Apa yang kamu ketahui tentang pedang Urumi ?

senjata_tradisional

(Dumm Dumm) #1

Pedang Urumi merupakan pedang panjang yang fleksibel yang biasanya terbuat dari baja atau kuningan dengan panjang sekitar 122-168 cm. Pedang Urumi lebih mirip dengan cambuk logam yang terdiri dari beberapa bilah yang melekat pada satu pegangan.

Apa yang kamu ketahui tentang pedang ini ?


(Prakoso Adi Bagaskara) #2

Pedang Urumi adalah salah satu dari beragam jenis pedang yang ada di dunia. Meskipun mengikuti konstruksi yang sama dengan pedang-pedang yang lainnya, tapi bisa dikatakan bahwa pedang ini memiliki bentuk yang lebih sederhana dibandingkan dengan pedang – pedang yang lainnya.

Diantara jenis pedang yang ada di dunia, Pedang Urumi adalah pedang yang paling sulit untuk dikuasai. Itu karena untuk menguasai pedang urumi ini pemegang harus mengikuti serta harus mengendalikan momentum bilah dengan setiap ayunan. Dan sulitnya menggunakan pedang urumi ini juga dikarenakan pedang urumi tak hanya memiliki satu bilah, akan tetapi pedang ini juga memiliki banyak bilah dalam satu gagang pedang.

Kesederhanaan yang ditunjukkan oleh Pedang Urumi ini bisa dilihat dari bentuknya yang hanya terdiri dari gagang, yang dihubungkan ke pisau baja tipis dan fleksibel. Panjang urumi biasanya sekitar 1,2 meter – 1,6 meter dan bahkan bisa dibuat lebih panjang untuk kasus tertentu, serta memiliki lebar sekitar satu inchi.

Pedang Urumi

Dari keseluruhan tersebut, yang paling unik dari senjata ini terletak pada tampilan pisaunya yang sangat tipis, sehingga dapat digulung tanpa patah. Kemampuannya yang dapat menggulung tersebut menjadikan pedang ini sering dijuluki sebagai “Curving Sword” atau “Pedang Melengkung” dan juga dikenal dengan sebutan “Chuttuval”.

Mengingat Urumi memiliki bentuk yang unik, memanfaatnya dalam seni bela diri rasanya sangat tepat. Karena sifat fleksibelnya, pedang ini memang tidak cocok digunakan untuk menusuk. Tapi jika digunakan untuk mencambuk, kelihatannya lebih sesuai. Itulah sebabnya mengapa Urumi biasa digunakan dalam seni bela diri cambuk di India.

Pedang Urumi

Urumi sebenarnya adalah senjata atau pedang yang berasal dari India bagian Selatan. Pedang ini dianggap mengerikan karena jika terkena satu saja sayatannya, maka akan sangat sulit untuk diobati. Jika biasanya pedang hanya memiliki satu bilah saja, beda halnya dengan senjata yang satu ini. Urumi terdiri dari beberapa bilah yang semuanya sama – sama tajam. Banyaknya bilah tajam inilah yang menjadikan urumi sebagai senjata yang sangat berbahaya dan mematikan.

Jika pedang ini diayunkan, maka musuh akan kesulitan untuk menghindari serangan. Hal ini karena saat bertarung, musuh tidak akan mudah untuk menerka bilah mana yang akan mengenai dirinya. Awalnya senjata ini digunakan oleh masyarakat karla India pada saat akan berperang. Sebagai senjata yang berbahaya, tidak semua orang bisa menggunakannya lho, guys. Hanya orang – orang tertentu yang memiliki keahlian khusus saja yang bisa menggunakan senjata unik ini. Jika salah menggunakannya, anda bisa membahayakan diri anda sendiri.