Apa yang kamu ketahui tentang Danau Weekuri ?

danau

(annisa icha) #1

Danau We’ekuri

Apa yang kamu tau tentang Danau We’ekuri ?


( Carellia An-nisa Monik ) #2

Danau We’kuri adalah Sebuah danau yang terdapat di provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya berada di daerah Sumba Barat. Sebagai salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur mungkin lokasi yang satu ini belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Mereka yang mengetahui kawasan ini kebanyakan adalah penduduk sekitar yang memang sudah sangat tau tentang daerahnya. Kawasan Danau yang satu kalau harus di deskripsikan dalam satu maka kata Cantik adalah sebuah kata yang pas untuk menggambarkan keindahan dari Danau ini.

Masyarakat Indonesia dan para wisatwan mancanegara, mungkin hanya tau beberapa danau yang terkenal, seperti danau toba, danau kelimutu, danau sentani, danau tiga warna, dan beberapa danau lain yang sudah terkenal keindahannya.

Namun sebaiknya kalian jangan meremehkan danau yang satu ini. Danau We’ekuri ini memiliki air yang sangat jernih yang berwarna biru bening, jika kalian datang berkunjung maka kalian akan bisa melihat dasar danau tersebut yang memang sangat bersih. Kawasan ini sendiri tidak begitu ramai dan bahkan cinderung sepi. Jika kalian ingin berkunjung kesini maka dibutuhkan usaha khusus untuk dapat menikmati keindahan danau ini.


(Priyo Danu Pasopati) #3

Danau Weekuri yang terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Kedalaman Danau Weekuri berkisar antara 30 cm hingga 2,5 meter, tapi saat air sedang pasang kedalaman danau bisa mencapai 5 meter.

Nama Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba yang berarti air percikan. Itu karena danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk laguna tersendiri. Sebelum ke sini, kamu harus simak dulu fakta tentang Danau Weekuri!

1. PUNYA KADAR GARAM YANG TINGGI

Danau Weekuri

Danau Weekuri merupakan danau air asin, berasal dari air laut yang menembus batu karang yang mengelilingi danau. Karena kadar garamnya tinggi, kamu bisa mengapung tanpa harus menggunakan pelampung. Uniknya lagi, kamu bisa mengapung dalam waktu yang cukup lama.

2. BATUAN CANTIK DI PINGGIR DANAU

Danau Weekuri

Danau Weekuri dikelilingi oleh batuan cantik yang sering disambangi pengunjung sebagai tempat berteduh. Mulai dari batuan gua yang membentuk stalaktit hingga stalagmit. Selain itu ada juga batuan karang yang ditumbuhi oleh tumbuhan seperti kaktus. Kalau kamu perhatikan, di tengah-tengah karang juga menjadi tempat kawanan tawon untuk singgah dan berkembang biak.

3. WARNA GRADASI DI AIR DANAU

Beberapa titik air di Danau Weekuri memiliki gradasi warna yang cantik. Ada yang berwarna biru, kehijauan, hingga putih dari pantulan dasar danau. Saat berenang di sini, kamu juga bisa merasakan suhu air yang berbeda-beda. Ada yang hangat ada juga yang dingin. Unik, ya?

4. AKSES YANG CUKUP TERBATAS

Danau Weekuri

Kamu perlu tahu, nih, kalau akses menuju Danau Weekuri masih terbilang cukup sulit. Ada beberapa titik jalan yang masih belum berlapis aspal. Kamu harus berhati-hati karena jalan bisa menjadi licin. Petunjuk jalan menuju Danau Weekuri juga masih minim. Makanya, jangan segan-segan untuk bertanya pada penduduk sekitar mengenai arah menuju danau, ya!

5. WAKTU UNTUK BERKUNJUNG

Kalau kamu mau berkunjung ke Danau Weekuri, waktu yang dianjurkan adalah mulai jam 4 sore. Di waktu ini, kamu bisa melihat air danau yang sangat biru dari pantulan sinar matahari yang telah bergerak ke barat. Kamu juga bisa sekalian melihat pemandangan sunset di jam ini.

Sumber :