Apa yang kamu tau tentang Saigon Central Post Office

image

Apa yang kamu tau tentang Saigon Central Post Office ?

image

Saigon Central Post Office merupakan tempat wisata keempat yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Ho Chi Minh City (HCMC), Vietnam. Bangunan ini merupakan peninggalan sejarah yang dibangun pada akhir abad ke-19, di mana pada saat itu Vietnam masih menjadi bagian dari French Indo-China.

Central Post Office ini terletak di pusat kota Saigon dan berdekatan dengan Saigon Notre-Dame Basilica. Hal yang bisa Anda jumpai apabila berkunjung ke tempat ini ialah dua buah lukisan besar yang sudah tidak asing lagi bagi orang Vietnam, khususnya penduduk Saigon, yaitu lukisan peta Vietnam Selatan dan Kamboja dengan judul Lignes telegraphiques du Sud Vietnam et Cambodge 1892 (Telegraphic lines of Southern Vietnam and Cambodia 1892) dan lukisan peta kota Saigon dengan judul Saigon et ses environs 1892 (Sai Gon and its environment 1892). Fungsi utamanya pun sama dengan kantor pos pada umumnya, yaitu untuk mengirim surat dan berbagai barang-barang atau paket.

Gedung ini dirancang dengan gaya Gothic oleh Gustave Eiffel, yang juga merupakan arsitek terkenal perancang Menara Eiffel di Paris, Perancis. Kantor pos ini masih berfungsi sampai sekarang, di mana begitu Anda masuk ke dalam gedung ini akan langsung disuguhkan dengan lukisan Ho Chi Minh yang terpampang di tengah dinding bagian dalam bangunan. Di samping itu, ada juga toko yang menjual berbagai macam cendera mata, money charger, dan barang-barang khas Vietnam dan Saigon lainnya yang unik.