Apa yang kamu ketahui tentang Tari Lengger?

Halo sobat! Kalian tahu kan kalau sudah banyak tari tradisional yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Tari Lengger, yang mejadi tarian tradisional dari Jawa Tengah.

Lalu, apa pembahasan lanjut mengenai Tari Lengger tersebut?

Tari Lengger dimainkan oleh seorang laki - laki dan seorang perempuan. Tarian ini merupakan pengembangan dari tarian sebelumnya yaitu tari Tayub. Tarian ini dulunya dianggap negatif karena gerakan dan adegan dalam tarian ini dianggap mengundang birahi. Selain itu juga tidak jarang para penonton yang ikut menari sambil mabuk. Namun, tarian ini telah berhasil di ubah oleh Sunan Kalijaga dan menjadikan tarian ini sebagai sarana dakwah dan disisipkan ajaran untuk selalu mengingat Tuhan.

Dalam tarian ini terdapat beberapa babak, setiap babak biasanya dimainkan dalam waktu 10 menit. Untuk kostum, para penari wanita biasanya menggunakan baju tradisional(kemben, kain jarit, mahkota) dengan selendang yang di gunakan untuk menari dan penari laki - laki tampil dengan menggunakan topeng, baju panjang atau rompi, celana setinggi lutut, kai jahit sepanjang paha, ikat kepala. Biasanya di iringi musik seperti gambang, calung, saron, kendang, gong dan lain – lain.