Apa yang kamu ketahui tentang dimensi warna?

Warna didefinisikan sebagai bagian dari pengalaman indera penglihatan. Warna terdiri dari beberapa dimensi, apa yang kamu ketahui tentang dimensi warna tersebut?

Dimensi dalam warna dibedakan menjadi 3 jenis, antara lain:

Dimensi Hue
Dimensi Hue atau yang disebut sebagai Rona warna atau corak warna merupakan karakteristik atau ciri khas yang digunakan untuk membedakan antara warna satu dengan lainnya. Misalnya, warna merah, kuning, hijau, biru, dan lain lain.

Dimensi Chroma
Dimensi ketiga adalah intensitas, yaitu suatu hal yang menyatakan kekuatan atau kelemahan warna, daya pancar warna dan kemurnian warna. Dengan kata lain, intensitas adalah kualitas warna yang menyebabkan warna itu berbicara, berteriak, atau berbisik dalam nada yang lembut. (Darmaprawira, 2002: 61).

Dimensi Value
Dimensi value didefinisikan sebagai tingkatan atau urutan kecerahan suatu warna. Nilai tersebut akan membedakan kualitas tingkat kecerahan warna, misalnya ia akan membedakan warna merah murni dengan warna merah tua (gelap) atau dengan warna merah muda (terang). Tingkatan nilai yang biasa digunakan adalah sembilan tingkat mulai dari tingkatan tercerah, yaitu putih, melalui deretan abu-abu, sampai pada tingkatan tergelap, yaitu hitam (Darmaprawira, 2002 : 58).