Apa yang kamu ketahui tentang Tari Buchaechum?

Tari Buchaechum adalah tari kipas dengan motif bunga peony yang ditarikan oleh sekelompok wanita yang mengenakan kostum tradisional Hanbok dengan warna-warna terang dan kontras dari Korea Selatan. Tari Buchaechum ini menggabungkan kesenian visual dan keanggunan.

Tari Buchaechum awalnya berasal dari ritual kuno ribuan tahun yang lalu yang ditampilkan pada upacara pemujaan kepada dewa-dewa penganut Shamanisme Korea yang merupakan kepercayaan kuno masyarakat Korea yang juga mengkombinasikan berbagai kepercayaan dan dipengaruhi oleh agama asli Korea seperti Buddha maupun Taoisme.

Seiring dengan perkembangan jaman, Tari Buchaechum mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk terus dilestarikan dan dikembangkan. Dan mulai dipentaskan dalam acara-acara kesenian budaya, festival, pesta rakyat atau dalam acara- acara perayaan tahunan serta menjadi tarian tradisional pada acara-acara penyambutan tamu kenegaraan. Keunikan dari Tari ini adalah ketika para penari membentuk formasi melingkar yang rapi dan menggunakan kipas membentuk gerakan bergelombang, membentuk kupu-kupu yang terbang serta rumpuh bunga dihembus angin membuat gerakan tarian ini sangat cantik.