Apa yang kamu ketahui tentang sejarah internet?

Apa yang kamu ketahui tentang sejarah internet ?

Sejarah dan perkembangan internet tidak bisa lepas dari perang dingin antara Uni Soviet (USSR) dan Amerika Serikat yang mulai mengemuka sejak usainya Perang Dunia II Uni Soviet memulai Perang Dingin dalam bidang teknologi dengan meluncurkan sputnik, satelit bumi buatan yang pertama pada 1957. Sebagai respon atas stimulus yang diberikan oleh Uni Soviet, Amerika Serikat membentuk Advance Research Project Agency (ARPA) pada tahun 1958. Dibentuknya ARPA menjadikan Department of Defense Amerika Serikat memimpin dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan dalam bidang militer. Internet merupakan hasil pemikiran yang visionet dari sejumlah pakar pada permulaan 1960-an. Mereka melihat adanya nilai potensial apabila komputer dapat digunakan untuk berbagi informasi mengenai hasil penelitian dan pengembangan di bidang keilmuan dan militer. J.C.R. licklider dari mit adalah yang pertama tama menyarankan agar dibangun suatu jaringan global internet ( global network of computer ) pada 1962. Licklider akhirnya pindah ke Defense Advance Projects Agency (DARPA) pada akhir 1962 untuk memimpin tugas mengembangkan pemikirannya itu.

Leonard kleinrock dari MIT mengembangkan teori yang dikenal sebagai Theory of Packet Switching . Teori ini dimaksudkan untuk membangun dasar bagi hubungan – hubungan internet. Lawrence Robert dari MIT berhasil menghubungkan komputer di massachusetts dengan suatu komputer di california pada 1965 melalui jalur telepon dial up . Hal yang dilakukan oleh lawrence tersebut di satu pihak menunjukan dimungkinkannya dibangun suatu Wide Area Networking tetapi di pihak lain juga menunjukkan bahwa telephone line’s circuit switching dapat digunakan untuk membangun hubungan – hubungan komputer secara lebih luas.dengan demikian Theory of Packet Switching memperoleh konfirmasi.

Internet yang kemudian dikenal ARPANET berhasil online pada tahun 1969 berdasarkan suatu kontrak yang dibuat oleh Advance Research Projects Agency (ARPA). Pada mulanya baru menghubungkan 4 buah komputer utama pada beberapa univesitas di bagian south western Amerika Serikat, yaitu UCLA, Stanford Research Institute , UCSB, dan University Of Utah kontrak tersebut dilaksanakan oleh BBN Of Cambrige, MA di bawah Bob Kahn dan menjadi online pada desember 1969. Pada juni 1970, MIT,Harvard, BBN, dan System Development Corp . (SDC) di Santa Monica, California bergabung pula.

Pada januari 1971, menyusul bergabung Stanford, Lincoln Labs dari MIT, Carmegie – mellon dan Case western Reserve Universty, pada bulan – bulan berkutnya NASA/ Ames, Mitre, Burrough, RAND, dan Universty of Illinois bergabung. Setelah itu bergabung banyak lagi institusi yang tentu saja tidak mungkin ditulis nama – namanya.

Pada awalnya internet hanya menawarkan layanan berbasis text saja meliputi remote access, e–mail / messaging , maupun diskusi melalui news group. Indonesia baru bisa menikmati layanan internet komersial pada sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui getway yang menghubungkan universitas dengan network diluar negeri.

Dunia internet merupakan sebuah tempat dimana kita hidup secara maya (virtual) dalam dunia ini kita dapat melakukan beberapa kegiatan yang mirip dengan kegiatan di dunia nyata. Kita dapat melakukan perniagaan atau sekedar sosialisasi. Dunia maya ini juga memiliki aturan yang kita definisi kan bersama. Aturan ini ada yang sama dan ada yang berbeda dengan aturan yang ada di dunia nyata dikarenakan hukum – hukum fisika yang tidak berlaku di dunia ini dua orang yang secara fisik berada ditempat yang jaraknya ribuan kilometer dapat berada diruang virtual yang sama.

Aturan yang sama antara lain sopan santun dan etika berbicara (menulis) meskipun kadang – kadang disertai dengan implementasi yang berbeda. Misalnya ketika kita menulisakan email dengan huruf besar semua, maka ini menandakan kita sedang marah. Sama ketika kita sedang berbicara dengan berteriak – teriak, maka kita dianggap sedang marah (padahal mungkin saja karakter kita memang begitu).

Semua ini memiliki aturan yang di definisikan bersama. Hal itu mengisyaratkan bahwa dunia maya yang di bangun atau di kontruksi melalui jaringan internet dapatlah membangun daya rangsang dan emosi besar penggunanya. Di satu sisi, pengguna internet dapat memenuhi kepuasan psikologisnya ketika problem yang di hadapinya dapat diselesaikan dengan jasa internet.

Internet telah mengkontruksikan dunia maya, yang sebenarnya (dalam praktiknya) menjadi dunia tanpa batas, dunia kebebasan, yang bisa dimasuki dan dimanfaatkan oleh siapapun. Internet adalah jaringan luas dari komputer yang lazim disebut dengan Worldwide network . Internet merupakan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain melalui media komunikasi, seperti kabel telepon, serat optik, satelit ataupun gelombang frekuensi. Jaringan komputer ini dapat berukuran kecil seperti Lokal Area Network (LAN) yang biasa dipakai secara intern di kantor-kantor, bank atau perusahaan atau biasa disebut dengan intranet, dapat juga berukuran superbesar seperti internet.

Sementara The US Supreme Court mendefinisikan internet sebagai International Network Of Intercontnected Computer , artinya jaringan internasional dari komputer-komputer yang saling hubungan.

Internet didefinisikan sebagai jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintah, komersil, organisasi maupun perorangan. Dalam definisi ini tampak bahwa internet mencakup juga terhadap jaringan yang biasa LAN ( Local Area Network ) dan WAN ( Wide Area Network ).