Apa yang kamu ketahui tentang Tari Apsara?

Tari Apsara adalah tarian yang berasal dari negara Kamboja. Yang dimana tari Apsara merupakan tarian klasik, lemah gemulai dan terkenal elegant serta keanggunannya dengan gerak tubuh yang halus. Tarian Apsara juga telah diakui oleh UNESCO sebagai Pusaka Budaya Nonbendawi Dunia.

Tari Apsara adalah tarian klasik Khmer yang diciptakan oleh Sendratari Kerajaan Kamboja pada pertengahan abad ke-20 di bawah perlindungan Ratu Sisowath Kossamak. Apsara diperankan dan ditarikan oleh perempuan yang mengenakan pakaian yang pas melilit tubuh mereka, serta mengenakan pehiasan dan mahkota yang mewah dan indah. Untuk gerakan tariannya telah disesuaikan dengan pakem tari klasik Kamboja yang menggambarkan mitologi klasik dan kisah religius Hindu mengenai mitos bidadari apsara penghuni swargaloka nan cantik jelita.

Menurut legenda agama Hindu, tarian tersebut dipertunjukan oleh para bidadari Apsara dalam acara melayani para dewa. Menurut saudara Kimsoerun, seorang dosen Sekolah Menengah Kesenian Kamboja memberitahukan: “Berbeda dengan tarian-tarian tradisional dari negara-negara lain, tarian Apsara menuntut penarinya harus lambat, tidak kaku, harus lembut sehingga terlihat seperti helai-helai kain yang lembut dan halus, baru bisa memanifestasikan jiwa dan keindahan tarian Apsara. Menari cepat mudah, tapi menari lambat sangat sulit”.

http://vovworld.vn/id-ID/rumah-asean/apsara-tarian-bidadari-kamboja-511164.vov