Apa yang kamu ketahui tentang Tari Yapong?

Dewasa kini, kita tahu bahwasanya banyak tari yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah tari Yapong, yang mejadi tarian hiburan dari masyarakat Betawi di Jakarta.

Lalu, apa pembahasan lanjut mengenai Tari Yapong tersebut?

Tari Yapong merupakan tarian jenis kontemporer yang melambangkan suka cita dan pergaulan masyarakat. Tarian ini sering di pentaskan di berbagai acara atau pesta rakyat di kota Jakarta.

Nama Tari Yapong di ambil dari lagu yang mengiring penari berbunyi “ya…ya…ya” dan suara musik pengiring yang terdengar “pong…pong…pong”. Tarian ini di anggap masyarakat merupakan tarian yang menarik, sehingga di jadikan tarian lepas dan di kenal sebagai Tari Yapong.

Gerakan dalam Tari Yapong sangat bervariatif, dengan bertumpu pada gerakan kaki, tangan dan pinggul. Penari menari dengan ekspresi gembira dengan memainkan tangan dan kaki secara bergantian, dan pinggul yang mengikuti gerakan tersebut. Tari Yapong ini di iringi oleh iringan music tradisional Betawi seperti rebana biang, rebana hadroh dan rebana ketempring. Namun seiring dengan perkembangannya, Tari Yapong juga di iringi oleh alat music gamelan yang menghasilkan irama yang bersemangat, sehingga sesuai dengan gerakan dari Tari Yapong.