Apa yang dimaksud dengan tari campaak?

Tari Campak

Indonesia memiliki berbagai macam tari tradisional, disetiap tari tradisional pasti memiliki ceritanya masing-masing, begitu pun dengan Tari Campaak. Apa yang kamu ketahui tentang tari campaak?

Tari Campaak adalah tarian tradisional dari daerah kepulauan Bangka Belitung yang menggambarkan keceriaan dalam pergaulan remaja di sana. Tarian ini biasanya dibawakan oleh para penari pria dan wanita dengan ekspresi dan gerakan yang menggambarkan kegembiraan. Tarian campaak ini biasanya dipentaskan dalam acara-acara seperti penyambutan tamu besar, pernikahan dan lain-lain.

Dalam perkembangannya, Tari Campaak ini telah menjadi salah satu icon kesenian tradisional dari Bangka Belitung. Selain itu, tarian yang dulunya hanya ditampilkan dalam acara tertentu ini, kini juga sering ditampilkan pada pesta-pesta rakyat seperti pernikahan, penyembutan tamu besar dan acara lainnya.

Tari Campaak ini ditarikan oleh para penari pria dan wanita secara berpasangan. Dalam pertunjukannya para penari menari dengan gerakan yang lincah dan ekspresi penuh kegembiraan mengikuti alunan irama musik pengiring. Di sela-sela tariannya para penari pria dan penari wanita juga saling berbalas pantun yang menjadi ciri khas budaya Melayu. Dalam Tari Campaak ini biasanya ada juga saat dimana para penari mengajak penonton untuk ikut menari, sehingga membuat pertunjukan Tari Campaak ini semakin meriah.

Sejarah


Menurut sumber sejarah yang ada, Tari Campaak ini awalnya berasal dari kepulauan Riau. Kemudian dibawa dan dikembangkan di Bangka Belitung oleh seorang bernama Nek Campak, sehingga tarian ini dikenal dan sering disebut Tari Campaak. Pada jaman penjajahan bangsa portugis, tarian ini kemudian mengalami akulturasi budaya. Percampuran budaya ini sangat terlihat dari gerakan, kostumnya, dan musik pengiringnya yang memiliki kesan gaya Eropa. Walaupun begitu, budaya lokal juga masih melekat pada tarian ini, hal ini terlihat pada kostum penari pria, alunan pantun dan beberapa musik pengiringnya yang merupakan gaya Melayu.

Musik Pengiring


Akulturasi budaya pada Tari Campaak ini juga terlihat dari musik pengiringnya. Dalam pertunjukan Tari Campaak ini diiringi oleh musik pengiring seperti gong dan gendang yang merupakan musik asli budaya lokal, serta akordion dan biola yang merupakan musik dari Eropa. Alat musik tersebut dimainkan secara harmonis dan selaras dengan gerakan para penarinya.

Kostum


Kostum yang digunakan oleh para penari Tari Campaak ini juga merupakan perpaduan budaya Melayu dan budaya Eropa. Pada kostum penari wanita, penari menggunakan pakaian yang sangat kental akan gaya busana Eropa seperti gaun panjang dan sepatu hak tinggi. Sedangkan kostum penari pria sangat kental akan gaya busana Melayu seperti kemeja, celana panjang, peci, dan selendang.

Menurut berbagai sumber, kata “Campak”sendiri merupakan serapan dari bahasa Melayu yang artinya “tercampakan”. Tari Campak merupakan tari pergaulan yang ditarikan oleh laki-laki dan perempuan. Tari Campak memiliki sifat gerakan yang khas yaitu memiliki gerakan yang lincah dan dinamis, selain itu keunikan yang terdapat dalam Tari Campak ini adalah terdapat pada lagu yang menjadi iringannya, tidak seperti lagu-lagu pengiring pada tarian lain, dalam lagupengiring

Tari Campak terdapat unsur syair dalam bentuk pantun, menari sambil berbalas pantun dilakukan secara spontan dan saling bersautan antara penari laki-laki dan perempuan. Isi dari pantun tersebut biasanya sebagai sindiran, ejekan, atau kelakarmasyarakat dalam mempergunjingkan tingkah laku anak-anak muda yang sedang dilanda asmara. Tari Campak yang merupakan sebuah tari pergaulan yang ditarikan oleh laki-laki dan perempuan dengan gerakan penari yang lincah diiringi dengan musik yang mengekspresikan kegembiraan dalam penyambutan.

Selain ditampilkan pada acara Maras Taun, kini Tari Campak menjadi seni pertunjukan yang sering ditampilkan dalam acara festival, peresmian, penyambutan para tamu, bahkan sekarang sebagai wujud upaya pelestarian kesenian daerah, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Timur mengadakan festival seni dan budaya, dan Tari Campak menjadi salah satu kategori tari daerah yang diperlombakan di ajang festival tahunan di Kabupaten Belitung Timur hingga ke tingkat Provinsi Bangka Belitung.