Apa yang kamu ketahui tentang Ranu kumbolo, Gunung Semeru?

Banyak danau cantik di dunia ini, pasti. Tapi percayalah, sekali datang dan melihat Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru, Anda pasti akan jatuh cinta. Cinta yang kemudian mendorong Anda untuk datang lagi dan lagi. Saya sampai 3 kali ke sana, dan masih ingin balik lagi. Momen paling dinanti di danau ini adalah saat matahari mulai menongolkan diri di ufuk timur, menyinari danau menjadi keemasan. Suasana begitu magis, terutama karena gerombolan kabut tipis memeluk permukaan danau.

Apa yang kamu ketahui tentang Ranu kumbolo, Gunung Semeru ?

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di jalur pendakian Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Kumbolo ini biasa digunakan para pendaki untuk beristirahat setelah lelah menadaki dari Ranu Pane.

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu jika datang ke Ranu Kumbolo adalah momen matahari terbitnya. Konon pemandangan matahari terbit di sekitar danau ini sangatlah indah. Pendaki tak segan-segan untuk bangun pagi-pagi sekali agar tidak ketinggalan momen matahari terbit dari balik perbukitan. Kalian yang datang ke Ranu Kumbolo disarankan membawa kamera. Karena momen ini akan bagus banget buat diabadikan dalam foto. Tak jarang para pendaki yang mengeluarkan kamera mereka untuk bisa mengabadikan momen-momen matahari terbit disini.

Lokasi Ranu Kumbolo berada di jarak 10.5 kilometer dari pintu masuk utama Gunung Semeru yang terletak di desa Ranu Pane. Jika lancar perjalanan dari Ranu Pane ke Ranu Kumbolo akan menghabiskan waktu 3-5 jam berjalan kaki melalui jalan setapak. Dari Ranu Kumbolo biasanya pendaki akan melanjutkan pendakian menuju Kalimati yang berjarak 7.5 meter. Seterusnya dari Kalimati sampai ke Puncak Mahameru kurang lebih berjarak 1 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Untuk menuju puncak para pendaki harus rela berjuang melalui jalur yang menanjak dan berbatu. Kadang sering terjadi angin dan hujan besar yang melanda selama pendakian berlangsung.