Apa yang kalian ketahui mengenai wisata Kampung Kapitan?

Kampung Kapitan

Perkembangan kota Palembang tak bisa dipisahkan dari kehadiran warga Tiongkok. Mereka mulai datang ke Bumi Sriwajaya di tengah era penjajahan bangsa asing dan mendirikan perkampungan tersendiri. Kampung tersebut dikenal dengan nama Kampung Kapitan dan kini berkembang menjadi lokasi wisata. Apa yang kalian ketahui mengenai wisata Kampung Kapitan ini ?

Kampung Kapitan terletak cukup dekat dari pusat kota Palembang. Untuk menuju ke sana hanya dibutuhkan kira-kira 10 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Bahkan dari jembatan Ampera kita sudah bisa melihat sedikit bagian dari Kampung Kapitan.

Begitu memasuki area Kampung Kapitan, pengunjung akan disambut dengan tiga bangunan tua dengan arsitektur unik. Bentuknya secara umum mirip dengan rumah limas khas Palembang, namun memiliki pilar-pilar yang menjadi ciri khas bangunan model Eropa. Rumah berbahan kayu onglen kualitas tinggi ini salah satunya dihiasi dengan kuil dan patung pagoda, karena juga difungsikan sebagai tempat persembahyangan.

Sayangnya, meski merupakan tempat bersejarah dengan warisan budaya bernilai tinggi, Kampung Kapitan terkesan terabaikan. Banyak pengunjung sering kesulitan menemukan tempat ini karena minimnya papan petunjuk. Untungnya ada banyak warga sekitar dan pedagang di Pasar 7 Ulu yang siap membantu jika ada turis tersesat.