Apa yang kalian ketahui tentang catatan harian ?

Apa yang kalian ketahui mengenai catatan harian ?

Catatan harian adalah tulisan yang dibuat oleh seseorang untuk menceritakan kesehariannya, baik tentang pemikiran, perasaan, atau keadaan di sekitarnya.

Menurut Kosasih (2005:399) buku harian adalah buku yang berisikan catatan yang bersifat pribadi, berupa kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan ataupun pengalaman-pengalaman berkesan yang dialami setiap hari dalam bentuk curahan hati dan pikiran.

Menulis catatan harian dapat dijadikan sebagai sarana menyampaikan ide yang dimiliki, berlatih membuat kalimat yang padu, membangun kebiasaan menulis, meningkatkan kreativitas, membantu perasaan menjadi lebih baik, mengenali diri sendiri, dan sebagai catatan kehidupan yang bisa diambil setiap pembelajarannya.

Dalam menulis catatan harian bisa menggunakan aplikasi yang ada di perangkat elektronik, menulis di buku, maupun menggunakan media blog. Cara menuangkannya pun bebas tergantung si penulis. Biasanya dicantumkan pula jam dan tanggal pada tulisan itu supaya penulis mengetahui kapan peristiwa itu terjadi saat membacanya lagi di lain waktu.

Referensi

Sholikhah, Rumi Zakhiatus. 2009. “Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Langsung dan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 30 Semarang”. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Catatan harian adalah catatan yang ditulis oleh seseorang untuk mengungkapkan pengalaman, pemikiran, ataupun perasaan yang dialami dalam kehidupan sehari - hari. biasanya kita mengenal catatan harian sebagai diary atau buku harian. bisa juga kita sebut itu sebagai memo harian.

Sebuah quotes dari Day Milovich yang berjudul ’ Menulis Catatan Harian dari Sekarang ’ yang diposting di Jateng Today, memberikan insight mengenai mengapa seseorang harus menulis catatan harian beserta manfaat yang menyertainya. dia mengatakan jika ’ banyak orang yang mati di usia 25 tahun, tetapi baru dikuburkan di usia 75 tahun ’ yang merupakan sebuah ungkapan tentang bagaimana orang yang selama hidupnya memiliki cerita tetapi tidak pernah menuangkannya sehingga ada kemungkinan orang lain menceritakan kisahnya dari versi yang berbeda - beda. Menurutnya pada awalnya orang - orang terkenal seperti Adolf Hitler ataupun Tan Malaka mungkin menulis catatan harian hanya berpusat pada kehidupan pribadi mereka tetapi lama kelamaan mereka juga akan menulis apa yang ada di sekitar mereka. artinya menulis catatan harian adalah sarana untuk menyalurkan kreativitas dan ide dalam tulisan - tulisan.

Menulis catatan harian juga dapat memberikan kita arahan untuk lebih dalam sesuatu dalam prinsip log, inward, dan campaign. ini semacam menulis resolusi untuk apa yang hendak ingin kita lakukan dan apa hendak kita capai dari itu. catatan harian bisa ditulis dalam buku atau media elektronik lainnya seperti blog. kesimpulannya , banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan dari menulis catatan harian.

Referensi : https://jatengtoday.com/menulis-catatan-harian-26953