Apa yang kalian ketahui tentang Tari Onikenbai dari Jepang?


Jepang adalah negara yang kaya akan sejarah yang menarik, khususnya untuk dunia musik dan tari. Negara ini telah berhasil menyelamatkan dan menghidupkan kembali tarian tradisional dan acara musik yang mungkin bisa punah tahun demi tahun seiring dengan perubahan budaya dan masyarakatnya. Hal itu benar, mengingat banyak negara di dunia tidak merayakan sejarah budaya tradisional mereka sama seperti yang Jepang lakukan hingga sekarang. Ada banyak jenis tarian yang dijunjung oleh tradisi Jepang sejak dulu kala. Musik dan gaya penampilan dari tari-tarian ini sangat berbeda dari tari-tarian barat.

Ciri khas tarian Onikenbai yang merupakan tarian tradisional Jepang ini, penarinya memakai topeng Oni (raksasa Jepang). Identik dengan gerakan menghentak tanah. Melambangkan Oni nan membantu manusia buat mengusir roh dursila dari dalam tanah. Tujuannya, agar panen para petani bisa berhasil.
Tarian Onikenbai biasanya dilanjutkan dengan tarian Nanazumai, nan berarti tarian tujuh kepala. Melambangkan siklus atau fase pertanian nan merupakan mata pencaharian primer penduduk Jepang pada zaman dulu. Tarian Nanazumai ditarikan dengan membawa tujuh alat berbeda. Masing-masing alat ini menceritakan tiap fase dalam pertanian. Filosofi menjadi bagian nan tak lepas dari keberlangsungan tarian tradisional Jepang ini.