Apa yang kamu ketahui tentang suku Eskimo ?

Suku Eskimo atau Esquimaux adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang mendiami daerah kutub bumi, tidak termasuk Skandinavia dan sebagian besar Rusia, tapi termasuk bagian paling timur Siberia. Ada dua kelompok besar Eskimo, yaitu Inuit (di utara Alaska, Kanada, dan Greenland) dan Yupik (di barat Alaska dan Timur Jauh Rusia).

Orang Eskimo memiliki hubungan dengan etnis Aleut dan Alutiiq dari Kepulauan Aleutian di Alaska dan juga Sug’piak dari Kepulauan Kodiak hingga Prince William Sound di selatan tengah Alaska. Orang Eskimo merupakan Orang Asia terutama Orang Asia Timur dikarenakan ciri fisik ,kehidupannya sangat mirip dan dari paras wajah yang seperti orang Asia Timur. Hal ini menunjukkan bahwa sejak dahulu kala Bangsa Asia telah berimigrasi ke Benua Amerika ini.

Eskimo tinggal dalam beberapa kelompok keluarga, masing-masing berisi beberapa ratus orang. Anak-anak Eskimo dianggap “harta” dan jarang dihukum. Tapi tidak berarti mereka dimanja. Peran lelaki adalah berburu makanan, mengendalikan kereta luncur anjing, mendayung perahu, dan membangun tempat penampungan. Sedangkan peran seorang istri yang paling penting adalah untuk membuat pakaian keluarga yang hangat. Mereka juga harus menjaga anak-anak, memasak untuk keluarganya, dan bahkan membantu tugas suaminya.

Apa yang kamu ketahui tentang suku yang tinggal di dataran dingin ini ?

Igloo

Orang eskimo tinggal di rumah yang mereka sebut Igloo. Berikut beberapa fakta terkait dengan Igloo.

Berbahan Es

Untuk membuat igloo, diperlukan balok es yang keras dan kering. Balok es tersebut akan disusun menyerupai kubah. Balok es berukuran besar ditempatkan di bawah, sedangkan balok es yang kecil ditempatkan di atas.

Meski tidak menggunakan semen, bangunan ini cukup kuat, lo. Bahkan, bagian atasnya bisa menahan berat orang dewasa.

Setiap keluarga memiliki igloo. Tetapi, jika di lingkungan itu ada banyak keluarga, maka igloo mereka biasanya dihubungkan dengan terowongan.

Hangat

Meskipun terbuat dari es, tapi igloo cukup ampuh menahan udara dingin dari luar. Selain menahan dingin, bagian dalam bangunan ini juga bisa menahan panas hingga 50 derajat.

Saat panasnya tertahan, bagian dalam Igloo akan sedikit meleleh. Tetapi, lelehan itu akan mengeras kembali saat penghuninya keluar. Nah, lelehan yang membeku itulah yang membuat Igloo semakin kuat, meski tanpa semen.

Orang Inuit dan Eskimo

Igloo biasanya didirikan oleh orang Inuit dan Suku Eskimo. Meski sama-sama membuat rumah es, ada perbedaan antara kedua suku ini.

Orang Inuit biasanya berada di daerah Kanada dan menggunakan bahasa Inuktitut. Orang Inuit juga ada yang tinggal di daerah Greenland. Tetapi, mereka menamai diri mereka “Greenlanders” atau “Kalaallit”.

Berbeda dengan orang Inuit, orang Eskimo tinggal di daerah Alaska (barat laut Kanada). Mereka menggunakan bahasa Yupik. Menurut ahli bahasa, kata “eskimo” berasal dari bahasa Ojibwa.

Sumber: bobo.grid.id