© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa yang kamu ketahui tentang prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)?

Reduce, Reuse, Recycle

Penerapan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) menjadi salah satu solusi dalam menjaga lingkungan di sekitar kita yang murah dan mudah untuk dilakukan. Apa yang kamu ketahui tentang prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle)?

Prinsip 3R adalah prinsip dimana kita dapat terapkan untuk mengubah sampah yang negatif menjadi barang yang bernilai ekonomis.
3R adalah singkatan dari Reduce,Reuse,Recycle.

  • R1 adalah Reduce= Mengurangi.
    Sampah adalah barang yang tidak dapat digunakan kembali. Sampah sebaiknya harus kita kurangi. Salah satu caranya adalah dengan Reduce. Saya sudah menerapkan kebiasaan mengurangi sampah sejak kecil, contohnya, saya selalu menggunakan sepeda atau berjalan kaki bila berpergian jarak dekat, apa fungsinya?, fungsinya adalah kita akan mengurangi penggunaan bahan bakar agar tidak mencemari lingkungan. Saya juga selalu meminimalitaskan penggunaan plastik, agar, lingkungan sekitar tidak tercemar dengan sampah plastik, kita bisa memulainya dengan cara membawa tas berulang kali pakai saat berbelanja.

  • R2 adalah Reuse= memakai kembali.
    Selain saya sudah melakukan penerapan reduce, saya juga sudah menerapkan beberapa kegiatan reuse. Contohnya, saya selalu membawa bekal makan sendiri dari rumah, selain menghemat biaya, cara ini sangat efektif untuk mengurangi sampah plastik maupun kertas. Selain itu penerapan reduce saya selanjutnya adalah, saya selalu mengumpulkan kardus bekas di rumah, dan saya tidak membuangnya, saya menjadikannya sebagai tempat buku, kotak tisu, tempat sepatu dan kotak mainan adik saya. Selain kardus, saya juga mengumpulkan kaleng bekas untuk saya jadikan pot. Penerapan reuse sangat berdampak besar kepada lingkungan karena dapat mengurangi sampah.

  • R3 adalah Recycle= mendaur ulang.
    Kebetulan recycle adalah proyek saya, proyek saya adalah recycle tutup galon bekas. Merecycle juga merupakan cara yang sangat efektif untuk mengurangi sampah. Contohnya, saya sudah merecycle koran bekas menjadi kertas daur ulang. Saya mempunyai banyak sekali gelas bekas, pertama, saya berpikir mau di apa kan gelas gelas ini, lalu saya berpikir, lebih baik saya recycle saja, kemudian saya mengumpulkan teman dan keluarga saya untuk merecycle gelas menjadi keramik . jadi dengan kita melakukan 3R kita dapat menyelamatkan bumi kita dari sampah. Ayo lakukan 3R.