Apa yang kamu ketahui tentang pemerintahan orde baru?

gambar
Apa yang kamu ketahui tentang pemerintahan orde baru?

Orde baru merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut masa pemerintahan rezim soeharto yaitu masa kepemimpinan presiden kedua Republik Indonesia setelah menggantikan Soekarno sebagai presiden pertama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Orde baru merupakan sebuah aturan yang dijalankan kepada kehidupan rakyat, bangsa dan negara Republik Indonesia yang diletakkan kembali pada ideology bangsa yaitu pancasila dan UUD 1945 secara mutlak.
Berdasarkan sejarah, ideology negara Indonesia sempat terancam dengan adanya paham komunis yang menyebar di akhir pemerintahan Soekarno. Paham komunis merupakan ideology menolak segala sesuatu milik pribadi akan tetapi milik bersama. Paham komunis sering kali diartikan sebagai ideology atheis atau tidakmempercayai adanya tuhan.

Setelah terjadi pemberontakan G30S PKI yang dilakukan oleh partai komunis Indonesia terhadap penyebaran paham komunisme di Indonesia, akhirnya pada masa pemerintahan Soeharto menekankan untuk mengembalikan ideology negara yang sempat terancam oleh partai komunis Indonesia, kepada pelaksanaan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 secara murni dan konsekuen. Masa orde baru dimulai pada tahun 1966 dan berakhir pada tahun 1998 dengan ditandai lengsernya presiden kedua Republik Indonesia Soeharto setelah menjabat selama lebih dari 30 tahun. Orde baru lahir saat soekarno menandatangi surat perjanjian yang dikenal dengan supersemar yang berisi tentang mandate yang diberikan oleh soekarno kepada soeharto untuk menggantikannya sebagai presiden.