Apa yang kalian ketahui mengenai Sukralfat?

image
Menurut kalian sukralfat itu obat apa? Diskusikan dibawah ini

Sucralfate atau sukralfat adalah obat untuk mengobati tukak pada usus halus. Sucralfate akan membentuk lapisan pelindung pada tukak untuk melindunginya dari infeksi lanjutan. Lapisan pelindung ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan tukak.

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

  • Alergi
    Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

  • Anak-anak
    Belum ada informasi spesifik mengenai perbandingan efek penggunaan sucralfate pada bayi atau anak-anak dengan pada orang dewasa. Namun, obat ini seharusnya tidak menghasilkan efek samping berbeda bagi anak-anak seperti halnya pada orang dewasa.

  • Lansia
    Banyak obat-obatan yang belum dikaji secara spesifik untuk golongan lansia. Oleh karena itu, belum diketahui apakah obat tersebut akan bekerja seperti halnya pada orang dewasa. Meskipun belum ada informasi spesifik mengenai perbandingan efek penggunaan sucralfate pada orang tua dibanding kategori usia lainnya, obat ini seharusnya tidak menyebabkan efek samping berbeda pada orang tua seperti halnya pada orang dewasa.

Cara Penggunaan Sucralfate yang benar yaitu:

  1. Kocok botol obat sebelum menggunakan. Minum sucralfate lewat mulut, biasanya 2 sdm 4 kali sehari dalam keadaan perut kosong atau 1 jam sebelum makan, atau sesuai dengan anjuran dokter.
    Dosis selalu diberikan berdasarkan kondisi kesehatan dan bagaimana Anda merespon terapi.

  2. Minum sukralfat secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum berkonsultasi dengan dokter.

  3. Penting untuk tetap melanjutkan penggunaan obat meskipun Anda sudah tidak merasakan sakitnya tukak tersebut. Jangan berhenti menggunakan obat tanpa berkonsultasi dengan dokter.
    Mungkin perlu 4 sampai 8 minggu pengobatan untuk menyembuhkan tukak secara total.

Beberapa obat mungkin tidak bekerja dengan baik saat dikonsumsi bersamaan dengan sucralfate dan perlu konsumsi di lain waktu yang berbeda dengan waktu konsumsi Sucralfate. Diskusikan dengan dokter dan apoteker untuk membantu Anda membuat jadwal penggunaan obat yang tepat.

Antasid dapat digunakan bersamaan dengan obat ini, tetapi harus dikonsumsi paling tidak 30 menit sebelum mengonsumsi Sucralfate.

Efek samping sucralfate yang mungkin terjadi di antaranya adalah:

  • mual, muntah, dan tidak enak perut
  • sakit perut
  • konstipasi, diare
  • gatal-gatal, ruam pada kulit
  • susah tidur (insomnia)
  • pening, mengantuk, sensasi berputar
  • sakit kepala
  • sakit tulang belakang

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.