Apa yang kamu ketahui tentang Tari Ketuk Tilu?

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya banyak tari tradisional yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah tari Ketuk Tilu, yang merupakan tarian tradisional dari Jawa Barat

Lalu, apa pembahasan lanjut mengenai Tari Ketuk Tilu tersebut?

Tari Ketuk Tilu ini sering di tampilkan pada acara seperti pesta perkawinan, hiburan penutup acara dan lain – lain. Tarian ini ialah cikal bakal dari tari jaipong yang sangat terkenal di Jawa Barat.
Gerakan dalam tarian ini adalah gerakan seperti goyang, pencak, muncid, gitek dan geol. Dalam Tari Ketuk Tilu, gerakan tersebut memiliki nama sendiri seperti depok, bajing luncat, oray orayan, lengkah opat, ban karet dan lain lain.

Pada pertunjukannya, biasanya di awali dengan alunan music dan lagu pengiring untuk mengumpulkan para penonton. Kemudian para penari memasuki panggung dengan gerak jajangkungan dan dilanjutkan dengan gerak wawayangan yaitu saat penari sambil menari dan menyanyi. Setelah itu penari primadona muncul dan menari, dan di lanjutkan dengan ngibing tunggal atau ibing jago dengan iringan 3 lagu di antaranya Cikeruhan , Cijagran, dan mamang. Kemudian para penari mengajak para penonton untuk menari berpasangan.

Lagu wajib yang harus di bawakan dalam pertunjukan adalah kidung dan erang. Kemudian lagu lain yang di bawakan biasanya seperti tunggul kawung, sorong, kaji kaji, naek geboy, kembang beureum, sonteng dan lain – lain. Lirik lagu yang di bawakan berbentuk pantun dengan tema tentang asmara dan kegembiraan. Instrument music pengiring yang di gunakan diantaranya adalah rebab, gong, kempul, kecrek, kendang besar dan kulanter.