di museum Ambarawa. Atas inisiatif walikota Solo Joko Widodo atau Jokowi, bekerjasama dengan Perum Kereta Api, kereta ini didatangkan ke kota Solo dan dijadikan sebagai kereta wisata.

Sepur Kluthuk Jaladara beroprasi pada hari sabtu dan minggu dengan tarif Rp.150.000 - Rp.200.000 / orang. Kereta ini juga bisa disewa dengan biaya Rp. 3.250.000.