Apa yang kamu ketahui tentang Tari Dolalak?

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya banyak tari tradisional yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah tari Dolalak, yang merupakan tarian tradisional dari Jawa Tengah

Lalu, apa pembahasan lanjut mengenai Tari Dolalak tersebut?

Tari Dolalak adalah tarian tradisional peninggalan pada jaman Belanda yang di mainkan oleh beberapa penari pria atau wanita dengan seragam prajurit. Menjadi salah satu tarian tradisional khas Purworejo, Jawa tengah. Menurut sejarahnya, Tari Dolalak terinspirasi dari perilaku serdadu Belanda pada saat beristirahat di camp peristirahatan mereka. Tarian ini awalnya hanya di pentaskan pada acara tertentu seperti syukuran, sunatan, dan hajatan. Tari Dolalak biasanya di pentaskan pada malam hari semalam suntuk untuk memeriahkan acara.

Seiring dengan perkembangan jaman, Tari Dolalak telah dimodifikasi ini agar lebih menarik dan terlepas dari budaya Belanda yang masih merekat pada tarian ini untuk menciptakan ciri khas tersendiri. Pengembangan tersebut terlihat dari musik pengiring, lagu yang di bawakan, gerakan tari dan kostum yang digunakan.

Pada pertunjukannya, Tari Dolalak awalnya hanya di iringi dengan acapela saja. Namun seiring dengan perkembangannya, tarian ini juga di iringi dengan alat musik seperti kendang, terbangan, bedug, kecer, dan organ.