Apa yang kamu ketahui tentang perkembangan fisik dan psikomotorik peserta didik?

Dalam dunia pendidikan, perkembangan fisik dan psikomotorik pada peserta didik juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pembelajaran di dalam kelas. Oleh karenanya, ilmu tersebut dipelajari oleh calon-calon guru yang nantinya akan terjun langsung ke lapangan untuk mendidik dan mengajar para peserta didik.
Nah, Apa yang kamu ketahui tentang perkembangan fisik dan psikomotorik peserta didik ?

Pengertian Perkembangan Fisik Peserta Didik
Menurut (Kesuma & Istiqomah, 2019), Perkembangan fisik adalah sebuah proses yang dilakukan pada fisik manusia, pada anak usia dini yang meliputi pertumbuhan tinggi dan berat badan, perubahan proporsi atau perbandingan antar bagian tubuh yang membentuk postur tubuh dan bagian fisik lainnya. Selaras dengan pernyataan di atas, menurut (Irwansyah dkk, 2021) menyatakan bahwa perkembangan fisik adalah proses yang dijalanin oleh peserta didik yang melibatkan dua aspek yaitu jasmani dan rohani yang secara tertahap menuju tingkat yang lebih dewasa.
Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan fisik peserta didik adalah proses yang terjadi pada diri peserta didik dimana proses tersebut berkenaan pada pertumbuhan dan perkemba…
Pengertian Perkembangan Fisik Peserta Didik
Menurut (Kesuma & Istiqomah, 2019), Perkembangan fisik adalah sebuah proses yang dilakukan pada fisik manusia, pada anak usia dini yang meliputi pertumbuhan tinggi dan berat badan, perubahan proporsi atau perbandingan antar bagian tubuh yang membentuk postur tubuh dan bagian fisik lainnya. Selaras dengan pernyataan di atas, menurut (Irwansyah dkk, 2021) menyatakan bahwa perkembangan fisik adalah proses yang dijalanin oleh peserta didik yang melibatkan dua aspek yaitu jasmani dan rohani yang secara tertahap menuju tingkat yang lebih dewasa.
Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan fisik peserta didik adalah proses yang terjadi pada diri peserta didik dimana proses tersebut berkenaan pada pertumbuhan dan perkembangan peserta didik seperti perubahan proporsi, perubahan postur tubuh, serta perkembangan pola pikir pada peserta didik.

Pengertian Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik
Komunitas Pendidikan Profesi Guru 2019 mengatakan bahwa perkembangan psikomotor adalah suatu perkembangan yang terjadi pada peserta didik dimana perkembangan tersebut untuk mengontrol gerakan-gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinasi antara saraf dan otot. Gerakan sendiri dibagi menjadi 2 yaitu gerakan kasar dan gerakan halus. Gerakan kasar berupa duduk, berjalan, berlari, dan lain-lain. Sedangkan gerakan halus berupa meraih, memegang, melempar, dan lain-lain.
Jadi, perkembagan psikomotorik adalah perkembangan yang berkenaan dengan asebuah aktivitas dengan tujuan untuk melatih relasi antara saraf dan otak pada peserta didik.

Karakteristik Perkembangan Fisik Peserta Didik
Pada umumnya, perubahan fisik yang dialami oleh manusia berbeda, salah satunya berdasarkan jenis kelamin. Pada anak perempuan dengan laki-laki sudah pasti memiliki perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangannya. Selain dari perbedaan jenis kelamin, fase perkembangan fisik juga memiliki karakteristik berdasarkan usia yaitu sebagai berikut.

  1. Pada Usia 0-5 tahun
    usia 0-5 tahun ditandai dengan mampu melakukan berbagai gerakan yang sederhana seperti berjalan, berlari, melompat, melempar, dan suatu aktivitas yang berhubungan dengan kekuatan. Selain itu, perkembangannya ditandai dengan pertumbuhan pada fisik anak, koordinasi gerak serta keseimbangan tubuh dengan baik.
  2. Pada Usia 5-7 tahun
    Perkembangan yang berkenan dengan reaksi lebih lambat dibanding masa kanak-kanak, kualitas mata berkembang lebih baik, namun masih belum mengembangkan otot-otot kecil yang dimilikinya.
  3. Pada Usia 8-9 tahun
    koordinasi tubuh sudah mulai mengalami perbaikan, daya tahan tubuh bertambah. Dari segi anak laki-laki cenderung menggunakan aktivitas yang berhubungan dengan kontak fisik. Sedangkan dari segi psikologi perempuan lebih maju satu tahun dari laki-laki.
  4. Pada Usia 10-11 tahun
    Laki-laki memiliki kekuatan yang lebih daripada perempuan, metabolisme sudah semakin tajam, perempuan mulai mengalami kematangan seksual dan laki-laki hanya 5% yang mencapai kematangan seksual
  5. Usia Remaja
    perkembangan fisik pada usia segini yang paling terlihat adalah organ seksual. Selain itu, kekuatan dan ketahanan.
  6. Usia Dewasa
    Kemampuan fisik pada masa dewasa pada setiap individu menjadi sangat bervariasi
    seiring dengan pertumbuhan fisik.

Karakteristik Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik
Sama dengan karakteristik perkembangan fisik, perkembangan psikomotorik juga memiliki karakteristik berdasarkan usia yaitu sebagai berikut.

  1. Usia 3 tahun
    Tidak dapat berhenti dan berputar secara tiba-tiba atau secara cepat, dapat
    melompat 15-24 inchi, dapat menaiki tangga tanpa bantuan, dengan berganti kaki,
    dapat berjingkrak.
  2. Usia 4 tahun
    Lebih efektif mengontrol gerakan berhenti, memulai, dan berputar, dapat
    melompat 24-33 inchi, dapat menuruni tangga, dengan berganti kaki, dengan bantuan,
    dapat melakukan jingkrak 4 sampai 6 langkah dengan satu kaki.
  3. Usia 5 tahun
    Dapat melakukan gerakan start, berputar, atau berhenti secara efektif, dapat
    melompat 28-36 inchi, dapat menuruni tangga tanpa bantuan, berganti kaki, dapat
    melakukan jingkrak dengan sangat mudah.
  4. Usia 6-12 tahun
    keterampilan menolong diri sendiri, keterampilan menolong orang lain, keterampilan sekolah, keterampilan bermain.
  5. Usia Remaja
    Keterampilan psikomotorik berkembang sejalan dengan pertumbuhan ukuran
    tubuh, kemampuan fisik, dan perubahan fisiologi.
  6. Usia Dewasa
    Pada usia dewasa keterampilan dalam hal tertentu masih dapat ditingkatkan. Puncak dari perkembangan psikomotorik terjadi pada masa ini

Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Fisik
Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik dari peserta didik yaitu sebagai berikut.

  1. Keluarga
  2. Gizi yang diperoleh
  3. gangguan emosional
  4. Jenis kelamin
  5. Ekonomi
  6. Kesehatan
  7. Bentuk tubuh

Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Psikomotorik
Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan psikomotorik dari peserta didik yaitu sebagai berikut.

  1. Faktor pola asuh dari orang tua
  2. Pengaruh Gen
  3. Lingkungan
  4. Interior
Referensi