Apa yang kamu ketahui tentang wisata Candi Jiwa?

Candi Jiwa

Apa yang kamu ketahui tentang wisata Candi Jiwa ?

Candi Jiwa merupakan bagian dari salah satu situs purbakala di Karawang yaitu Situs Batujaya. Luas situs Batujaya sendiri diperkirakan sekitar 5 km dan berlokasi di tengah area persawahan, pemukiman penduduk, dan tidak jauh dari daerah Pesisir Utara Karawang.

Candi Jiwa merupakan gundukan tanah yang berbentuk oval setinggi 4 meter. Bangunan candi sendiri berukuran 19 x 19 meter dengan permukaan berupa susunan bata yang melingkar. Diameter bata tersebut sekitar 6 meter dan diduga sebagai susunan stupa.

Berbeda dengan kebanyakan candi, Candi Jiwa dibangun menggunakan susunan batu bata. Berbeda dengan batu bata zaman sekarang, dulu batu bata dibuat melalui pembakaran langsung. Inilah alasannya kenapa batu bata purbakala berwarna lebih gelap dari batu modern.

Selain sebagai tempat wisata di Karawang yang cocok bagi para pecinta sejarah, umat Buddha juga sering melakukan ritual keagamaan di Candi Jiwa. Saat melakukan ritual, mereka akan mengelilingi candi searah jarum jam. Untuk berkunjung ke tempat wisata di Karawang ini, Anda bisa menggunakan rute arah Rengasdengklok. Jika berangkat dari Jakarta, wisatawan akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke tempat wisata unik ini.