Apa yang kalian ketahui manfaat dari tanaman lidah buaya?

Tanaman lidah buaya adalah tanaman yang memiliki segudang manfaat. Tanaman yang memiliki nama latin (Aloe vera) termasuk dalam golongan Liliaceae yang saat ini terus berkembang untuk dimanfaatkan sehinga terus dibudidayakan.

Karena berbagai manfaat yang terkandung dalam lidah buaya membuat tanaman ini dijuluki sebagai master healing plant atau sering disebut juga dengan tanaman penyembuh utama

MANFAAT LIDAH BUAYA

Aloe vera atau yang lebih dikenal sebagai lidah buaya merupakan tanaman asli dari Afrika Selatan, Madagascar dan Arabia. Tanaman ini termasuk ke dalam golongan Liliaceae. Ciri fisik dari tanaman ini adalah daunnya berdaging tebal, panjang, mengecil kebagian ujungnya, berwarna hijau serta berlendir. Pada bagian massa encer mentah mengandung sekitar 98,5% air dengan kandungan 1,5% mengandung susunan senyawa vitamin, mineral, enzim, polisakarida, senyawa polipakarida, dan asam organik yang larut dalam air dan larut dalam lemak.

Tanaman lidah buaya sudah banyak dikembangkan dan dibudidayakan di Indonesia, tetapi yang dikenal sebagai sentra lidah buaya adalah Kalimantan Barat. Tanaman ini telah lama dikenal karena kegunaannya sebagai tanaman obat untuk aneka penyakit. Lidah buaya biasa digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuhan luka, dan perawatan kulit (Ananda dan Zuhrotun, 2014). Selain itu lidah buaya juga bermanfaat sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetik, serta sebagai bahan baku makanan dan minuman kesehatan, obat-obatan yang tidak mengandung bahan pengawet kimia.

Menurut Melliawati (2018) manfaat lidah buaya antara lain adalah sebagai alkalisasi tubuh, sistem imun tubuh, mengeluarkan racun tubuh (detoksifikasi), mengurangi berat badan, kesehatan kardiovaskuler, sumber asam amino, melawan peradangan, membantu sistem pencernaan, sumber vitamin dan mineral, membantu penderita diabetes, kesehatan rambut dan kulit. Mengobati wasir, menyembuhkan luka, mengobati bisul, mengobati ketobe, menjadi sunblock, mencegah penuaan dini, mengurangi bekas stretch mark, melebatkan alis mata, menjadi pembersih riasan (makeup), menghilangkan jerawat, menghilangkan flek hitam, menjaga kesehatan bulu mata, menjaga kelembaban wajah

Referensi

Ananda dan Zuhrotun. (2014). REVIEW: AKTIVITAS TANAMAN LIDAH BUAYA (Aloe vera Linn) SEBAGAI PENYEMBUH LUKA. Jurnal Farmaka. 15(2) halaman 82-89.

Melliawati. (2018). POTENSI TANAMAN LIDAH BUAYA (ALOE PUBESCENS) DAN KEUNIKAN KAPANG ENDOFIT YANG BERASAL DARI JARINGANNYA. Jurnal Biotrends. 9(1) halaman 1-6.

Biasanya lidah buaya itu bisa digunakan untuk merawat kulit wajah atau buat jerawat. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan untuk menebalkan rambut. Bahkan, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit, misalnya dompo

Lidah buaya biasa dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut, sebagai masker wajah, bisa untuk menyembuhkan sakit herpes, diolah menjadi makanan ringan, dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari lidah buaya yang lainnya.

Tanaman lidah buaya dapat memberikan ternyata tah hanya untuk kecantikan saja tapi juga untuk menyembuhkan masalah-masalah atau penyakit. Tetapi bukan berati lidah buaya bisa menjadi obat pengganti dari dokter. Beberapa manfaat lidah buaya yaitu

  1. Membantu melancarkan pencernaan, karena terdapat kandungan antrakuinon dibagian luar lidah buaya yang berfungsi sebagai pencahar
  2. Menurukan kadar gula darah, dengan mengonsumsi jus lidah buata dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2
  3. Sebagai sumber vit.C, sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Menyembuhkan luka bakar, orang indonesia sering menggunakan lidah buaya untuk luka bakar karena memberikan efek dingin pada luka.
1 Like

Yang saya ketahui tentang manfaat tanaman lidah buaya yaitu untuk melembapkan kulit, mengobati jerawat, mencegah keriput, dan bisa juga sebagai pembersih make up alami. Oleh karena itu, sekarang banyak sekali produk-produk kecantikan yang terbuat dari lidah buaya, sebab lidah buaya sangat baik untuk kecantikan kulit kita.

Manfaat lidah buaya setau saya antara lain untuk menyuburkan rambut, sebagai masker wajah, memutihkan kulit badan, menyembuhkan luka, bisa diolah sebagai cemilan atau obat. Dan masih banyak lagi :blush:

Manfaat lidah buaya tampaknya juga sudah banyak dikenal terutama untuk merawat dan meyuburkan rambut. Saking populernya, tanaman lidah buaya ini termasuk salah satu dari 10 jenis tanaman yang paling banyak dimanfaatkan di seluruh dunia sebagai bahan baku industry kosmetika dan obat. Lidah buaya atau aloe vera (Aloe barbadensis milleer) telah dimanfaatkan khasiatnya sejak ribuan tahun lalu, terutama untuk menyembuhkan luka maupun untuk perawatan kulit dan rambut. Hal ini karena lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mengandung 20 dari 22 jenis asam amino, dan mengandung lebih dari 200 senyawa lain yang sangat berguna sebagai obat herbal. Tanaman dengan bentuk seperti daun berdaging ini juga mengandung beragam senyawa biologis aktif seperti polymannans, mannans asetat, antrakulinon, dan lektin.

aloe

Zat aloe emodin dalam lidah buaya merupakan senyawa organic dari kelompok antrokuinon yang berfungsi meningkatkan aktivitas sinyal insulin maupun laju sintesis glikogen yang sangat berguna untuk mengurangi dan mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Manfaat lidah buaya ini juga untuk mengendalikan dan mengontrol tekanan darah (hipertensi). Tanaman ini juga mengandung saponin yang berkhasiat sebagai anti mikroba yang sangat penting untuk melindungi tubuh, merangsang dan meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal serangan kanker sekaligus memberikan nutrisi penting dalam mengatasi penyakit kanker. Bahkan lidah buaya juga terbukti dimanfaatkan kalangan medis untuk mengatasi dan mengobati penyakit HIV/AIDS.

Selain itu, lidah buaya juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi, dan sangat penting dalam melancarkan proses regenerasi sel sehingga sangat baik untuk perawatan rambut. Aloe vera juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit dan wajah dengan kemampuannya dalam detoksifikasi kulit, membuat kulit lebih lembab, menghilangkan jerawat dan komedo, menghilangkan noda hitam dan bekas luka, mengatasi peradangan dan meremajakan kulit agar selalu terlihat mulus dan awet muda.

Referensi

Arianto, C. K. Y. 2018. 56 Makanan Ajaib dan Manfaatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan. Venom Publisher

wahh, banyak banget ya manfaat lidah buaya. Tanaman lidah buaya mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas pada tubuh. Lidah buaya juga mengandung banyak enzim yang baik untuk proses pencernaan. Selain itu, seperti yang sudah banyak diketahui, gel didalam lidah buaya juga bagus untuk merawat kulit. lidah buaya dapat melembabkan kulit sehingga kilit lebih terasa kenyal dan segar. Enzim yang terkandung didalam lidah buaya juga dapat meredakan penyakit gula darah, meredakan rasa sakit, menumbuhkan rambut serta mengurangi jerawat.