Apa yang kamu ketahui tentang kecemasan akan kematian atau Thanatophobia?

image

Death anxiety atau kecemasan kematian adalah ketakutan akan kematian; ini sering kali berkaitan dengan kematian seseorang tetapi dapat mencakup ketakutan yang lebih umum. Peneliti Conte, Bakur-Weiner, dan Putchik telah mengembangkan alat yang berguna untuk menilai kecemasan kematian (Kuesioner Kecemasan Kematian) dan menjelaskan konsep tersebut secara lebih mendalam. Melalui penelitian mereka dan orang lain, kecemasan kematian dapat dipisahkan menjadi empat faktor berbeda: takut akan hal yang tidak diketahui, takut menderita, takut kesepian, dan takut akan kepunahan pribadi.

Sumber
  • The Cambridge Dictionary of Psychology (2009)

Apa Itu Thanatophobia?

Thanatophobia adalah ketakutan yang intens akan kematian atau kematian. Ini adalah fobia yang relatif rumit. Banyak, jika tidak sebagian besar, orang takut mati — beberapa takut mati sementara yang lain takut dengan tindakan yang sebenarnya. Namun, jika rasa takut itu begitu umum hingga memengaruhi kehidupan sehari-hari Anda, Anda mungkin mengalami fobia besar-besaran.

Gejala

Fobia adalah salah satu jenis gangguan kecemasan. Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5) mengkategorikan fobia menjadi tiga kelompok: fobia spesifik, fobia sosial, dan agorafobia. Thanatophobia adalah fobia spesifik.

Meskipun thanatophobia tidak secara khusus tercantum dalam DSM-5, ada gejala fobia yang dapat diterapkan dalam memeriksa apakah seseorang memiliki ketakutan yang khas akan kematian atau sesuatu yang lebih. Yakni, mungkin fobia jika mereka:

  • Memiliki kekhawatiran berlebihan atau ketakutan akan kematian atau kematian yang menghalangi hidup mereka
  • Secara aktif hindari situasi apa pun yang melibatkan kematian atau kematian
  • Rasakan kecemasan yang intens saat menghadapi atau memikirkan kematian atau sekarat

Lebih khusus lagi, gangguan kecemasan dapat menyebabkan gejala fisik berikut:

  • Berkeringat
  • Sesak napas
  • Jantung berdebar kencang
  • Mual
  • Sakit kepala
  • Kelelahan atau insomnia

Penyebab

Penyebab pasti fobia tidak jelas. Namun, penyakit ini biasanya berkembang di masa kanak-kanak dan remaja. Gangguan kecemasan bisa jadi akibat stres dalam jangka waktu yang lama, peristiwa kehidupan yang traumatis, atau genetika.

Peran Agama

Agama dapat berperan dalam perasaan seseorang terhadap kematian. Di satu sisi, agama bisa menjadi sumber penghiburan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang yang tidak diketahui. Di sisi lain, agama dapat berkontribusi pada gagasan bahwa jalan menuju keselamatan sangat lurus dan sempit, dan seseorang dapat takut bahwa penyimpangan atau kesalahan apa pun dapat menyebabkan mereka dikutuk selamanya. Penelitian saat ini menunjukkan ada ikatan yang lemah antara kecemasan kematian dan religiusitas

Keyakinan agama sangat dipersonalisasi, dan bahkan terapis dengan keyakinan umum yang sama mungkin tidak sepenuhnya memahami keyakinan klien. Jika ketakutan akan kematian didasarkan pada agama, sering kali membantu untuk mencari konseling tambahan dari pemimpin agamanya sendiri. Namun, ini tidak boleh digunakan untuk menggantikan konseling kesehatan mental tradisional.

Jenis Ketakutan

Ada banyak alasan untuk thanatophobia, beberapa di antaranya biasanya meliputi yang berikut ini.

Takut akan Hal yang Tidak Diketahui

Thanatophobia mungkin berakar pada ketakutan akan hal-hal yang tidak diketahui. Ini adalah bagian dari kondisi manusia untuk ingin mengetahui dan memahami dunia di sekitar kita. Apa yang terjadi setelah kematian, bagaimanapun, tidak dapat dibuktikan dengan tegas saat kita masih hidup.

Takut akan Kehilangan Kontrol

Seperti pengetahuan, kontrol adalah sesuatu yang diperjuangkan oleh manusia. Namun tindakan kematian sama sekali di luar kendali siapa pun. Mereka yang takut kehilangan kendali mungkin mencoba menahan kematian melalui pemeriksaan kesehatan yang ketat dan terkadang ekstrim serta ritual lainnya.

Seiring waktu, mudah untuk melihat bagaimana orang dengan jenis thanatophobia ini mungkin berisiko mengalami gangguan obsesif-kompulsif (OCD), gangguan kecemasan penyakit (sebelumnya disebut hipokondriasis), dan bahkan pemikiran delusi.

Takut akan Sakit, Penyakit, atau Kehilangan Martabat

Beberapa orang yang tampak takut mati sebenarnya tidak takut akan kematian itu sendiri. Sebaliknya, mereka takut dengan keadaan yang sering mengelilingi tindakan sekarat. Mereka mungkin takut akan rasa sakit yang melumpuhkan, penyakit yang melemahkan, atau bahkan kehilangan martabat yang terkait.

Jenis thanatophobia ini dapat diidentifikasi melalui pertanyaan yang cermat tentang spesifikasi ketakutan tersebut. Banyak orang dengan jenis ketakutan ini juga menderita nosophobia (takut akan penyakit tertentu), gangguan kecemasan penyakit, atau gangguan somatoform lainnya.

Takut Meninggalkan Kerabat

Banyak orang yang menderita thanatophobia tidak takut mati sama seperti mereka takut pada apa yang akan terjadi pada keluarga mereka setelah kematian mereka.

Pengobatan

Jalannya pengobatan sangat tergantung pada tujuan pribadi orang tersebut. Apakah mereka mencoba menyelesaikan konflik agama? Apakah mereka hanya ingin menghadiri acara Halloween tanpa panik? Klinisi harus terlebih dahulu menentukan kebutuhan dan harapan orang tersebut sebelum merancang rencana perawatan.

Namun, secara umum, mengobati gangguan kecemasan melibatkan psikoterapi, pengobatan, atau keduanya.

Psikoterapi

Bergantung pada situasinya, berbagai solusi terapi bicara mungkin sesuai untuk pengobatan thanatophobia. Ini dapat berkisar dari terapi perilaku kognitif hingga psikoanalitik.

Kami telah mencoba, menguji, dan menulis ulasan yang tidak bias dari program terapi online terbaik termasuk Talkspace, Betterhelp, dan Regain.

Konseling agama tambahan, pengobatan, dan alternatif terapeutik lainnya — misalnya, terapi eksposur — juga dapat digunakan dalam hubungannya dengan psikoterapi.

Obat-obatan

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kecemasan termasuk benzodiazapin, inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), atau penghambat beta. Pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan tentang apakah pengobatan adalah pilihan yang tepat untuk situasi khusus Anda.

Sumber