Apa yang kamu ketahui tentang amal ibadah?

Ibadat atau Ibadah adalah sebuah kata yang diambil dari bahasa Arab 'Ibadah . Dalam terminologi bahasa Indonesia sebagaimana yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata ini memiliki arti: Perbuatan atau penyataan bakti terhadap Allah atau Tuhan yang didasari oleh peraturan agama.

apa pengertian dari amal ibadah?

Kata amal artinya pekerjaan. Dalam bahasa Arab kata amal dipakai untuk semua bentuk pekerjaan. Tidak seperti anggapan sebagian masyarakat Muslim, yang mengembalikan kata amal dengan kata ibadah dan memahaminya sebatas kegiatan ritual seperti pergi ke masjid, membaca Alquran, shalat, puasa, haji, zakat, sedekah, dan sebagainya.

Dalam Alquran, kata amal terbagi kepada ‘amalus-shalih (pekerjaan baik) dan ‘amalun ghairus-shalih (pekerjaan yang tidak baik). ‘Amalun ghairus-shalih disebut pula dengan ‘amalus-sayyi-ah (amal salah), termasuk pula ke dalam kategori ini ‘amalus-syaithan (pekerjaan setan) dan ‘amalus-mufsidin (pekerjaan pelaku kebinasaan).

Umat Islam diperintah melakukan ‘amalus-shalih dan wajib menjauhi ‘amalus-sayyi-ah.

Firman Allah SWT,

”Siapa yang mengerjakan kebaikan dia mendapat pahala dari perbuatannya itu dan siapa yang mengerjakan kejahatan maka orang yang melakukan kejahatan itu tidak dibalas kecuali menurut apa yang dikerjakannya.” (Al-Qasas: 84).

Adapun kata ibadah artinya penyembahan atau pengabdian. Firman Allah SWT,

”Wahai sekalian manusia! Mengabdilah kamu kepada Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan menciptakan orang-orang sebelummu, mudah-mudahan kamu bertakwa.” (Al-Baqarah: 21).

Ayat ini sekaligus menjelaskan bahwa yang namanya pengabdian dilakukan makhluk kepada khaliknya. Sesuai dengan bacaan shalat dalam surat Al-Fatihah ayat 5,

”Kepada-Mu saja (ya Allah) kami mengabdi dan kepada-Mu saja kami minta pertolongan.” Pemahaman seperti ini menolak adanya istilah pengabdian kepada selain Allah SWT.

Ibadah secara bahasa (etimologi) berarti merendahkan diri serta tunduk. Sedangkan menurut syara’ (terminologi), ibadah mempunyai banyak definisi, tetapi makna dan maksudnya satu. Definisi itu antara lain adalah:

  1. Ibadah adalah taat kepada Allah dengan melaksanakan perintah-Nya melalui lisan para Rasul-Nya.

  2. Ibadah adalah merendahkan diri kepada Allah Azza wa Jalla, yaitu tingkatan tunduk yang paling tinggi disertai dengan rasa mahabbah (kecintaan) yang paling tinggi.

  3. Ibadah adalah sebutan yang mencakup seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah Azza wa Jalla, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin. Yang ketiga ini adalah definisi yang paling lengkap.

Sumber: https://almanhaj.or.id/2267-pengertian-ibadah-dalam-islam.html