Apa yang kamu ketahui mengenai End User License Agreement (EULA) dan Term of Service (ToS)?

End User License Agreement (EULA) dan Term of Service (ToS)

End User License Agreement adalah perjanjian hukum antara pembuat atau penjual program komputer dengan pembeli/pemakai program komputer tersebut.

ToS merupakan perjanjian tertulis yang harus disetujui oleh pengguna program komputer atau pemain permainan online sebelum mereka dapat memainkan permainan tersebut.

Apa yang kamu ketahui mengenai End User License Agreement (EULA) dan Term of Service (ToS) ?

End User License Agreement (EULA) dan Term of Service (ToS)


End User License Agreement atau yang biasa disingkat dengan EULA adalah perjanjian hukum antara pembuat atau penjual program komputer dengan pembeli/pemakai program komputer tersebut. Walaupun pada dasarnya berbedabeda antara EULA suatu program komputer, namun ada persamaan mendasar, terutama pada pengaturan mengenai definisi, lisensi, batasan penggunaan, hak cipta, dan garansi.

EULA pada dasarnya hanya melisensikan suatu program komputer kepada pembeli. Pembeli tidak memiliki program tersebut, hanya melisensi saja. EULA pada awalnya bersifat sangat sederhana, hanya mengatur mengenai garansi dan peringatan untuk tidak membuat salinan atau mendistribusikan kembali program komputer tersebut. Namun, pada saat ini, apa yang diatur di dalam EULA jauh lebih luas. EULA pada saat ini dapat berisikan peraturan yang menguntungkan atau melindungi kepentingan dari si pembuat program komputer tersebut. Misalnya, pihak pengembang program komputer diperbolehkan untuk mengakses data pribadi dari pengguna program komputer tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu, atau bahkan melarang pengguna untuk mengeluh kepada publik apabila merasa tidak puas terhadap program komputer yang digunakannya.

Sedangkan term of Services atau yang biasa disingkat ToS adalah suatu suatu peraturan yang mengatur mengenai syarat-syarat seseorang dalam menggunakan suatu layanan. Jika, EULA mengatur mengenai kewenangan yang dimiliki oleh pembuat program komputer terhadap penggunanya, maka ToS mengatur mengenai syarat-syarat penggunaan suatu layanan yang disediakan oleh penyelenggara layanan. Jika dikaitkan dengan permainan online, maka EULA mengatur mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pemain permainan online terkait dengan lisensi terhadap program permainan online tersebut. Sedangkan ToS mengacu kepada aturan dalam menggunakan layanan permainan online tersebut.

Di dalam sebuah permainan online terdapat EULA dan ToS. Baik EULA atau ToS merupakan perjanjian tertulis yang harus disetujui oleh pengguna program komputer atau pemain permainan online sebelum mereka dapat memainkan permainan tersebut. EULA atau ToS ini pada umumnya dibuat dan ditentukan secara sepihak oleh pembuat atau penyedia layanan permainan online, klausula yang dibuat pada umumnya juga bersifat melindungi kepentingan dari pembuat atau penyedia layanan permainan online tersebut. Klausula di dalam EULA atau ToS pada umumnya tidak dapat di negosiasikan dan pemain hanya dapat memilih untuk menyetujui atau tidak klausula di dalam EULA atau ToS tersebut. Pemain permainan online harus menyetujui dan mematuhi ketentuan yang ada di dalam EULA atau ToS jika ingin memasang dan memainkan permainan online tersebut pada perangkat permainannya. Jika pemain tidak menyetujui, maka pemain tidak dapat memasang dan memainkan permainan online tersebut pada perangkat permainannya.

EULA pada umumnya berupa clickwrap agreement , yaitu suatu bentuk perjanjian yang mengharuskan pengguna program komputer melakukan klik pada tombol atau ikon yang menyatakan persetujuan atas perjanjian tersebut. Clickwrap agreement ini umumnya dapat ditemukan pada saat pemasangan suatu program komputer. Tanpa melakukan klik pada tombol atau ikon yang menyatakan persetujuan, maka pengguna program komputer tersebut tidak dapat melanjutkan pemasangan program komputer tersebut. Dengan melakukan klik pada tombol atau ikon yang menyatakan persetujuan, maka pengguna program komputer tersebut dianggap telah membaca dan menyetujui apa yang tercantum di dalam EULA. Persetujuan pengguna progran komputer ini sifatnya mengikat, karena EULA pada dasarnya sama dengan perjanjian tertulis dalam bentuk digital, dimana persetujuan yang dilakukan oleh pengguna komputer dengan melakukan klik pada tombol atau ikon yang menyatakan persetujuan berfungsi sebagaimana layaknya tandatangan digital.

Keberadaan EULA sendiri kerap menimbulkan kontroversi. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa EULA atau ToS pada umumnya dibuat secara sepihak dibuat dan ditentukan secara sepihak oleh pembuat atau penyedia layanan permainan online. Dengan demikian, pembuat atau penyedia layanan permainan online dapat dengan bebas menentukan apa saja yang diperjanjikan dalam perjanjian lisensi tersebut. Pada umumnya yang diperjanjikan adalah halhal yang melindungi kepentingan pembuat atau penyedia layanan permainan online atas permainan online tersebut. Namun, tidak jarang berisikan perjanjian yang merugikan pemain permainan online tersebut. Misalnya, perjanjian yang mengizinkan penyedia layanan permainan online untuk mengumpulkan informasi dan data pribadi para pemainnya atau memasang spyware (program mata-mata) tanpa perlu adanya persetujuan dari penggunanya.

Sebagai contoh adalah masalah yang menyangkut perjanjian EULA pada program komputer bernama Origin yang diciptakan oleh EA. Origin merupakan sebuah program komputer yuang memungkinkan seseorang membeli dan mengunduh suatu judul video game, yang dikembangkan oleh EA, kedalam perangkat komputernya. Program ini juga memungkinkan pemain untuk, terhubung dengan sesama pemain, melihat apa yang sedang dimainkan oleh pemain lain, menciptakan komunitas dan memfasilitasi modus permainan online antar pemain, pada permainan yang dikembangkan oleh EA. Misalnya pada permainan Battlefield 3 . Battlefield 3 adalah permainan populer 155 untuk perangkat PC, XBOX360, dan Play Station 3 , yang memiliki fitur multyplayer online. Fitur multyplayer online ini sangat digemari, sehingga tercatat jutaan orang dari seluruh dunia memainkan permainan Battlefield 3 dengan modus online. Guna memainkan permainan ini dengan modus Online, Pemain harus memasang Origin.

Permasalahan timbul ketika di dalam EULA dari program origin terdapat klausula yang membolehkan EA untuk mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, dan mentransmisikan data-data pribadi pemain. EA berhak menggunakan data tersebut untuk kepentingan pemasaran dan meningkatkan pelayanan atas peoduk dan jasa yang ditawarkan. EA juga berhak membagi data tersebut kepada penyedia jasa pihak ketiga yang memiliki hubungan dengan EA. Lebih lanjut, EULA dari program Origin ini juga membolehkan EA untuk memonitor komunikasi yang terjadi antar pemain dan juga membuka semua informasi pengguna yang dirasakan perlu dalam kaitannya untuk menjaga perjanjian lisensi, terpatuhinya aturan hukum, menjaga hak dan kepentingan dari EA. Dengan adanya klausula tersebut banyak pemain yang merasa keberatan karena merasa privasinya telah dilanggar oleh EA. Para pemain merasa bahwa EA bisa melakukan apapun untuk mendapatkan data pribadi mereka, termasuk dengan menggunakan atau memasang spyware pada perangkat komputer mereka dan bebas melakukan apapun terhadap data pribadi mereka, termasuk menjualnya kepada pihak ketiga. Hal inilah yang lantas memicu kemarahan dan protes keras dari para pemain. EA sendiri menyatakan di dalam EULA tersebut, apabila pemain tidak ingin EA untuk mengumpulkan, menyimpan, menggunakan, dan mentransmisikan data-data pribadi pemain, maka pemain disarankan untuk tidak memasang program Origin ini. Namun, hal ini tentunya akan menjadi dilema bagi para pemain, dimana pemain tentunya tidak akan dapat memainkan modus permainan online dari permainan yang dimainkannya.

Beberapa permainan dari EA mengandalkan fitur Online Multyplayer , seperti halnya Battlefield 3 . Tanpa melakukan pemasangan program Origin, tentunya mustahil bagi para pemain untuk dapat menikmati fitur tersebut. Selaku permainan yang populer, tentunya banyak yang memainkan Battlefield 3 dan merasa keberatan dengan klausula di dalam EULA program Origin. Hal ini kemudian mengundang protes keras dari para pemain dari seluruh dunia, namun yang paling keras menentang mengenai kebijakan EA ini datang dari para pemain di Jerman. Atas protes keras yang dilancarkan oleh para pemain dari seluruh dunia, EA akhirnya merevisi klausula EULA atas program Origin mereka, dengan menyatakan bahwa EA tidak akan menjual data pribadi para pemainnya kepada pihak ketiga dan juga tidak akan pernah menggunakan atau memasang spyware pada perangkat komputer para pemainnya. EA juga tidak akan membagikan data pribadi para pemainnya dengan pihak lain tanpa seizin dari pemain yang bersangkutan, kecuali pada keadaan mendesak sebagaimana yang diatur menurut hukum yang berlaku atau untuk menjaga hak-hak atas hukum dari EA.160 EA juga menghilangkan klausula yang membolehkan EA untuk memonitor komunikasi yang terjadi antar pemain dan juga membuka semua informasi pengguna yang dirasakan perlu. Selain itu EA juga menghilangkan klausula yang mengatakan jika pemain tidak setuju dengan klausula di dalam EULA, pemain disarankan untuk tidak memasang program Origin.

Permasalahan lain yang terkait dengan EULA adalah penempatan EULA yang berada di dalam program komputer atau di dalam suatu permainan itu sendiri. EULA biasanya baru dapat dibaca oleh pemain, ketika pemain hendak memasang program komputer atau permainan tersebut pada perangkat komputernya. Dengan ditempatkannya EULA didalam suatu program komputer atau permainan, berarti seorang pemain harus terlebih dahulu memiliki program komputer atau permainan yang hendak dipasang pada perangkat komputernya, dengan membeli atau mengunduhnya. Artinya, seseorang telah mengeluarkan biaya terlebih dahulu untuk memiliki program komputer atau permainan tersebut, terlepas apakah akan menyetujui atau tidak klausula di dalam EULA. Namun, saat ini banyak pengembang program komputer atau permainan yang mencantumkan EULA di websitenya untuk dapat dibaca terlebih dahulu, sebelum seseorang memutuskan untuk membeli suatu program komputer atau permainan.