Apa yang kamu ketahui tentang Tari Rejang?

Halo sobat! Tahu kan, bahwasanya banyak tari tradisional yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah tari Rejang, yang merupakan tarian tradisional dari Bali.

Lalu, apa pembahasan lanjut mengenai Tari Rejang tersebut?

Tarian rejang ini secara khusus ditampilkan pada waktu berlangsungnya suatu upacara adat atau keagamaan masyarakat Hindu di Bali. Tarian ini dipercaya memiliki nilai-nilai penting di dalamnya khususnya makna spiritual, sehingga juga dipercaya sebagai tarian yang suci dan dilakukan dengan penuh rasa pengabdian. Tarian ini berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur dan penghormatan mereka kepada dewa atas berkenannya turun ke Bumi.

Tari Rejang biasanya ditarikan oleh sejumlah penari wanita secara berkelompok maupun secara masal. Dapat dilakukan oleh siapa saja baik wanita tua, setengah baya, maupun muda yang sudah didaulat atau disucikan sebelum menarikan tarian ini. Dan terdapat Pemaret atau orang yang berpengalaman berada di barisan paling depan agar para penari pemula bisa mengikuti gerakannya.

Dalam pertunjukannya, Tari Rejang biasanya diiringi dengan musik gamelan khas Bali. Musik gamelan tersebut pada umumnya adalah gong kebyar, namun ada beberapa yang memakan gamelan lain seperti gamelan selonding atau gamelan gambang. Selain itu dalam pertunjukan Tari Rejang ada pula yang diiringi vokal seperti tembang atau kidung.