Apa yang kamu ketahui tentang Ikan Fangtooth ?

Ikan Fangtooth

Ikan Fangtooth merupakan salah satu ikan seram yang berada di dasar laut. Apa yang kamu ketahui tentang ikan ini ?

Fangtooth Fish

Saya beberapa kali mendengar tentang ikan fangtooth, ikan bertampang kejam ini termasuk salah satu makhluk yang hidup di kedalaman laut yang paling dalam hingga pada kedalaman 5 km di bawah permukaan laut. Wajahnya dihiasi gigi mirip taring yang oversized dan rahang yang kokoh. Gigi taring bawahnya yang paling besar demikian panjang hingga ikan ini punya sepasang soket di kedua sisi otak kecilnya untuk tempat slotnya saat mulutnya tertutup. Ikan ini juga memiliki gigi relatif paling besar di lautan untuk ikan seukurannya, bahkan ada yang ukurannya lebih besar dari dirinya. Meski tampang ikan ini menakutkan, tetapi masih terlalu kecil untuk bisa melukai manusia.

Jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, maka ikan ini tergolong ikan dengan ukuran gigi terbesar dibanding proporsi badannya. Untungnya mereka tidak terlalu berbahaya bagi manusia karena ukuran badan mereka hanya sekitar 15 cm. Biasanya hidup dikedalaman 180 – 1300 meter, namun bisa juga sampai kedalaman 2800 meter. Jadi kesempatan untuk bertemu ikan ini tipis yaa.

Sumber:

ikan Fangtooth

Fangtooth Fish adalah ikan dari keluarga Anoplogastridae (“Anoplogasteridae”) yang hidup di laut dalam. Namanya berasal dari bahasa Yunani anoplo yang berarti “tak bersenjata” dan gaster yang berarti “perut”.

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Order : Beryciformes
Family : Anoplogastridae T. N. Gill, 1893
Genus : Anoplogaster Günther, 1859

Nama Fangtooth dapat dipahami karena ukuran giginya yang tidak proporsional. Gigi taring ikan ini sebenarnya cukup kecil dan tidak berbahaya bagi manusia karena ukuran ikan ini mencapai panjang maksimum hanya 16 cm (6,3 inci)

Ikan ini mempunyai bentuk kepala kecil dengan rahang besar dan tampak kuyu, penuh dengan lendir mukus. Mata relatif kecil, tinggi di atas kepala; seluruh kepala berwarna coklat gelap sampai hitam. Sirip kecil, sederhana, dan tak bertulang; sisiknya tertanam di kulit dan berbentuk lempengan tipis.

Ikan Fangtooth merupakan ikan dengan gigi terbesar di lautan, dilihat dari proporsi ukuran tubuh dan giginya. Karena poporsi giginya yang begitu besar, mereka tidak pernah dapat menutup mulutnya.

Ikan Fangtooth adalah salah satu ikan yang hidup paling dalam, ditemukan di kedalaman 5.000 m (16.000 kaki). Mereka lebih umum ditemukan antara 200 dan 2.000 m (660 dan 6.560 kaki)

Mereka mungkin mengalami migrasi "kedalaman seperti yang umum terjadi pada kebanyakn ikan laut dalam. Pada siang hari ikan ini tetap berada di kedalaman dan menjelang malam mereka naik ke lapisan atas untuk mencari makan dengan cahaya bintang, dan kembali lagi ke kedalaman ketika fajar.

Fangtooth dikenal kuat jika dibandingkan dengan banyak ikan laut dalam lainnya. Ikan ini tetap dapat hidup selama berbulan-bulan di akuarium dengan kondisi yang berbeda secara signifikan dari habitat laut dalam mereka.

ikan Fangtooth

Ikan gigi taring beryciform adalah ikan dari keluarga Anoplogastridae (kadang-kadang dieja “Anoplogasteridae”) yang mana juga hidup di laut dalam .

Nama ini berasal dari bahasa Yunani anoplo berarti “tak bersenjata” dan gaster yang berarti “perut”. Dengan distribusi Tersebar di perairan tropis dan dingin-sedang.

Ikan predator laut dalam ini memiliki dua spesies yang sangat mirip dalam satu genus.

Ikan yang menyeramkan ini terlihat besar, akan tetapi sebenarnya ikan penghuni laut dalam ini ukuranya kecil, ya’ni hanya berukuran 40 cm.